Manfaat Belimbing Wuluh

Belimbing wuluhku

Belimbing wuluh atau sering juga disebut sebagai belimbing sayur, merupakan jenis pohon pekarangan. Di depan rumahku kutanam pohon belimbing wuluh ini. Biar kalau membuat sayur asem-asem tinggal petik saja. :)
Buah belimbing wuluhku kali ini sedang berbuah lumayan lebat. Sepertinya belimbing wuluhku juga tak pernah berhenti berbuah.Selain sebagai campuran masakan, ternyata belimbing wuluh juga mempunyai manfaat. Maka tak salah dong aku menanamnya. :)
Aku paling suka menanam pohon selain untuk berteduh juga mempuyai khasiat obat tradisional.kebiasaan menanam apotik hidup ditularkan dari Simbah dan kedua orang tuaku. Maklumlah anak Desa. Terbiasa dengan kebun dan sawah. Nikmatnya aroma lumpur dan memanen hasil kebun merupakan kesenangan sendiri buatku.

Jika musim hujan begini, banyak yang meminta bunga dan buahnya katanya sih buat obat batuk.Rasanya yang asam sangat cocok buat obat sariawan.Selain untuk kesehatan belimbing wuluh juga berguna bagi kecantikan. Sangat cocok buat jus dan masker.
Masker dari belimbing wuluh ini aku ahu dari tayangan Dr.Oz di Trans TV. Belimbing wuluh juga dapat dibuat sebagai manisan dan sirup.
waktu saya tinggal di Ambon belmbig wuluh biasanya diambil sari airnya sebagai pengganti tomat buat bahan sambal colo-colo, di saat harga tomat atau jeruk nipis melambung tinggi.
Berikut ini beberapa manfaat belimbing wuluh sebagai kesehatan
1. Mengatasi batuk
Caranya dengan merebus bunga dan buah serta daun.belimbing wuluh selama kurang lebih 15 menit. Lalu air rebusan itu diminum 2 kali sehari.

2.Mengatasi sariawan
Ambil 3 buah belimbing wuluh, 3 siung bawang merah, 1 buah pala muda dan 2/4 adas serta pulosari. Tumbuk semua bahan sampai halus. Lalu diperas dan campurkan dengan minyak kelapa.Oleskan pada bagian yang terkena sariawan

3.Sebagai masker pencegah jerawat
Ambil 6 belimbing wuluh, 1 jeruk nipis dan campur dengan madu. Kemudian haluskan belimbng wuluh dan serbuk beerang sampai halus. Tambahkan air jeruk nipis, lalu oleskan pada wajah yang terkena jerawat.



Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
24 December 2014 at 15:11 ×

belimbing wuluh memang banyak sekali manfaatnya ya mbak Tatit :)

Reply
avatar
Tatit
admin
24 December 2014 at 17:41 ×

Betul mbak dwi, aku juga sudah cba bikin masker dari belimbing wuluh. :)

Reply
avatar
Lavender Art
admin
25 December 2014 at 05:16 ×

Di kebun belakang rumah Ibu didesa ada pohon ini mbak... buahnya grembel, juga gak pernah berhenti berbuah... saking banyaknya sp jatuh-jatuh....

Reply
avatar
Tatit
admin
25 December 2014 at 05:33 ×

Dibuat sirup atau manisan mbak. enak

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
26 December 2014 at 04:16 ×

Aku jugak punya pohon belimbing wuluh.. :D

Reply
avatar