Masjid Al Abror Sidoarjo

Masjid Al Abror


Masjid Al Abror terletak di daerah Pekauman Sidoarjo. Masjid ini merupakan Masjid tertua di Sidoarjo. Masjid ini sudah beberapa kali mengalami renovasi. Letak masjid AlAbror sebenarnya berada di tengah pusat perekonomian kota. Daerah masjid Al Abror akan dijadikan kawasan religi dan karena letaknya bersebelahan dengan kampung Jetis . Kampung Jetis terkenal sebagai pusat batik Sidoarjo.


Masjid Al Abror, menurut cerita penduduk sekitar sebenarnya masjid Tiban atau Masjid yang sudah ada pondasinya tapi belum ada bangunannya. Masjid ini dibangun setelah 33 tahun pembangnan masjid Ampel Surabaya. Pembangunannya sekitar tahun 1678. Dibangun oleh Mbah Mulyadi, pengikut Pangeran Diponegoro.

Daerah Pekauman ini dulunya merupakan pusat Pemerintahan Sidoarjo. Masih ada kaitannya dengan sejarah berdirinya kabupaten Sidoarjo. Dulunya bernama Kadipaten Sidokare. Saat saya  berkeliling ke Masjid Al abror ini, ketemu dengan salah satu takmir masjid, beliau bercerita, walaupun masjid ini sudah mengalami beberapa kali renovasi namun pintu bagian Utara masih tetapa dipertahankan. Dulnya pintu ini merupakan pintu tembus dari rumah warga untuk menuju ke Masjid.Jadi bangunannya masih asli, dipertahankan kondisi cungkupnya melambangkan jaman kerajaan Majapahit.Dan tak seorang pun berani membongkarnya.

Pintu Utara yang dipertahankan, 


Pintu Utara kelihatan dari luar
Bangunan masjid Al Abror mempuyai  3 atap, kental banget dengan kultur Jawa, tiga atap menggambarkan Iamn, Ikhsan dan Islam.
Setiap hari ada tradisi ngaji kitab di masjid Al Abror, tradisi lain yang dipertahankan di masjid ini adalah buka bersama dan pengajian setiap bulan Ramadan.
Setiap bulan Ramadan, kawasan masjid ini ramai dengan penjual kue-kue buat buka Ramadan.


Dulu saat saya berjalan ke Masjid Al Abror ,merasakan kondisi jalannya yang semrawut. Karena di daerah sini juga terdapat pasar Jetis, pusat perbelanjaan serta pertokoan, dan pedagang kaki lima menggelar lapaknya. Alhamdulillah sekarang penataannya sudah lumayan rapi.Apalagi sekarang sudah ditata taman di depan masjid untuk mempercantik kawasan religi ini.

Semoga setelah ditata, kawasan religi Masjid Al Abror semakin nyaman buat wisata kota tua.:)






Pintu masuk lama kelihatan dari dalam











Bedug Masjid


Tempat Imam




Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments