Ayam Maharaja


Ceritanya saya dapat oleh-oleh bumbu Instan dari saudara yang tinggal di Singapura. Judulnya Ayam Maharaja, setelah aku baca di petunjuk cara memasaknya ternyata cuma tinggal mengoleskan bumbu Instan Ayam maharaja ini ke ayam lalu dikukus menggunakan aluminium foil.

Belum terbayang rasanya, masakan asli dari Malaysia ini. terserah rasanya mau nanao-nano kayak permen, mau terasa bumbu rempah-rempahnya, pokok e dicoba :D

Aku baru pertama kali mendapat bumbu instan ini. Aku pikir di dalam bumbu instannya belum ada aluminium foilnya. Maka bumbu instan ini ngendon di kulkas cukup lama.

 Padahal di rumah tak ada aluminium foil. Hmmm aku lihat bungkus bekas susu milo anakku,  ahaaa...ini kan kertas aluminium foil bekas kemasan susu ini kan bisa digunakan. setelah isi aku tuang di toples. kertas aluminum foil aku cuci bersih dan aku keringkan.

Ayam yang ada di kulkas kira-kira 1 kilo aku keluarkan dan mulai buka bungkus resep instan ayam maharaja.
Ayam sudah dioles dengan bumbu


Begitu aku ternyata di dalm sudah ada aluminium foil lengkap denganplastik unuk pembungkusnya.
Eaaaa....sia-sia perjuangan untuk mencuci bekasbungkus susu tak ada guna. Hehehehe..begitulah kalau nasib simbok katrok, belum pernah mencoba apalagi melihatnya juga baru pertama kali.

Ayam yang seharusnya utuh, juga aku potong-potong. Pikirku biar praktis saja. Dan ternyata setelah masakan ini matang dan habis baru kepikiran untuk browsing atau tanya mbah google.OOoo how STUPID I AM. Tepuk jidat!
Sebenarnya cara memasak ayam ini, sebelum dibalur dengan bumbu harus digoreng dulu, agar kulit kering dan tak terlalu berlemak, serta warnanya kuning keemasan. Bisa juga ditambahan dengan kecap, bawang bombay, saus tiram dan amur merang. Baru dikukus (Ini setelah aku baca di blog, nemu dari searching).Namanya simbok katrok dan dapat barang instan yang tinggal lumur cemplung ya happy banget. Eh emang dasarnya aku pemalas ding.(Ngaku).Makanya Mbok jangan malas membaca tuh kan tahu sendiri akibatnya :D

Siap dikukus
Kukus selama 1,5 jm - 2 jam
Siap disantap

Setelah ayam aku lumuri dengan bumbu langsung aku masukkan ke dalam aluminium foil. Dan kukus kira-kira 1,5 jam - 2 jam. Baru diangkat dan jadi deh.
Setelah aku cicipi kok rasanya kayak bumbu kare, atau apalah agak tak cocok di ldah akhirnya habis dikukus ini aku goreng. Kalau aku biarkan hanya kukusan begini mana anak-anak mau mengambil.

Lain waktu kalau nemu bumbu Ayam Maharaja seperti di atas di supermarket. Aku akan coba lagi tapi memakai resep dari blog yang aku temui. Aku ingin membandingkan rasanya apakah lebih asyik di lidah atau biasa saja seperti yang pertama.
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Richoku
admin
13 April 2014 at 10:29 ×

Aluminium foil dari kemasan susunya terus jadi gak kepakai yah, hhehe. salah mengeksekusi tapi pada akhirnya jadi tahu kan, mbak, hehe. malah bikin penasaran lagi, hoho :D

Reply
avatar
Tatit
admin
13 April 2014 at 10:51 ×

Ahaaai...demikianlah adanya mas.kemasan susu berakhir di tong sampah .ho'o penasaran.lain kali pengin nyoba lagi

Reply
avatar