Makna Nasi Berkat : Unjung - unjung

Foto nasi berkat diambil dari FB eko nugroho
Seringkali sehabis tetangga Yasinan dan tahlil untuk mendoakan orang tua mereka atau ada tetangga baru yang baru saja menempati rumahnya. Saya selalu mendapat nasi berkat. Biasanya tetangga baru saya itu mengundang tamu dengan menyediakan makanan dan minta tolong para tamu undangan untuk ikut mendoakan. Mereka mengundang  takmir masjid dan tetangga sebelah. Tuan rumah selalu menyediakan nasi lengkap dengan lauk pauk yang ditaruh dalam besek atau dus , ada juga yang ditata di baskom plastik. Tujuan menyediakan makanan ini untuk sedekah.

Isi nasi berkat biasanya terdiri dari nasi lalu urap-urap, lodeh nangka atau kluwih, mie, perkedel, rempah, telur, tahu tempe serta ayam goreng atau ayam panggang dilengkapi dengan buah pisang raja. Nasi berkat akan dibagikan setelah selesai doa dan tahlil, boleh dimakan langsung atau boleh juga dibawa pulang.

Nasi berkat sebenarnya mempunyai makna. Makna dari nasi berkat adalah nasi sedekah yang setelah acara doa semoga sedekah nasinya mendapatkan berkah.berkat berasal dari bahasa Arab "Bakatun" bentuk jamak dari barakat artinya kebaikan yang bertambah terus. Jadi makna dari pemberian nasi berkat adalah si tuan rumah mohon doa agar rumah yang baru saja ditempati memberikan kebaikan yang bertambah.

Budaya nasi berkat ini sudah ada sejak turun temurun di keluarga saya. Dan saat kepindahan rumah adik saya yang ragil Si Oki kemarin juga bagi-bagi nasi berkat bagi tamu yang diundang. dengan wadah dari besek, sekarang besek sudah hampir ditinggalkan dan tergantikan dengan dus.Tetapi kemarin adik saya masih nguri-uri alias melestarikan tradisi nasi besekan ini. Hehehehe.:)
Selamat menempati rumah baru te Ki semoga keberkahan selalu melimpahi rumahmu.

Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
HM Zwan
admin
25 February 2015 at 13:44 ×

aku paling suka sama sego berkat,nggak tau suka aja..pokoknya kalo pas di Jawa,pas ibu pulang dari bowoh atau kenduren,mesti yang dicari berkatnya hehe

Reply
avatar
1 May 2016 at 15:21 ×

Di mall deket rumah ada resto Remboelan, menunya ada nasi berkat. Piringnya besarrr ada empalnya, tempe, sambel, urap, macem - macem. Enak deh mba. Kalo kata tanteku, kalau pesen itu harus diabisin semua biar dapet berkat hihihihihi.

Reply
avatar
Tatit
admin
1 May 2016 at 20:05 ×

Rasane enak wae ya mbak.Mungkin efek bar didoain

Reply
avatar
Tatit
admin
1 May 2016 at 20:06 ×

Waah ada restaurant dgn menu nasi berkat ya.Di daerah mana mbak? Kudu dicoba nih

Reply
avatar
Tatit
admin
1 May 2016 at 20:08 ×

Rasane enak wae ya mbak.Mungkin efek bar didoain

Reply
avatar