Ritual Sebelum Tidur Lantip


Lagi-lagi masih cerita seputar Lantip ya. Anakku yang bontot ini emang selalu ada aja permintaan atau pun tingkahnya. Mau cerita Mas Afif, belum ada, biasa ABG umur 17 th lagi rempong persiapan Ujian Nasional.

Kenapa aku tulis ritual?hihiihi macam dukun saja.:D. Sebenarnya ini semacam kebiasaan Lantip menjelang tidur saja walau sudah gedhe (elas 5 SD) asih saja maunya menjelang tidur ditemani dulu.Yo wislah kapan lagi aku akan menikamti kebersamaan ini sama kamu Le. kalau nant kost atau berkeluarga palin juga Simok kangen ritual menemani ini.

Kebiasaan menjelang bobo, setelah cuci kaki cuci tangan dan tentu saja pipis. Maka ritual Lantip untuk minta diisik-isik atau dielus-elus punggungnya sampai tidur harus aku lakukan.
Lama-lama kokyo si tangan pegel juga ya. Hmmm...gimana cara mengalihkan kebisaan ini?

Maka aku akan pura-pura tidur karena capek atau pasang muka marah. Saat aku pasang muka marah Lantip biasanya nyeletuk, "Ma nggak usah marah aja mukanya sudah jelek. Apalagi marah."dia senym sambil menambahkan,"Mama kalau  pas gitu tinggal nambahin tanduk di atas kepala aja.Kayak Hell Boy."

Kalau sudah beni gimana aku mau marah coba?

Ritual menjelang tidur satu lagi yang sering aku lakukan adalah berbagi ceria, atau membacakan buku.berhubung dia sudah bisa baca sendiri, aku jadi jarang membacakan buku akhir-akhir ini. Cuman cerita sedikit tenag masa kecil atau cerita-ceritatentang binatang. Seperti gadis cantik yang ingiberubah menjadi kupu-kupu, atau buaya dan kancil.

Di akhir cerita pasti aku tanyakan: tokohnya siapa saja. aku suruh Lantip cerita ulang, temanya apa?

Ternyata  kebiasaan aku bercerita dan bertanya lumayan membantu Lantip dalam  pelajaran Bahasa Indonesia.
Ternyata ritual yang sederhana aku lakukan setiap hari itu, selain mendekatkan aku dengan Lantip juga bermanfaat untuk  belajar Bahasa Indonesia secara tidak langsung. kebetulan kelas 5 di semester 2 ini membahas masah tokoh, karakter, dan tema.

Lantip dan adik sepupu di rumah yang ti








No comments:

Post a Comment