URAP-URAP

URAP-URAP
Setiap kali ada yang ulang tahun atau bulan Suro begini, ibuku di kampung selalu bikin sego bancaan. Sego bancaan itu terdiri dari nasi tumpeng kecil dengan urap-urap yang ditata di tampah kemudian lauknya diberi telur rebus dipotong kecil-kecil. Nasinya bisa nasi gurih atau nasi biasa. Ibuku dulu masih rajin membuat untuk dibagi ke anak-anak tetangga jika ada anaknya yang ulang tahu atau pas wetonan. Weton merupakan gabungan 7 hari dalam seminggu dengan lima hari pasaran Jawa  ( Pon, Kliwon, Wage, Pahing, dan Legi ).Jaman dulu kalau ada bancaan seperti ni tugasku memanggil anak-anak tetangga unuk berkumpul, setelah berkumpul biasanya Ibu lalu berucap
"Bancaan Yo Cah...Iki bancaanne si...Yen awan jak en dolan yen bengi konen turu. Dongakno bocae sregep, slamet donya akhirate."
lalu Ibu memotong tumpeng diletakkan dipincuk untuk dibagikan. Aku jaman kecil dulu juga paling seneng kalau ada  bancaan, walau hanya nasi dan urap serta telur sak uprit, entahlah rasanya kok ya nikmat banget.:)

Kemarin, ulang tahun mbarepku Si Afif. Berhubung anaknya masih di Malang, maka aku pun membuat urap-urap. hanya kangen saja dengan tradisi Ibu. Aku emang sudah lama tak masak urap-urap ini. Sayuran sudah pesan di tukang sayur langgananku.Tinggalmasak dan bagkan tetangga hehehe :)

Bahan  Urap-Urap:
1 ikat kangkung dipetik diambil daun dan batang yang muda
6 lonjor kacang panjang dipotong kira-kira 3 cm
100 gram taoge disiangi akarnya
1 ikat kemangi diambil daunnya dan diiris hals
1 buah timun dibagi 4 lalu diiris tipis
1 kotak tempe digoreng

Bumbu urap-urap:
1 siung bawang putih
2 cm kencur
3 lembar daun jeruk purut dibuang tulangnya
2 cabe merah
6 cabai rawit
terasi sejumput
Garam dan gula pasir secukupnya
1/4 kelapa diparut memanjang

Cara membuat:
Semua sayuran (kecuali kemangi dan tmun)setelah dicuci bersih lalu direbus sampai matang angkat dan tiriskan.
Bumbu diuleg sampai halus kecuali kelapa.
Setelah bumbu halus tambah kelapa parut lalu dicampur hingga rata.
Tempe yang sudah digoreng dipotong kotak kecil-kecil.
Campur sayuran dan tempe  dengan bmbu kelapa. Diaduk sampai tercampur rata.
Siap disajikan. Bisa ditambahkan dengan ikan asin.

Urap siap disantap dengan ikan asin

Urap-urap siap disjikan dengan nasi hangat dan lauk ikan asin ata telur hmmm...naknaaaan


Previous
Next Post »

7 comments

Click here for comments
13 November 2014 at 11:17 ×

wah enak banget kayaknya tuh, jadi laper euy....
kalo di daerah mbak nysebutnya urap-urap ya, kalo di saya mah urab nyebutnya :)

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
13 November 2014 at 11:47 ×

Kesukaan keluarga ku nih, Mbak :D

Reply
avatar
13 November 2014 at 12:13 ×

enak nya si urap urap ini,,,

Reply
avatar
13 November 2014 at 12:52 ×

Kelapanya gak dimasak dulu ya mbak..? mentah?

Reply
avatar
Tatit
admin
13 November 2014 at 14:16 ×

iya mbak Nurul, saya suka yang mentah lebih gurih.
Ada juga yang dikukus atau digoreng biar awet

Reply
avatar
14 November 2014 at 04:45 ×

Makannya bareng-bareng di piring besar (bathu) hihihi... pasti habis banyak tuh.. enaaakkkk :)

Reply
avatar
Tatit
admin
14 November 2014 at 16:22 ×

Iyo mbak bathu lan kembulan uenak tenan :)

Reply
avatar