Kekuatan Silahturahmi

Anak diterima di perguruan tinggi negeri siapa yang nggak senang coba?Alhamdulillah saya ucapkan syukur pada Allah SWT. Tapi problem muncul ketika harus mencari kost ditempat yang belum pernah saya jejakkan kaki kotanya.

Mbah googlelah jadi pertolongan pertama saya untuk bertanya tempat kost yang ada di kota Malang.Ada beberapa tempat dan Hp yang bisa dihubungi, namun setelah saya cek nomer-nomer HP yang menyediakan jasa kost. Tak ada yang nyambung, hanya satu yang bisa dihubungi dan saya pun tanya soal harga dan fasilitas. Hal ini saya lakukan untuk perbandingan harga jika saya nanti terjun langsung mencari kost di Malang.(Ihiiiir biasa emak irit bin pelit :) )




Hari menjelang masuk kuliah pun semakin dekat , saya belum mendapatkan tempat kost yang sesuai dan cocok dengan anak mbarepku.Hampir 3 minggu googling dan setiap berkunjung ke saudara topik yang saya bicarakan kost di Malang.

Beruntungnya diriku berkat silahturahmi lewat FB dan twitter banyak masukan tempat kost yang ada di Malang terutama kost putra. Akhirnya berdasarkan beberapa referensi itu saya pergi ke Malang menggunakan Bis. Wis bonek sajalah. Bondo nekatlah what it will be, will be lah .Ngalir saja ngikuti air, dengan niat ikhlas Bismillah aku jejakkan kota Malang yang belum pernah aku jelajahi.

Sampai juga di Malang dengan wajah kumus-kumus kena keringat karena hampir 2 jam di bis yang penuh irama teng kreyit...kik..kik...suara mesin dan kursi bis yang mulai menua. Aku ucapkan salam dan berkenalan dengan ibu-ibu di sebelahku.
"Assalamualaikum Bu, mau tindak Malang?" tanyaku membuka percakapan dengan Ibu setengah tua di sebelahku dengan putrinya.
"Iya Bu, Ibu mau ke Malang juga?"
Akhirnya percakapan pun berlanjut, walau kami baru kenal, tapi dengan keikhlasan dan ketulusannya beliau memberitahu sebaiknya naik ojek saja.Daripada naik angkot dan muter jalan kaki. Beliau pun menunujkkan tempat dimana seharusnya aku turun dari bis. Ibu itu pun mengantarku hingga ke pangkalan ojek.Subhanallah begitu dahsyatnya silahturahmi yang kau janjikan. Aku kau temukan dengan Ibu yang baik dan memberiku masukan serta petunjuk jalan.

Akhirnya kami pun memutari kota Malang hampir selama 3 jam dengan menyewa ojek. Ada beberapa rumah kost yang sempat saya singgahi, tapi anakku belum cocok juga.Cerita saya berburu di Malang bisa dibaca cari kost di Malang Alhamdulillah berkat jalinan tali silahturahmi dengan saudara sepupu yang sudah lama tak jumpa, akhirnya menemukan tempat kost yang cocok.

Kost yang aku lihat tapi belum cocok
Berawal dari sms Ibu. SMS ibu mengatakan kalau ada ponakannya Ibu saudara sepupuku yang kuliah di Malang. ibu menyarankan agar aku menyambung tali silahturahmi kembali dengan saudara sepupuku itu. menanyakan kabar lewat sms atau sekedar telpon. Pucuk dicinta ulam pun  tiba, aku pun menghubungi Dik Alwi putra Mas Nanang sepupuku tersebut.

Kami yang hampir kepathen obor (alias lama tak bertegur sapa menanyakan kabar karena kesibukan masing-masing, akhirnya bisa tersambung kembali tali slahturahmi.) Itulah dahsyatnya kekuatan silahturahmi, dengan jalinan hubungan yang ikhlas, tulus, tanpa pamrih dan niat yang baik maka akan terbuka rejeki kita. Alhamdulillah akhirnya saya dapat tempat kost yang sesuai dengan keinginan anak yaitu nyaman, aman, tenang, tentram seta murah. Sudah gitu dekat masjid pula.

Nabi muhammad SAW pernah bersabda, "Barang siapa yang suka apabila Allah membentangkan rezeki baginya dan memanjangkan umurnya, maka hendaklah ia bersilahturahmi. (HR.Bukhari)
***
Alhamdulillah dering telpon dari Ibu berbunyi lagi, mengabarkan kalau ada sepupu Bapak yang tinggal di Malang juga. Ibu pun memberi nomer HP saudara sepupu Bapak, akhirnya saya dan anak-anak pun sebelum pulang ke Sidoarjo singgah ke rumah saudara yang berada di jl.Pluto.
Dengan tanya rute angkot yang harus dilalui kami pun sampai juga di rumah saudara ini. Alhamdulillah, kekuatan silahturahmi saya rasakan di sini, beliau cerita tentang Bapak yang suka silahturahmi ke saudara. Walau sampai akhir hayatnya Bapak masih dikenal oleh saudara-saudar jauh sekalipun. Inilah maksud dari silahturahmi memperpanjang umur.

Sebelum pulang ke Sidoarjo, aku dibawakan oleh-oleh uceng atau wader goreng, mete, dan coklat buat anak-anak. Alhamdulillh kami pun diantar sampai terminal. Alhamdulillah ya Allah saya panjatkan syukur kepada Allah akan kekuatan silahturahmi yang mempertemukan saudara yang hampir 10 tahun  tak berjumpa. Kami pun berfoto bersama.
Keluarga tante Tinuk d Malang


Tulisan ini dikut sertakan dalam "GiveAway Indahnya Silaturahmi, Lavender Art"






Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
30 September 2014 at 15:03 ×

setujuu..mbak, silaturahmi bisa mendatangkan rejeki

Reply
avatar
30 September 2014 at 15:57 ×

Lho Bu Tatit baru sekali ke Malang, kayaknya perlu diulang tuh, Bu.. Di Malang banyak tempat bagus yang dikunjungi lho, apalagi sudah ketemu sodara yang lama tak bersua. Klo ke Malang jangan lupa bawa susu sama kripik, Bu hehe

Reply
avatar
Lavender Art
admin
30 September 2014 at 20:10 ×

Alhamdulillah...akhirnya dapat kost2an, pulang dpt oleh2...semua berkat silaturahmi yg tersambung lagi ya mbak....spt kpn nih ..bersilaturahmi ke rmh mbak Tatit pulang jd ngerampok makanan ... hehe...
Terimakasih sdh berpartisipasi utk meramaikan GA sya ya mbak...

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
3 October 2014 at 08:50 ×

Nyari kost emang gampang-gampang susah ya, Mbak..

Reply
avatar
Adi Pradana
admin
6 October 2014 at 09:09 ×

Bener kata beby, gampang-gampang susah, saya pun pernah mengalaminya...

Reply
avatar