Bersih-bersih kulkas

Bulan Puasa ini, memberiku banyak waktu luang di pagi hari. Karena acara masak memasak berganti di Sore. Biasanya pagi hagi hari saya isi dengan bersih-bersih atau lap-lap meja yang berdebu. Nah kali ini saya mau membersihkan kulkas, udah lama juga hampir 3 minggu nggak membersihkannya. (puiih....malasnya diriku).

Berhubung melihat bunga es semakin tebal saya pun membersihkan kulkas. Saya biasa membersihkn kulkas dengan lap basah dan kering serta sikat gigi. Sebelumnya keluarkan semua makan yang ada di kulkas. Lalu didefrozz, untuk menghilangkan bunga esnya. Sambil menunggu bunga es mencair, keluarkan rak dan laci.



Bersihkan rak dan laci dengan air sabun dan bilas hingga bersih. Jika ada yang lengket, sikatlah dengan sikat gigi. Lalu keringkan dengan lap kering.

Lap dan bersihkan bagian dalam serta sikat bagian yang nyelempit atau sukar terjangkau.

Pilah bahan makanan atau sayuran yang busuk dan segar. Agar tak mmbuat bau kulkasnya. Buang yang sudah busuk, masukkan sayuran yang masih segar.

Nah saat mendefrozz terkadang air tidak muat di dalam penampung bagian belakang, lebih baik jangan tunggu sampai bunga esnya mencair semua. Saat bnga es mulai cair, dan terlepas. Segeraamil buga esnya dan keluarkan. biasanya kalau sudah agak menacir begini, agak mudah diangkat sedikit dengan solet untuk membersihkan sisa bnga es yang menempel , maka bunga esnya akan jatuh sendiri. Dan segeralah buang bunga esnya.)

Biar nggak kedinginan gunakan sarung tangan. Tapi kalau tahan dingin, ya pakai tagan saja, paling nanti tangannya agak merah dan mati rasa :). Hahahaha...abaikan saran yang terakhir. :P

Setelah semua dilap dan dikeringkan dengan lap kering, masukkan dan tata ulang isi kulkas sesuai dengan kategorinya. Misalnya sayuran taruh paling bawah, susu dan air dingin di bagian kanan pintu.

Sebaiknya simpan bumbu seperti cabai atau bawang puti yangsudah dikupas ke dalam wadah yang kedap dara misalnya tupperware, agar tak terkontaminasi dengan bakteri.

Untuk menyerap bau yang tak sedap di dalam kulkas bisa anda taruh vanili,nanas,  kopi atau baking soda. Pilihlah salah satu untuk mengurangi aroma tak sedap di dalam kulkas.

Yang terakhir jangan lupa bersihkan bagian luar kulkas dengan lap setengah basah lalu keringkan dengan lap kering.

Happy bersih-bersih....
Yes akhirnya aku bisa mengalahkan rasa malasku untuk tugas bersih-bersih. Soalnya di keluargaku yang hobi bersih-bersih justru suamiku :)









Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
Nunu el Fasa
admin
3 July 2014 at 12:22 ×

Kulkasku sudah berapa minggu ya.. Hihi paling kudefroz doang mbak. Kalau nemen bau atau kotor baru dicuci. Soalnya aku masukin semua ke kulkas sudah cucian bersih dan kadang sayuran malah sudah kupotongin

Reply
avatar
Dewi Sutedja
admin
4 July 2014 at 12:45 ×

Aku lupa kapan terakhir bersihin kulkas..hihihi

Reply
avatar
5 July 2014 at 05:00 ×

Kalau lagi bersih-bersih kulkas paling ga enak bersihin tempat bekunya Mba, apalagi kalau buat simpan daging atau pun ikan, bau amis deh. ha,,ha, ha,

Salam

Reply
avatar