CapCay Sederhana

Capcay sederhana alaku

Capcay merupakan salah satu menu favorit anakku selain aneka olahan sop. Kalau masak capcay pasti makan lumayan  banyak apalagi kalau ditambah lauk ayam :). Si simbok pun juga senang memasaknya, karena paktis cukup ditumis sreng..sreng...tambahin kecap asin, saus tiram dan saus tomat. Masakan yang cukup diolah kira-kira 10 menit jadi pun siap disantap. No ribet dan bumbu minimalis saja.
Hari ini biki menu capcay, karena lihat sayur di kulkas hanya sawi putih, 1 batang wortel dan bunga kol kecil.Yang sebenarnya niatku mau saya bkin sp dicampuri dengan telur puyuh dan soun. Eh ternyata si anak kuprit ucrit maunya cuma dibikinkan telur puyuh coklat . Yo wis si telur imut dimasak kecap lalu ditusuk pakai tusukan sate. Simbok ngalah cukup nggoreng tahu dan tumis kangkung yang dibeli di tukang sayur sore hari. Jiaaaan kadang menu yang sudah aku list seminggu jadi gatot kalau si anak lupa aku libatkan dalam membuat list seminggu . (OOooh simbok macam apa diriku :) ).
Capcay sebenarnya makanan Indonesia yang berasal dari pengaruh  makanan Cina. Campuran Capcay  hanya terdiri dari campuran berbagai sayuran. Biasanya sayurannya terdiri dari wortel, sawi, bunga kol, kapri, atau ko. Bisa juga dicampur dengan bakso, sosis maupun ayam.
Jadi sayuran capcay ni kaya akan vitamin.Makan capcay tanpa ditemani nasi pun sudah bikin kenyang.
Nah ini dia resep capcay sederhanaku:
Bahan:
1 batang wortel
1 sawi putih(ukuran kecil , aku beli cuma Rp1000,00)
50 gram bunga kol
1 batang daun bawang
2 sosis sapi
5 butir bakso sapi
200 ml air
Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu:
2 siung bawang putih dikeprek lalu dicincang
1/2 siung bawang bombay dipotong kotak dadu
1 sendok teh merica bubuk
Garam dan gula pasir secukupnya
1 sendok makan saus tomat
1 sendok makan saus tiram
1/2 sendok makan kecap asin
1 sendok teh minyak wijen

Cara membuat:
1. Wortel dikupas, dicuci bersih lalu diiris menyerong
2. Sawi putih dibuang bonggolnya lalu dicuci bersih dan diiris kurrag lebih 2 cm
3. Bunga kol dipetik per kuntum lalu dicuci bersih
4. Daun bawang dibuang akarnya lalu dicuci dan diiris halus
5. Sosis dan bakso dicuci lalu diiris tipis-tipis
6. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum dan layu
7. Masukkan wortel, bunga kol. Tunggu sampai sayur agak layu. Masukkan bakso dan sosis.tambahkan air.
8. Masukkan garam, gula pasir, merica bubuk, kecap  asin , saus tiram. Aduk-aduk sampai tercampur rata.
9. Masukkan sawi dan tunggu samapai sayur matang.
10 Sebelum diangkat, tambahkan mnyak wijen dan aduklah sampai rata.
11. angkat dan sajikan selagi hangat






Previous
Next Post »

11 comments

Click here for comments
Bangkoor com
admin
31 October 2014 at 14:45 ×

Hmm.. Andai di capcay nggak ada wortelnya, saya akan suka loh mbak. Tapi saya cuma nggak suka wortel yang ada di capcay loh. Kalo di sop sayuran mah oke aja. Aneh memang..

Reply
avatar
31 October 2014 at 15:31 ×

wah saya juga suka banget mbak sama capcay, apalagi kalo dikasih gratis sama Mba Tatit, ciyuusss saya gak bakalan nolak :)

Reply
avatar
Asep Haryono
admin
31 October 2014 at 15:43 ×

Wahahha ini nih yang namanya "terkecoh judul" Saya kira tadi isinya ada SCRIPT baru atau CODING untuk membuat CHAPTCHA sebagai salah satu sarana verfikasi Human dan atau untuk menyaring komentar SPAM. Istilah CHAPTCHA ini sering diplesetkan jadi CAPCAY. Wahahahah saya tertipu hari ini. Wahahahahah hiehiehiehihieihiee. Nggak taunya CAPCAY sungguhan. Makanan

Jadi laper eui

Reply
avatar
Dunia Ely
admin
31 October 2014 at 16:53 ×

Lezat ya mbak cap caynya :)

Reply
avatar
1 November 2014 at 05:25 ×

lap iler,,pengen jadinya,,,

Reply
avatar
Nathalia DP
admin
2 November 2014 at 16:30 ×

sederhana tp menggiurkan :D

Reply
avatar
Imron Rosadi
admin
2 November 2014 at 19:57 ×

Nyam-nyam-nyam, ajib banget mbak

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
3 November 2014 at 07:50 ×

Aku biasa makan capcay yang ngga ada wortelnya, Mbak :D

Reply
avatar
3 November 2014 at 13:29 ×

Buat menu seminggu bareng sama anak jadi inspirasi buat saya nih mbak..jadi kita gak bingung harus masak apa tiap hari ..soalnya udah ada jadwalnya. Tinggal penerapannya ya...siapa tahu selera anak berubah,..he..he

Reply
avatar
Tatit
admin
3 November 2014 at 14:17 ×

Hehehe..mau kan capcaynya...tapi tinggal piring kosong

Reply
avatar
suria riza
admin
3 November 2014 at 17:53 ×

*ngakak jengkang ^^

Reply
avatar