Kotak Infak

"Ma..., tolong bukain pagarnya aku nggak bisa.Tasku berat iki lho!" Taeriak Lantip sepulang sekolah.
Tas cuma digeletakkan di lantai, tangannya menggenggam sesuatu. Setelah buka baju seragam dan sepatu, Lantip cerita.
Mulai hari ini Lantip ditunjuk sebagai bendahara kelompokngajinya di sekolah. Ternyata yag ada dalam genggamannya adalah uang hasil infak hari ini.
"Ma, kita nggak punya kaleng ya buat tempat infak."
Aku hanya menggelengkan kepala, aku usulkan mari kita bikin bersama-sama samil menunggu bedug Maghrib.Kebetulan di rumah ada banyak dus roti bekas yang masih bersih. Tinggal bikin dari dus dan ditutup dengan kertas kado.Dan tinggal diberi lubang di tengahnya dengan cara dicutter.
Kemarin tepatnya Rabu 17 Juli 2013, mulailah berkreasi membuat kotak infak dan mengajari anakku cara pembukuan. Uang masuk dan keluar serta total hasil infak. tentang buku kas ini, Lantip sendiri yang mempunyai ide untuk membuatnya. Katanya, "Biar kayak bukunya Mama, ada tulisan uang masuk berapa dan digunakan untuk apa serta rinci totalannya."
Hmmm, teryata selama ini dia mengamati setiap aku membuat corat coret buku kas harianku belanja.Hihihihihi.

Ketika Lantip bercerita ditunjuk sebagai bendahara, ingatanku melayang saat masih sekolah dulu dari SD hingga SMA selalu jadi pengurus kelas, kalau nggak bendahara, sekretaris.Karena bagian sekretaris ini, membuatku tak pernah punya catatan lengkap di buku catatan, paling banter fotocopyan itu pun kalau tak terselip. :D. Ternyata sekarang menurun ke anakku, yang Mas Afif sering ditunjuk sebagai bagian umum di bagian OSIS. Si Adik, Lantip sekarang mulai belajar jadi bendahara.
Dan alhamdulillah dengan adanya kotak infak ini anakku menjadi belajar untuk selalu menginfakkkan uang sakunya, saat bulan puasa ini uang saku 5000 diinfakkan semua, katanya kan lebih baik banyak sedekah di bulan Ramadan ini. Dan perbanyaklah sedekah maka Allah akan melipatgandakannya. ternyata ilmu agama yang tertanam sejak usia dini sudah mulai nancep alhamdulillah.

Alhamdulillah, aku bersyukur pada Allah diberikan anak-anak yag sehat dan aktif.

No comments:

Post a Comment