Tips Merawat Rambut Bagi Wanita Berjilbab


Diriku seringkali garuk-garuk kepala, duh terasa tersiksa. Ini gatal bukan dikarenakan si binatang penghuni kepala alias tumo tapi dikarenakan ketombe. Setiap garuk-garuk sebenarnya malu juga sih, kayak si nyemot. hahahaha. :)
Apalagi kalau pas pakai jilbab, mau garuk-garuk kok yo susah, padahal gatalnya sudah nggak tahan. Mungkin akibat aku kurang merawat rambutku yang sering tertutup jilbab.
Padahal kan rambut adalah mahkota wanita, cilaka 13 ini kalau rambutku gampang patah dan berguguran serta ketombean. :)



Oke, aku mau merawat rambutku ah, biar nggak jadi si nyemot tukang garuk-garuk kepala.
Apa saja sih tips merawat rambut terutama yang sering tertutup seperti rambutku ini?

1. Selalu jaga rambut dalam kondisi kering
Nah ini baru aku sadari penyebab ketombe dan penyebab gatal di kepalaku, ternyata aku selama ini kurang sabar untuk menunggu rambut kering setelah keramas. kebiasaanku langsung saja dalam kondisi basah langsung pakai jlbab, cap cus ngojek dilanjut belanja pergi ke pasar.
Sebaiknya setelah keramas, jika ingin memakai jilbab usahakan kondisi rambut agar kering dulu dengan cara dikeringkan dengan mmakai hair dryer. Kalau aku sih suka aku keringan dengan kipas angin .
Kalau aku paksakan dlam kondisi basah langsung pakai jilbab ternyata bikin rambutku gampang rontok dan bau serta ketombean. :)

2. Pilihlah jilbab yang dapat menyerap keringat.
Pilihlah jilbab yang berbahan kaos atau katun. Jika memakai jilba berbahan paris, biasanya saya memakai daleman dulu yang berbahan kaos.

3. Jangan mengikat rambut terlalu kencang
Apabila anda yang mempunyai rambut panjang, biasanya sebelum memakai jilbab pasti kan diikat . Jangan terlalu kencang saat mengkat rambut. sba akan menyebabkan rambut mudah patah.

4.Hindari menggunakan jilbab yang berwarna gelap.
Sebab menggunakan jilbab warna gelap lebih cept enyerap cahaya matahari,  sehingga menyebabkan daerah sekitar kepala dan rambut menjadi lembab.

5. Keramas secara teratur
Nah ini yang penting, keramas dua hari sekali, pilihlah shampoo yang cocok sesuai dengan jens rambut anda.

6. Istirahatkan Rambut
Sebaiknya istirahatkan rambut. Saat tak memakai jilbab, biarkan rambut tanpa ikatan.
(Tapi ingat lakukan hanya di rumah saja ya. hehehe )

Nah selain tips di atas, mungkin ada yang mau menambahkan?
Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
29 October 2014 at 21:28 ×

Memberikan nutrisi pada rambut dengan mengkonsumsi makanan yang kaya protein dan vit B6, B12 dan C. Selain mengkonsumsi makanan, bisa juga dgn memberi vitamin rambut, yg dioleskan ke rambut seusai keramas.

Reply
avatar
30 October 2014 at 03:13 ×

aku kadang lupa mengistirahatkan rambut,,kadang kalo tidur tetap aja aku ikat,,,sumuk soale mak,,,

Reply
avatar
Lavender Art
admin
30 October 2014 at 12:31 ×

Kalau jilbab warna gelap gak masalah sebenarnya mak... spt sy kan selalu pkai jilbab warna gelap...alhamdulillah rambut sy tetap sehat, tdk ada yg bercabang dan di usia yg mencapai kepala 4 ini belum beruban... yg terpenting jaga kebersihan & asupan gizi yg cukup utk rambut... btw terimakasih tipsnya mak...

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
3 November 2014 at 07:52 ×

Keramas minimal dua hari sekali jugak, Mbak.. :)

Reply
avatar
mon soekamto
admin
6 November 2014 at 16:42 ×

rambut berjilbab juga perlu di spa sis biar sehat hhe :)

Reply
avatar