Monumen Jayandaru, Ikon Baru Sidoarjo di Alun-Alun

Monumen Jayandaru Ikon Baru Sidoarjo di Alun-alun
Monumen Jayandaru, merupakan ikon baru yang baru saja dipasang di alun-alun. Sidoarjo mulai bebenah, alun-alun yang dulunya banyak pedagang kaki lima sekarang sudah bebas dari PKL. Mereka dipindahkan ke daerah GOR dan sebagian pedagang menggelar lapak di pasar kaget Gading Fajar.
Dinamakan monumen Jayandaru karena Jayandaru berarti wahyu kejayaan, PEMKAB Sidoarjo mengharap Sidoarjo mengalami masa kejayaan di masa datang.
Monumen Jayandaru ini bakalan jadi ajang selfie baru bagi warga Sidoarjo :). Apalagi alun-alun sekarang sudah dipasang beberapa gazebo yang bisa digunakan duduk dan berbincang dengan keluarga.  Di bagian depan alun-alun, berdekatan dengan monumen Jayandaru disediakan taman bermain buat anak-anak.

Walau awalnya monumen Jayandaru, pemasangan patung di bawahnya ini sempat menjadi polemik.Ada beberapa tokoh islam yang tak setuju dengan wacana patung tersebut. Sebab patung ini dianggap tak sesuai dengan kondisi Sidoarjo yang terkenal sebagai kota santri. Tokoh ulama Sidoarjo mengatakan kalau patung yang akan dipasang ini tidak sesuai dengan keberadaan lafadz Asmaul Husna di sepanjang jalan protokol Sidoarjo.Tapi monumen Jayandaru tetap dilanjutkan penggarapannya, bahkan sekarang tinggal finishing. Tinggi monument Jayandaru kurang lebih 25 meter.
9 patung yang mengelilingi  monumen Jayandaru ini melambangkan kehidupan agraris Sidoarjo.Patung nelayan, penjual jamu, maupun pak tani sedang menanam singkong, merupakan lambang  sebagian pekerjaan  masyarakat Sidoarjo.Patung tersebut merupakan CSR dari PT Sekar Laut.

Walau masih berpolemik, tapi masyarakat banyak juga yang menyambut keberadaan monument dengan antusias. Seperti disebutkan oleh Ibu Titut dan Mbak Ruth pengunjung alun-alun Sidoarjo saat Car Free Day Minggu kemarin. Katanya alun-alun semakin indah dan bisa jadi ajang foto-foto..Aku pun mengabadikan saat mereka berdua ingin difoto di bawah monumen Jayandaru.Mereka berdua lebih suka dengan desain alun-alun sekarang, lebih nyaman dan indah sekarang. Harapan mereka alun-alun Sidoarjo bisa dijadikan sarana murah rekreasi keluarga.
Pengunjung alun-alun Ibu Titut dan Rut

Aku perhatikan banyak juga muda mudi sempat selfie dengan ikon baru Sidoarjo ini.
Harapnku pun juga demikian adanya monumen Jayandaru dan pembenahan infrastruktur alun-alun di sana sini bisa dijadikan jujukan rekreasi murah meriah bagi keluarga . Semoga diimbangi dengan kesadaran pengunjung akan kebersihan.Biar sampah tak berserakan karena sudah disediakan beberapa tempat sampah. Andai kata kesadaran kebersihan pengunjung terjaga maka alun-alunku semakin cantik dan membuat pengunjung betah menghabiskan waktu di alun-alun.





Previous
Next Post »

22 comments

Click here for comments
4 February 2015 at 02:28 ×

Wah, ada taman bermainnya juga ya? Bagus untuk rekreasi keluarga. Semoga keindahan dan kebersihannya selalu terjaga, ya :)

Reply
avatar
HM Zwan
admin
4 February 2015 at 09:44 ×

wah,kalo ke sidoarjo harus mamir kesini..aku dulu sering bolak balik ke sidoarjo...tapi belum lihat yang ini,ya iyalah baru hehehe

Reply
avatar
4 February 2015 at 09:58 ×

aku belum pernah lihat mbak, mau mampir juga ntar :)

Reply
avatar
Tatit
admin
4 February 2015 at 10:42 ×

MAyuuk Mbak diagendakan sekalian kopdar mbak disitu enak buat nongkrong di pendoponya. Tinggal beli speedy instan 5000 bisa wifian hehehehe. Tak tunggu kunjungannya

Reply
avatar
Tatit
admin
4 February 2015 at 10:43 ×

Ayo diagendakanke sini Mbak kopdar lagi asyiiik. kontak aku ya kalau mau ke sini tak traktir ceker Lapindo :)

Reply
avatar
Ria Rochma
admin
4 February 2015 at 10:47 ×

terakhir mampir di alun-alun Sidoarjo, sekitar 3 tahun yang lalu, saat Idul Fitri. Dan sholat di masjid Jami'-nya. Adem banget masjidnya :)

Reply
avatar
4 February 2015 at 11:11 ×

Semoga diimbangi dengan kesadaran pengunjung akan kebersihan

Reply
avatar
Budi Smart
admin
4 February 2015 at 12:13 ×

ketinggalan deh, saya orang jawa timur tapi belum pernah ke sana. hehee

Reply
avatar
Tatit
admin
4 February 2015 at 12:21 ×

Sekarang sudah bersih dari kaki ima mbak kalau malam.silakan mampir

Reply
avatar
Tatit
admin
4 February 2015 at 12:21 ×

Ayooo silakan mampir dan selfie :)

Reply
avatar
4 February 2015 at 12:42 ×

aku belum ke sini Mak. Terakhir kali masih ada kawat atau apalah itu... waaah... kudu mampir iki :D

Reply
avatar
Tatit
admin
4 February 2015 at 12:44 ×

Silakan mampir mbak sebelum patungnya digusur :)
Kopdar lagi yuuuk dimari

Reply
avatar
Jogja Ready
admin
4 February 2015 at 13:56 ×

Bakalan tambah rame nih alun-alunnya...

Reply
avatar
4 February 2015 at 15:51 ×

wah keren banget mbak, itu baru apa dah lama mbak? keliatannta masih bersih banget kayak baru

Reply
avatar
Mas Marnes
admin
4 February 2015 at 15:55 ×

wah kalo buat Mbak Dwiex sih bisa jadi bakalan jadi target buat jalan-kalan tuh mbak :D

Reply
avatar
Tatit
admin
4 February 2015 at 17:23 ×

patungnya masih baru beberapa minggu

Reply
avatar
4 February 2015 at 18:30 ×

Saya belum kesini sama sekali. Semoga nanti bisa ya kesana.
Salam kenal dan sukses ya mak.
Liswanti627.blogspot.com

Reply
avatar
Ayunin Jafar
admin
5 February 2015 at 05:10 ×

Aku malah belum sempet selphie... btw bukan hanya rame buat rekreasi, tapi juga pacaran hahhaha :P

Reply
avatar
Dewi Rieka
admin
5 February 2015 at 10:30 ×

cakep patungnya yaa..nyeni mba...

Reply
avatar
mamad
admin
8 March 2015 at 12:58 ×

Sudah diturunkan. Semoga tanah air bersaksi, tegakkan keadilannya. Bhinneka Tunggal Ika termarginalkan. Ingat Indonesia bukan padang pasir.

Reply
avatar