Serabi Notosuman

Serabi notosuman di sidoarjo

Kerinduan akan nikmatnya serabi notosuman sekarang bisa terobati.Baru-baru ini di Sidoarjo dibuka cabang serabi Notosuman.Aku segera meluncur ke TKP, serabi manis kesukaan anak-anak . Kalau dulu jika pengin bin ngiler harus menunggu kiriman dari Solo atau anak Mbarep pulang dari Malang maka sekarang di Sidoarjo pun sudah ada. Yai jingkrak-jingkrak tak karuan (halah lebay.com).
Berdasarkan posting dari Mbak Nina, di grup Wakul Sidoarjo, Serabi Notosuman ini tepatnya berada di jl. Diponegoro 85B Sidoarjo.

Serabi Notosuman berebda degan serabi petulo Sidoarjo maupun surabi Bandung. Serabi Notosuman rasanya manis gurih. Kalau yang ada di Solo berada di Jl. Moh Yamin, didirikan sejak 1923 oleh Ny.Hoo Ge Hok. Sekarang diteruskanoleh anak cucunya. Dulunya Ny.Hoo Ge Hok, hanya membuat pesanan kue apem. Bahan utama serai Notosuman ini terdiri dari tepung beras, santan, gula, pandan dan daun pandan.
Serabi Notosuman hanya punya dua rasa yaitu rasa coklat dan original. Bereda dengan serabiyang dijajakan di sepanjang pedagang kaki lima di daerah Slamet Riyadi, di sana ada beberapa toping selain coklat, ada toping nagka dan pisang raja.
Ingatan saya melayang saat masih SMP bintang Laut Solo dulu, sambil menunggu bapak menjemput atau nunggu bis kota yang membawa pulang diriku sekolah, saya suka jajan serabi di depan SMP ku . Tapi tetep, serabi Notosuman yang jadi idaman, hahaha...nyuuus gurih dan lembut.
Serabi Notosuman sampai sekarag masih melegenda, bila musim liburan tiba yang antri sampai memakai girik antrian. Beruntunglah diriku sekarang di Sidoarjo sudah ada yang buka.
Saat aku tanya ke pemiliknya, katanya, pemilik usaha serabi ini masih kerabat dengan yang  di Notosuman. Dulunya buka cabang di Malang, lalu yang Malang diteruskan oleh sang kakak. Peralatan wajan, tutup dari tanah liat dan kompor semua dipesan langsung dari Solo.

Cetakan dan kompor yang dipesan dari Solo


Serabi rasa coklat


Harga Serabi Notosuman 10 biji campur Rp 22.000,00.Sedangkan yang original Rp 21000,00.
Karena saya doyan yang manis dan legit serta lembut, serabi ini cocok buat lidahku.
Toko Serabi Notosuman buka dari jam 06.00 pagi. Dan anda bisa memesan untuk acara arisan atau pertemuan.Yang di Sidoarjo ini sama juga cara pengemasannya dengan Solo, biasanya digulung menggunakan daun pisang.
sedagkan serabi yang langgananku saat SMP dulu hanya dilapis dengan daun pisang tanpa digulung. Dan pnggirannya renyah, gurih. Dl saat makan aku pasti mulai dari pinggirannya baru tengah. kalau serabi Notosuman tinggal makleb.
kemarin beli 15 biji hanya buat anak berdua .Mak wuuus tidak sampai siang  cemilan serabi Notosuman sudah pindah di perut anak-anak.

Previous
Next Post »

9 comments

Click here for comments
5 January 2015 at 19:47 ×

Lihat cetakan serabinya mirip dengan yang dimiliki "Surabi Imut" yang ada di Bandung mbak.. :)

Reply
avatar
6 January 2015 at 04:29 ×

wih serabinya ajib banget mbak Tatit...

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
6 January 2015 at 07:36 ×

Cetakannya antik banget.. :D

Reply
avatar
Tatit
admin
6 January 2015 at 22:00 ×

Yup sama mbak cuman serabi imut bahan dan topingnya beda ya
Cetakannya ini terbuat dari wojo, biar panasnya rata katanya begitu.

Reply
avatar
Tatit
admin
6 January 2015 at 22:00 ×

Ayuuk dicoba mbak Dwiex kalau pas ke Sidoarjo

Reply
avatar
Tatit
admin
6 January 2015 at 22:01 ×

Antik dan imut Beb.Komporya aja tungkunya juga banyak

Reply
avatar
9 February 2015 at 07:40 ×

mb tatit, blog nya bagus,o y mb, ap serabi solo tidak pakai pengembang??
mohon infonya mb.. 0896-9232-81643

Reply
avatar
Pipit_Potter
admin
9 October 2015 at 19:27 ×

iya...aq lg di solo..serabi terenak menurutku. manisnya pas,lembut bgt. jam.3 sore habis...

Reply
avatar
Pipit_Potter
admin
9 October 2015 at 19:28 ×

iya...aq lg di solo..serabi terenak menurutku. manisnya pas,lembut bgt. jam.3 sore habis...

Reply
avatar