Semanggi

Penjual pecel semanggi

Semanggi...semanggi...suara lengkingan memecah di pagi hari nan mendung dan gerimis, seplang aku ngojek anakku. Seketika aku hentikan motor dan mencari arah suara itu.
Hmmm, pecel semanggi, lama tak terdengar lewat di daerahku.kebetulan lewat, jadi kangen dan segera psan satu bungkus. Yup biasanya dipincuk tapi berhubung untuk dibawa pulang ya dibungkus sajalah. Lumayan buat sarapan pagi.

Pecel semanggi merupakan makanan khas Surabaya yang terdiri dari daun semanggi. setelah dicuci bersih, dibersihkan dari lumpurnya kemudian dikukus.Pecel semanggi biasanya disajikan dengan kecambah dan sambel  terbuat dari campuran ubi rambat, kacang, lombok, gula merah dan sedikit terasi dan petis.Dan  sebagi pelengkapnya diberi krupuk puli(krupuk gendar kalau di Jawa Tengah).Fungsi dari krupuk puli ini digunakan sebagai pengganti sendok. Kalau aku makannya dengan mencuil krupuk pulinya kemudian aku colekkan di pecel semanggi.

Saat makan pecel semangggi tanpa menggunakan nasi, karena menurutku sepicuk pecel semanggi sudah cukup mengenyangkan perut.


Pecel semanggi semakin sulit ditemui karena mereka berjualan berdasarkan banyak tidaknya daun semangggi di sawah. Namun sekarang sudah mulai banyak yang membudidayakan semanggi, jadi para pedagang tinggal membel dari pengepul saja.

Biasanya penjual semanggi memakai jarit dan kebaya namun yang aku temui pagi tadi sudah memakai baju muslim.Penjual Semangggi ini aku temui di daerah sekitar Sekardangan Sidoarjo dekat SDN Sekardangan.
Sepucuk pecel semanggi dihargai Rp 6000,00.
pecel semanggi


No comments:

Post a Comment