Cara Memilih Dan Membersihkan Ikan

Ikan goreng terasa lezat selain dari bumbunya juga harua diperhatikan dalam hal membersihkannya.Ikan yang segar sangat berpengaruh pada kelezatan aneka masakan ikan.Saya dulunya tak terlalu tahu cara memilih ikan segar yang bagaimana.asal percaya saja sama penjual.kasih uang trima beres.la dalah kopyah, satu kali pernah dapat ikan yang sudah lembek dan baunya agak anyir.akhirnya berakhir ke sampah dannjadi rebutan kucing liar.Ditambah diguyoni suami, katanya beli ikan cuman untuk kucing tho.nggak jadi buatku.katanya sambil ngakak ( pengin tak jiwit :) ).Mulai dari situ akhirnya diberi tahu my bojo bagaimana memilih ikan yang segar dan cara membersihkannya ( hahaaha emang my bojo lebih jago satu hal ini secara my bojo kan hobinya mancing :) )


Tips memilih ikan yang segar:
1.Perhatikan bagian kulitnya atau sisiknya masih mengkilat dan belum banyak yang terkelupas.
2.Bagian.petutnya belum lembek
3.Perhatikan bagian insangnya.maaih berwarna merah segar atau betwarna metah muda.
4. Matanya masih bening

Sekarang gimana sih cara membersihkan ikan? Kalau aku biasanya pasrah ama penjual atau suami.berhubung si penjual terkadang lagi banyak pembeli, aku langsung bawa pulang .alhasil diriku mau nggak mau harua belajar dan harus bisa bersihkan sendiri.ala bisa karena terpaksa hahaaha.

Cara membersihkan ikan:
Untuk membersihkan sisik, pegang ikan di bagian kepala.letakkan.pisau di ujung ekor lalu tarik pisau menuju ke kepala.lalu cuci bersih di bawah air yg mengalir untuk membersihkan sisiknya.
Kemudian bedah bagian perut, keluarkan kotorannya menggunakan jari.
Cuci bersih di bawah pancuran air sambil merogoh bagian perut dengan jari untuk membersihkan sisa sisa kotoran.
Setelah itu kerat bagian.punggung ikan.
Ikan siap dimasak apa saja.ingat ya saat membersihkan ikan pakailah pisau yang tajam.
Sebelum diolah anda bisa pakai petasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.

Nah itu tadi cara memilih dan.membetsihkan ikan berdasarkan pengalamanku.semoga bermanfaat.jika pembaca punya pengalaman lain silakan tulis di komen ya.
Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
Andro Media
admin
13 February 2015 at 19:36 ×

unik juga ya cara penyampaian artikelnya hehe .... btw mampir juga ya di postinganku tentang Manfaat Jeruk Nipis :D

Reply
avatar
Tatit
admin
14 February 2015 at 12:48 ×

Makasih sudah mampir di blog sederhanaku. Udah bw balik ya.

Reply
avatar
15 February 2015 at 15:30 ×

wah, kalau saya tahunya hanya tinggal makan saja mba kalau untuk bersihin ikan, kecuali kalau sudah di lapangan lain soal. he,, he, he,,
Terimakasih tipsnya mba.

Reply
avatar
Dewi Rieka
admin
17 February 2015 at 05:16 ×

dakuw belum pernah bersihin perut ikan mbaaa

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
18 February 2015 at 10:34 ×

Kadang kalok ngga pinter bersihin ikan bisa amis gitu ya, Mbak :(

Reply
avatar