Makna Nasi Berkat : Unjung - unjung

Foto nasi berkat diambil dari FB eko nugroho
Seringkali sehabis tetangga Yasinan dan tahlil untuk mendoakan orang tua mereka atau ada tetangga baru yang baru saja menempati rumahnya. Saya selalu mendapat nasi berkat. Biasanya tetangga baru saya itu mengundang tamu dengan menyediakan makanan dan minta tolong para tamu undangan untuk ikut mendoakan. Mereka mengundang  takmir masjid dan tetangga sebelah. Tuan rumah selalu menyediakan nasi lengkap dengan lauk pauk yang ditaruh dalam besek atau dus , ada juga yang ditata di baskom plastik. Tujuan menyediakan makanan ini untuk sedekah.

Isi nasi berkat biasanya terdiri dari nasi lalu urap-urap, lodeh nangka atau kluwih, mie, perkedel, rempah, telur, tahu tempe serta ayam goreng atau ayam panggang dilengkapi dengan buah pisang raja. Nasi berkat akan dibagikan setelah selesai doa dan tahlil, boleh dimakan langsung atau boleh juga dibawa pulang.

Nasi berkat sebenarnya mempunyai makna. Makna dari nasi berkat adalah nasi sedekah yang setelah acara doa semoga sedekah nasinya mendapatkan berkah.berkat berasal dari bahasa Arab "Bakatun" bentuk jamak dari barakat artinya kebaikan yang bertambah terus. Jadi makna dari pemberian nasi berkat adalah si tuan rumah mohon doa agar rumah yang baru saja ditempati memberikan kebaikan yang bertambah.

Dan ketika menerimanya, pengin segera menghabiskan. Karena cita ras dari nasi berkat bagiku berbeda, lebih sedap dan nikmat.

Budaya nasi berkat ini sudah ada sejak turun temurun di keluarga saya. Dan saat kepindahan rumah adik saya yang ragil Si Oki kemarin juga bagi-bagi nasi berkat bagi tamu yang diundang. dengan wadah dari besek, sekarang besek sudah hampir ditinggalkan dan tergantikan dengan dus.Tetapi kemarin adik saya masih nguri-uri alias melestarikan tradisi nasi besekan ini. Hehehehe.:)
Selamat menempati rumah baru te Ki semoga keberkahan selalu melimpahi rumahmu.

3 comments:

  1. aku paling suka sama sego berkat,nggak tau suka aja..pokoknya kalo pas di Jawa,pas ibu pulang dari bowoh atau kenduren,mesti yang dicari berkatnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasane enak wae ya mbak.Mungkin efek bar didoain

      Delete
    2. Rasane enak wae ya mbak.Mungkin efek bar didoain

      Delete