Toko Oleh-Oleh Ganep's Solo

Jika anda sedang berlibur ke Solo jangan lupa mampir ke toko oleh-oleh Ganep's.Toko oleh-oleh roti Ganep's terletak di jalan Sutan Syahrir 176, Tambak Segaran, Solo.

Toko Roti Kecik Ganep's
Kemarin saat sowan Ibu, saya mampir ke toko ini selain ntuk mengenang saat masa kecil dulu.Dulu jika Ibu pergi kulakan ke Pasar Legi selalu membawa oleh-oleh roti kecik yang dibeli toko ini.Yes belanja oleh-oleh di toko Ganep's merupakan lintas sejarah masa lalu hahahaha.
Roti kecik merupakan roti yang terbuat dari bahan tepung ketan, gula, telur dan garam. Lalu dibentuk menyerupai kecik (biji sawo, bulat memanjang). Roti kecik ini, roti yang sangat legendaris di kota Solo. Bisnis ini dimulai sejak tahun 1881, hingga sekarang sudah generasi ke lima yang menjalankan bisnisya. 
Prasasti sejarah toko roti Ganep's
Perusahaan ini didirikan oleh pasangan Tjang Tiang San dan Auw Like Nio. Nama Ganep diberikan oleh Sinuwun Pakubuwono X, raja Surakarta saat itu.Auw Like Nio sering dipanggil oleh Sinuhun sebagai Nyah Ganep, yang berarti sehat, waras dan lengkap.Panggilan ini merupakan doa juga, ganep berari sempurna dan waras.
Aneka pilihan oleh-oleh lainnya
Produk unggulan dari toko Ganep ini adalah roti kecik.Bentuk roti kecik pun macam-macam, ada yang berbentuk kelereng, lingkaran atau panjang. Namun seiring dengan berkembangnya waktu, toko oleh-oleh Ganep, juga menyediakan aneka oleh-oleh lainnya, seperti sus kering dengan aneka rasa, ada sus kering kornet, sus kering ayam, sus kering keju, dan sus kering original. Rambak sapi, juga tersedi aneka roti basah. kemarin saya hanya membeli sus kering dan adik saya memebeli roti kecik buat oleh0oleh rekan di Bali. Saat mau membayar ke kasir, ada lumia berisi rebung dan udang seharga Rp 3500,00. Saya membeli dan merasaknnya, lumayan juga kok rasanya.

aneka roti kecik dan sus kering

Lantip mejeng di pojok jadul
Ruang tunggu dengan latar belakang lukisan gambar Gesang dan sungai Bengawan Solo
Mejeng di ruang tunggu dengan kursi kuno dan radio kuno
Sambil menunggu adik-adikku yang belum selesai belanja duduk dulu di kursi jadul. kursi ini mengingatkanku dengan kursi punya Simbah jaman dulu.Ada beberapa alat musik yang dipajang untuk hiasan.Lantip tertarik dengan alat musik yang terbuat dari bathok , lalu dia mencoba memainkannya.
Alat musik dari bathok kelapa
Tata ruang toko Ganep, dengan mengedepankan tampilan jadul. Sepert kursi tamu , Foto jadul toko ganep  dari masa ke masa dan aneka wayang yang ditata di dinding.
Pojok jadul

Nah jalan-jalan ke Solo tak lengkap rasanya jika tak membawa oleh-oleh, silakan mampir ke toko roti kecik Ganep's sambil bernostalgia.







Previous
Next Post »

6 comments

Click here for comments
Beby Rischka
admin
29 December 2014 at 08:11 ×

Penasaran sama rasa roti keciknya. Apa renyah, gurih, atau melempem kayak kue biasa. Hihihi.. :P

Reply
avatar
zach flazz
admin
29 December 2014 at 11:26 ×

pengen kesana
OK nanti kalo ke solo, Insya Allah

Reply
avatar
29 December 2014 at 16:39 ×

Nggak ke pasar klewer yang kebakaran itu mak?

Reply
avatar
Tatit
admin
30 December 2014 at 15:45 ×

Mak Nurul.Sekarang malas ke Klewer.jalannya pasti macet.biasanya kita hanya ke PGS :)

Reply
avatar
Tatit
admin
30 December 2014 at 19:40 ×

Renyah dan gurih Beb.

Reply
avatar
Tatit
admin
30 December 2014 at 19:40 ×

Ayoo Mas kuliner ke Solo

Reply
avatar