ES TIMUN SURI/TIMUN MAS

Es timun suri

Di Sidoarjo sekarang ini sedang musim buah timun mas/timun suri , garbis / blewah dan mangga. Kebetulan di depan sekolah anakku masih berupa sawah. Dan jika musim kemarau begini pasti sawah ditanami semangka, garbis dan timun suri. Kalau musim hujan baru ditanami padi.
Biasanya kalau musim panen begini murah broo.Cuaca yag panas membuatku pingin bikin es tiun suri pasti seger. BUah timun suri, bentuknya lonjong dan berwarna kuning keemasan. Daging buah timun suri mempunya bau yang harum dan buahnya jia terlalu matang kan gampang lunak. Buahnya juga mempunyai kandungan air yang banyak.

Timun suri sangat cocok ditambahkan buat es campur atau dibuat es timun dengan cara diserut dan dicampur dengan larutan gula atau sirup pandan. Hmmm cukup segar dan melegaka tenggorokan di cuaca yang panas ini.
Buah timun suri juga mengandung vitamn c dan vitamin A yang dibutuhkan tubuh.

Biasanya kalau aku bikin es timun suri ini, anak-anak pasti langsung nyebu sepulang sekolah. Simbok pun suka membuatnya, disamping harga timun suri ramah di kantong. Membuatnya pun mudah.

Bahan Es Timun Suri:
1 Buah timun suri kurang lebih yang ukuran 1 kg
Sirup cocopandan secukupnya (Aku kemarin 1/4 botol siup dicampur dengan larutan air gula. Dimana gula kira-kira 6 sendok makan dilarutkan dengan air 200 ml.) untuk ukuran manis ini menurut selera saja
Jika punya nutrijel rasa buah atau agar-agar bisa ditambahkan dengan cara dipotong dadu.(kemarin aku nggak pakai)


Cara membuat:
Timun suri dibelah, keluarkan bijinya.Saring biji di mangkukdengan cara memeras agar keluar sarinya. Tujuannya untuk aroma minuman.
Lalu timun suri dicuci kemudian diserut dengan alat serutan kelpa muda. Bisa juga dibentuk bula-bulat.
Kemudian campur dengan sirup cocpandan dan tambahkan air. Lalu diaduk sampai tercampur rata. Tambahkan es batu.
Siap dihidangkan




Previous
Next Post »

8 comments

Click here for comments
Miftah Afina
admin
11 November 2014 at 11:50 ×

Kalo di tempat saya timun suri itu nyebutnya 'barteh'

Reply
avatar
11 November 2014 at 11:58 ×

wah,,ini mah seger di sruput di siang hari,,,

Reply
avatar
11 November 2014 at 12:37 ×

Suegeerrr... Surabaya makin hari hawanya puanaaasss ya mak :))

Reply
avatar
11 November 2014 at 13:24 ×

Ternyata bijinya masih bisa disaring trus dibuat untuk menambah aromanya ya...kalo saya biasanya langsung di buang aja..hi..hi...

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
12 November 2014 at 05:10 ×

Kayaknya seger banget tuh, Mbak.. Mauuuu :D

Reply
avatar
Em Albar
admin
12 November 2014 at 11:18 ×

weh enak kali bun, mantap, maulah

Reply
avatar
isnuansa
admin
12 November 2014 at 12:19 ×

Kalau saya bikin es timun suri ini biasanya kalau lagi bulan puasa. Kalau nggak bulan puasa, suka susah, Mbak, cari di warung sayur. (nggak pernah ke pasar sih)

Reply
avatar