Jajan Pasar Favorit

Jajan Pasar
Siapa yang tak suka dengan jajan pasar. jajanan warisan kuliner nenek moyang kita. Entahlah mereka mendaptkan resep darimana. Jajanan pasar cocok juga buat camilan saat arisan atau pertemuan keluarga.Selain itu jajan pasar juga cocok buat teman teh di pagi atau sore hari. Nah kalau aku ya jelas buat cawisan di pagi hari di akhir pekan. Kalau lagi males masaknya kumat dan mas bojo melarangku nguprek dapur, walhasil diriku cuman beli dan menyediakannya di meja.

Setiap akhir pekan si mas bojo datang dari Jakarta dan si mbarep Afif ngumpul.Pasti yang dicari jajanan pasar ini.
Beberapa jajan pasar yang selalu aku sediakan yaitu
1. Lemper
Bisa lemper bakar atau lemper biasa. asal lemper aja mereka doyan.Lemper bahan utamanya ketan dan santan lalu ditengahnya ada ayamnya dan dibungkus dengan daun pisang, memang gurih buat camilan. Terkadang isiannya bisa abon.Tapi aku lebih suka yang berisi daging ayam cincang.

2. Nagasari
Nah kalau nagasari ini favoritnya Lantip. Kue yang terbuat dari tepung beras atau hungkwe dicampur dengan santan dan gula lalu diisi pisang. Dibungkus dengan daun pisang juga.Hmmm..rasanya manis gurih.

3. Pastel
Pastel kalau di sini ada dua macam isiannya yaitu pastel isi bihun dan pastel isi ragout. Cocok dimakan sama cabai.Sekaran malah ada variasi pastel yang kulinya dari puff pastry.

4. Kroket
Ada beberapa variasi kroket, ada kroket makaroni,kroket nasi atau kroket kentang. Semuanya ank-anak doyan. Seringnya sih kalau kroket aku bikin sendiri dengan catatan saat sehat dan mood masak datang :P. Resep kroket makaroni sudah aku tulis di blog ini ya. silakan dicek.

5. Arem-arem
Arem-arem tuh senengannya my bojo saudara. Sampai-sampai ibuku selalu menyediakan arem-arem kalau pas pulan ke Solo.Hehehehe, ya begitulah mertua yang baik ,tahu favorit camilan mantunya. Selalu saja kalau pas kumpul di Kampung Triyagan, pinggiran Solo jajanan pasar pating ceklunik di meja, semua disediakan oleh Ibuku. Dan selalu pesan"ini arem-arem buat Ipung, sosis buat Desi(suami adikku 4), pisang goreng buat Yan dan istri (favoritnya pisng goreng raja), Martabak dan meniran buat Irul (suami adikku no 3). Kalau sosis solo yang isi daging ayam maupu daging sapi selalu diserbu kami semua, la wong anakku pada suka. Semua harganya harga kampung dong ramah di kantong :)
Arem-arem bahan utamanya dari nasi yang dimasak dengan santan lalu diberi isiansambel goren hati atau sambel daging maupun tahu tempe.Kalau arem--arem khasnya solo itu pakai balutan daran telur tipis. Rasanya gurih. Makan sebungkus udah kenyang. arem-arem juga bekal piknik favori keluarga. aaah kok jadi kangen Simbok di kampung ya. :(

Lima jajan pasar enak yang selalu tersedia di keluargaku . Apa saja jajan pasar favorit  kalian ?




Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
9 February 2015 at 11:51 ×

wah jajanannya maknyoss banget mbak...

Reply
avatar
9 February 2015 at 16:28 ×

Saya juga suka kroket, lemper sama pastelnya mbak..:)

Reply
avatar
10 February 2015 at 05:26 ×

Really appreciate your inspiring blog :)

xoxo
http://singingthumbelinna.blogspot.com

Reply
avatar
Pakde Cholik
admin
10 February 2015 at 05:41 ×

Isteri dan anak saya suka beli di tukang sayur nich
Murah meriah dan enak ya Jeng
Terima kasih infonya
Salam hangat dari Surabaya

Reply
avatar
joan jegrak
admin
11 December 2016 at 16:37 ×

Titip jual kue basah bisa ngak mba?

Reply
avatar