Rapotan

seperti biasa setiap ambil rapot nggak bisa tept waktu, selain beberes rumah dan masak buat yang ada di rumah.Alasan sebenarnya sih males nunggu lama ceramah dari tahun ketahun yang isinya tentang itu itu aja, bahwa sekolah anakku sekian yang lulus dan diterima promosi terselubung bagiku. Biasanya bapak penceramah membutuhkan waktu kurang lebih satu jam (karena sudah dua kali mengikuti). Nah waktu yang satu jam daripada teklak tekluk tenguk-tenguk, mendingan buat masak dan cuci mencuci atau bercengkerama dengan suami yang hanya bisa ngapeliseminggu sekali . Hahahahaha.
Lntip biasanya sudah gelisah, ayo tho mas..cepetan ambilin rapotku.
Jawaban yang klise ,"Sebentar lagi dik."
Sampai siang baru saya ambil. Biasanya sampai di sekolah pun tak pernah tanya ini itu, langsung ambil dan pulang .(tidak wajib ditiru)
Namun aku selalu menanyakan perkembangan anakku di sekolah melalui telepon atau email gurunya. Atau say halo via inbox di FB.Alhamdulilah semuanya berjalan oke. Jika ada hal yang mendesak bisa telepon atau sms.
Walau tak pernah konsultasi saat ambil raport, alhamdulillah aku tetap tahu  perkembangan anakku. Dari tugas harian sudah  lengkap belum?atau kebiasaan ibadah di sekolah?bahkan saat anakku mulai berkurang ibadah sunah puasa enin kamis atau sholat tahjudnya, maka aku akan callinga atau saya sms dan tulis di buku penghubung bahwa anakku masih kurang ibadah sunnahnya dan minta tolong dimotivasi. Alhamdulillah puya wali kelas yang selalu komunikatif dan baik serta selalu sabar dalam membimbing anak-anak.
Sejak dulu aku tak pernah menanyakan ranking berapa?rangking hanyalah sebuah angka. uan menentukan kepandaian seseorang. Jika ringin menjadi rangking dan ingin dipuji, bisa saja menyulap angka dengan jalan mencontek atau tak jujur.
Aku sangat menghargai proses belajar anakku . yang pentng mereka mau berusaha dan mempunyai keistimewaan masing-masing.Kebetulan dua anakku nurn bapaknya yang sukangotak-atik laptop dan komputer. Alhamdulillah nilai mereka di bidang ini lumayan. Yang kecil sering hasil kayanya majag di mading. Bikin contoh spanduk maupun juara ngeti tercepat antar kelas.
Yang si mas suka ngremix lagu dan film serta otak-atik foto.. aku biarkan saja yang penig suka dan aku hanya menyediakan fasilitas serta tak lupa selalu mendoakan keduanya supaya jadi anak yang sholeh dan bejo serta bahagia dunia akhirat.
Sang adik juga barusan ikutan futsal, alhamdulillah walau hanya dapat juara 3 tapi  dapat memotivasnya untuk selalu ikut latihan futsal lagi yang sempat terhenti.
Betap raut muka dan mata ceria saat mendapatkan hadiah buku, pennsil, dan rautan . Pulang skolah langsung ditunjukkan padaku sambil cerita bagaimana saat dia menyelamatkan gawang hingga tak pernah kegolaan, Sebab sebelumnya gawangnya kebobolan terus. Aku mencoba menjadi pendengar dan sahabat di sampingnya.
Le, smbok hanya bisa berdoa soga kalian semua sukses dan tak pernah meninggalkan ibadah
Liburan kemana pun Laptop teman setia mereka.


No comments:

Post a Comment