Cancut Taliwondo

Kata-kata Cancut Taliwondo lama tak muncul dalam percakapan sehari-hari di keluargaku sejak pindah ke Sidoarjo. Hingga kemarin pagi aku dapat WA dari adikku. weekend yang biasanya bisa santai berhubung mesin cuci ngadat, maka timbunan cucian berjibun harus aku kucek sendiri. Minta tolong rinso aku pikir bisa ngucek sendiri seperti iklan tapi tenyata hanya membantuku menghilangkan noda saja. Yang lainnya tetep manual :P

Pas bete dengn tugas dan rengekan Lantip minta nonton sepakbola timnas ke GOR. Ternyata buka WA dari adik-adik dan Ibu cukup menghibur di tengah galau.
Wis kabeh dilakoni wae, siji -siji pasti selesai lan mari. Ngeluh nggak popo, ben padang. Itu wajar sifat e manusia yang sedang Bete. kata Ibu di sms dan WA.
Lalu adikku menimpali ayo mbak semangat...Cancut Taliwondo :)


Jawabku "ngerti Po arti cancut taliwondo opo " sambil ngikik. :)
Ternyata adik-adikku kurang paham artinya ini, mereka hanya mengulang apa yang sering didengar dari apa yang diucapan ibuku.Aku penasaran juga apa sih arti cancut taliwondo Seingat dan elingku Ibu memakai kata ini untuk menyemangati anak-anak dan dirinya sendiri, ketika pekerjaan rumah tangga mak byuk tumpleg bleg di punggungya. Anak dan suami entah ke mana hanya diam tak membantu. Kalau sudah begini, asli ngakak jika ingat gaya Ibu menahan jengkel. Sambil nyingsingkan lengan daster, so kelihatan pangkal lengannya yang seperti Popeye dan tersenyum bilang  "Cancut taliwondo moso ora iso neh ."
Jika Ibu sudah begini anak-anak akan melipir membantu satu-satu pekerjaan rumah dari nyapu hingga ngepel.
sekarang aku baru tahu arti "Cancut Taliwondo "adalah berusaha sekuat tenaga atau semaksimal mungkin sesuai bidangnya.

Okelah mari selesaikan tugas urusan domestik dengan cancut taliwondo.sesuai pesen Ibu.


1 comment: