Lodeh Tahu Tempe

Lodeh tahu tempe
Siapa yang tak kenal sayur lodeh. Sayur bersantan dan tambahan bumbu serta Lombok yang bikin nafsu makan meningkat. Bahan utama lodeh, santan, cabai, dan sayuran  . Mumpung cuaca mendung kemarin saya bikin sayur lodeh ini.Lodeh tahu tempe yang pedes cocok disantap saat pagi hari ditemani lontong buat sarapan. Apalagi tambahannya krupuk udang manyuuus..legendeer.iBikin perut makin bunder seser. Lodeh ini cocok juga disantap dengan lontong lho. Suamiku sih kurang suka dengan sayuran bersantan sejak divonis dokter kena  gejala liver. Sejak dua tahun lalu jadi berusaha mengurangi konsumsi bahan makanan yang berbahan santan. Padahal anakku dan aku doyan banget dengan aneka masakan berkuah santan. Biar adil, saat suami di rumah bisasanya saya membuat 2 macam menu.
Resep lodeh yang akan saya sharing disini lodeh tahu tempe Bahannya cukup mudah kok dan gampang didapatkan, dan saya kalau masak lodeh tahu tempe ini hanya ditemani dengan kerpuk kanji atau kerupu udah sudah cukup. :) pengin maknyus lauknya ikan asin atau ikan pindang goreng dan sambel terasi. Kalau anak-anak biasanya makan sama telur asin.
Bahan Lodeh tahu tempe:
1 kotak tahu
1 lonjor tempe
6 lonjor kacang panjang
2 lembar Daun salam
2 cm lengkuas
3 biji cabai merah atau hijau sesuai selera anda diiris menyerong
Minyak goreng untuk menumis
750 ml santan
Bumbu yang dihaluskan:
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar
1 cm kencur
Garam dan gula pasir secukupnya
1 buah cabai merah
Cara membuat:
1.       Potong tempe dan tahu kotak dadu lalu goreng setengah matang
2.        Potong kacang panjang sepanjang 2 cm lalu dicuci sampai bersih
3.       Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum dan berubah warna
4.       Masukkan tempe, tahu dan kacang panjang, cabai merah.
5.       Lalu tambahkan santan , aduklah sesekali agar santan tak pecah
6.       Masukkan lenkuas dan daun salam.
7.       Tunggu hingga mendidih dan sayur matang.
8.       Angkat dan sajikan.


Tips: Agar tempe dan tahu tidak berbau langu, gorenglah tahu dan tempe setengah matang  sebelum dimasak.

Lodeh tahu tempe sudah siap disantap menemani makan anda. Selamat mencoba




Previous
Next Post »

7 comments

Click here for comments
15 January 2015 at 12:23 ×

duh mbak...bikin aku ileran aja nih...

Reply
avatar
15 January 2015 at 12:52 ×

Lodeh, sayur kesukaan saya, mbak...pas banget dengan waktu makan siang nih, kok jadi pengen sayur lodeh ya...hi..hi..

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
16 January 2015 at 09:57 ×

Mbak.. Jadi mupeng.. :(

Reply
avatar
Tatit
admin
20 January 2015 at 12:10 ×

Sini tak lap ilernya. Ayo bikin mumpung mendung

Reply
avatar
Tatit
admin
20 January 2015 at 12:11 ×

Emang sengaja ngiming-imigi, biar ngeces dan nguprek dapur :)

Reply
avatar
Tatit
admin
20 January 2015 at 12:12 ×

Ini Beb , tak kasih mangkuknya. Isinya sudah telanjur masuk perut :)

Reply
avatar
20 January 2015 at 13:38 ×

Sayur lodeh adalah kesukaan saya, tapi kalau diberi tempe dan tahu belum pernah coba. Ini ide bagus, nanti biar istri saya buat. Makasih atas resepnya.

Reply
avatar