Rendang Daging

Rendang daging kentang
Siapa yang tak kenal dengan rendang. Makanan yang berasal dari Minangkabau Padang ini bisa dijumpai di Rumah Makan Padang seluruh Indonesia. Bahkan tahun 2011 rendang dinobatkan makanan terlezat pertama dalam daftar World's 50 Most Delicious Foods (50 hidangan terlezat dunia) yang diadakan oleh CNN.


Memasak rendang butuh waktu yang lama dan kesabaran yang tinggi. Biasanya saya memakai bumbu instan saja. Tapi kali ini saya bikin dengan bumbu andalan bapak mertua yang hobi banget masak rendang di saat Idul Qurban. Beda dengan bapakku Almarhum yang paling senang dengan hidangan sate kambing.

Bapak yang mempunyai darah sedikit Padang selalu memasak rendang daging Padang dengan tangannya sendiri. Dari meracik bumbu hingga memasaknya sampai kering, dengan ketelatenannya maka tercipta rendang daging Padang yang menurut lidahku sip markusip. Pedas, kering, gurih dan manisnya pas. Setiap bikin rendang daging, selalu kebagian memarut kelapa. Kata beliau,kunci dari memasak daging rendang itu di santan dan pilihan cabainya dan lama  memasak serta pengadukannya. :)
Kalau bikin 1 kg daging dibutuhkan kurang lebih 3 kelapa. Ada juga olahan rendang daging yang menambahkan dengan parutan kelapa yang sudah digongso kering, agar lebih pekat dan hitam hasilnya. Tapi olahan daging rendang dari mertuaku ini tak pernah memakai tambahan kelapa sangrai.

Oke ini dia bahan rendang dagingku
Bahan:
500 gram daging sapi bagian has atau gandik. (pilih daging tanpa lemak)
500 gram kentang bulat kecil.
1 butir kelapa diparut dan diperas menjadi 700 ml santan encer.dan 400 ml santan kental
1 batang serai
2 lembar daun salam
6 lembar daun jeruk
asam kandis (saya pakai asam jawa 1 sendok teh)
Garam secukupnya
Gula jawa secukupnya
lengkuas digeprek 3 cm

Bumbu yang dihaluskan.

9 siung bawang merah
4 siung bawang putih
10 buah cabai kerriting
5 buah cabai besar
2 cm jahe
2 cm kunyit dibakar

Cara membuat:
1. Daging sapi dicuci bersih lalu  dipotong kotak-kotak sesuai selera
2.Kentang dikupas lalu dicuci bersih
3. Bumbu yang sudah dihaluskan direbus bersama santan encer, serai, daun jeruk, daun salam dan lengkuas serta asam kandis, garam dan gula jawa. Diaduk-aduk sampai mendidih dan harum.
4.Masukkan daging sapi dan kentang. Tunggu sampai berubah warna. Kecilkan api. Masak sampai kering sambil masih diaduk-aduk agar santan tak pecah.
5 Masukkan santan kental. tunggu hingga mendidih dan sambil diaduk-aduk sampai berminyak.
6. Diaduk sampai kering.
7. Angkat dan siap disajikan


Selamat mencoba resep  rendang daging ala saya :)

Tips: Agar rendang kering dibutuhkan waktu pengadukan kurang lebih 4 jam.
         - Aduk-aduk santan sambil diangkat ke atas dengan spatula agar santan tak pecah.
         - Setelah daging agak berminyak karena santan, diaduk terus agar tak gosong dan diauk-aduk sampai kering.

Jika pengadukan benar, rendang daging  kering bisa bertahan 1 minggu atau sebulan.











Previous
Next Post »

13 comments

Click here for comments
Nunu
admin
7 October 2014 at 17:49 ×

Mumpung banyak daging dirumah, buat eksperimen :p

Reply
avatar
7 October 2014 at 23:13 ×

woww..kayaknya maknyus banget ya :)

Reply
avatar
Yani
admin
8 October 2014 at 07:54 ×

pas banget di saat idul adha,.. sekarang

Reply
avatar
8 October 2014 at 08:15 ×

bener2 maknyus mbak tatit masakannya,,,

Reply
avatar
8 October 2014 at 12:36 ×

Whoahh masak rendang itu butuh perjuangan sekalii... banyak-banyak stock sabarlah kalau masak rendang hihi..

Reply
avatar
8 October 2014 at 16:01 ×

resepnya harus dicoba nih..
mirip masakan padang, hehe
salam kenal dr blogger ciamis

Reply
avatar
Tatit
admin
8 October 2014 at 16:45 ×

Hehe...silakan dicoba.salam kenal balik mas

Reply
avatar
Tatit
admin
8 October 2014 at 16:49 ×

Haha...stok sabar lan lap kringet

Reply
avatar
Tatit
admin
8 October 2014 at 16:50 ×

Hihihi nyus nggak nyuus sing penting anak2 suka dan sikat abiis

Reply
avatar
9 October 2014 at 01:20 ×

Nampak empuk dagingnya yah, Bun. pas kalau lebaran Idhul Adha banyak daging berkeliaran, huihihi.

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
9 October 2014 at 08:45 ×

Duh Mbak, ngga kuat iman kalok liat rendang.. Wkwkwk.. :D

Reply
avatar
9 October 2014 at 21:44 ×

Haduh haduh jadi lapar tengah malam mampir ke sini xixixi.

Reply
avatar
Pakde Cholik
admin
10 October 2014 at 07:46 ×

Saya suka nich rendang daging
Makanan favorit kalau makan di resto Padang
Terima kasih resepnya
Salam hangat dari Surabaya

Reply
avatar