Puding Karang

Puding Karang
Puding merupakan hidangan penutup terbuat dari bahan yang direbus, dikukus maupun dipanggang. Biasanya bahan yang dipakai susu, tepung maizena, dan telur, penyajiannya setelah didinginkan dahulu.Rasanya sangat manis dibuat degan rasa coklat, karamel maupun vanila.

Puding agar-agar di Indonesia beraneka ragam macamnya. Puding agar-agar merupakan sajian puding yang mengunakan campuran agar-agar dengan santan maupun susu. Sajian puding ada yang menggunakan vla maupun tidak.

Kali ini aku mau tuliskan puding karang. Puding ini kesukaanku sejak kecil. Saat aku diajak ke pasar Ibuku,  ada pedagang tenong . Pedagang tenong ini menjajakan bermacam-macam jajan pasar seperti kue moho, pia, onde-onde, sosis solo, lumpia maupun jenang dan bihun. Komplit plit ditata dalam tenong ( wadah bundar terbuat dari anyaman). Pasti sebelum pulang belanja jujugan terakhir penjual kue ini. Buat camilan di rumah. Salah satu jajanan favoritku puding karang.

Karena kangen jajanan ini maka aku tanya tetanggaku yang ibunya sering bikin puding ini. Ibu tetanggaku ini setiap berkunjung ke rumah anaknya pasti membawakan puding ini dalam cup kecil2 gitu. Dan aku pasti kecipratan icip-icip oleh-olehnya hahaha...:)



Setelah tanya aku ingin mencobanya

Ini dia resep puding karang
Bahan:
1 bungkus agar-agar plain
250 gram gula merah
1000 ml santan (aku pakai 1 bngkus kara kecil ditambahkan air menjadi 1000 ml)
2 butir telur ayam dikocok.

Cara membuat:
1. Gula merah direbus dengan air 500 ml. Tunggu sampai mendidih dan gula hancur. Lalu saring.
2 Masukkan ke panci agar-agar,gula merah, santan (500 ml) + air gula merah.
3. Rebus sambil diaduk hingga mendidih. Matikan kompor
4. Kocok telur asal tercampur putih dan kuningnya. Masukkan 2 sendok sayur adonan.Diaduk cepat sampai tercampur rata.
5. Masukkan ke adonan puding, nyalakan kompor dan didihkan kembali sambil diaduk-aduk sampai berserabut.
6. Jika sudah mendidih, asukkan ke dalam cetakan . Tunggu beku dan dingin.keluarkan dari cetakan siap dihidangkan dingin-dingin.




Sumber: wikipedia

1 comment:

  1. coba ah.... kelihatannya seger...
    Mbak, makasih resepnya ya...

    ReplyDelete