Nikmatnya Oleh-Oleh Khas Banjarmasin

Salah satu oleh-oleh khas Banjarmasin :Abon ikan gabus/Haruan
Setiap kali pulang dari dinas luar kota, suamiku tak lupa bawa oleh-oleh makanan khas dimana dia ditugaskan. Kali ini my bojo baru pulang dari Banjarmasin.Sebenarnya ada beberapa barang yang bisa dijadikan buah tangan dar Banjarmasin. Ada kain batik sasirangan, dodol, batu mulia dari Martapura, amplang, dll. Karena my bojo tahu kalau aku doyannya makan, dan tak begitu suka dengan kain batik . (hahahaha...tahunya batik ya daster aja :P). Dan tahu kalau aku sudah sering mendapat oleh-oleh kalung, atau gelang dari Martapura . Semua itu dapat gratis dari saudara atau teman yang berkunjung ke Martapura, tapi kalung dan gelang hanya berakhir di lemari saja ta pernah ak pakai. :). Makanya my bojo kali i hanya bawa oleh-oleh cemilan khas dari Banjarmasin.Oleh-oleh khas dari Banjarmasin yang beliau bawa ada amplang, abon ikan gabus/haruan, kopi bubuk, kerupuk itik alabio, kerupuk ayam kampung dan ikan saluang goreng tepung.

1.Amplang
amplang ikan tenggiri
Amplang sebenarnya asejenis camila kerupuk yag terbuat dari tepung kanji dan ikan tenggiri serta bumbu rempah. Rasa amplang yang gurih membuatku nagih dan tak berhenti mengunyah. :). Apalagi ketika dinikmati sambil nonton TV, wedew gagal deh revolusiku untuk diet kalau sudah ketemu si amplang ini. Bentuk kerupuk ikan amplang ada yang bulat, seperti kuku macan atau pun agak panjang pipih. Kali ini my bojo bawa yang bentuk bulat.

2.Abon ikan Gabus Haruan
Abon Ikan Gabus/ Haruan
Rasa dari abon ikan gabus ini tak kalah dengan abon ayam, sayang anakku lebih suka dengan abon ayam daripada abon ikan gabus. Ikan gabus sangat banyak terdapat di rawa-rawa Kalimantan, ikan ini diambildagingnya lalu dibumbu rempah-rempah.

3.Kerupuk itik Alabio dan kerupuk ayam kampung.
Kerupuk itik alabio dan kerupuk ayam kampung
Kerupuk itik alabio dan kerupuk ayam kampung baru kali ini saya icip. Rasanyasih gurih gitu, tapi kok dagng ayamnya nggak kelihatan, mungkin karena dagingnya sudah digiling lembut dan dicampur dengan tapioka jadi tak terlalu kelihatan dagng ayamnya. ah apa pun teryata bisa menghasilkan uang jika kreatifmenggunakan ide. La wong di Jawa aku tahunya cuma bebek goreng, aayam goreng atau penyet. Ini itik dan ayam kampung malah dibikin cemilan Wow bangetlah :)

4. Ikan Saluang Goreng Tepung
Ikan saluang goreng tepung


Ikan saluang goreng tepung ini juga favorit suami dan anak-anakku. Ikannya kecil  terasa gurih dan renyah . Ikan saluang katanya didapat juga dari rawa. Kandngan proteinnya tinggi. Rasa yang renyah karena balutan tepngnya sungguh menggoyang lidah. Apalagi jia dimakan dengan nasi hagat dan sambel bawang , mertua lewat serasa tak ingat :)

Itu tadi bebrapa oleh-oleh has Banjarmasin yang dibawa my bojo. Nikmatnya sunggu menggoyang lidah apalagi kalau diberi gratisan hahahahaha. Hadew kok masih ngarep gratisan di harigini. Beli dong, kalau mau gratis mimpi dulu.
Previous
Next Post »

6 comments

Click here for comments
20 February 2015 at 13:50 ×

wah enak banget nih..minta donk :)

Reply
avatar
Tatit
admin
20 February 2015 at 14:03 ×

Hahahaa, sory mbak Dwi, wis kedisikan tetangga sebelah :)

Reply
avatar
Ugik Madyo
admin
20 February 2015 at 14:18 ×

Mak, sambel e udah siap. Tinggal ikan saluang dilempar kesini haha *lap iler

Reply
avatar
sariwidiarti
admin
21 February 2015 at 11:03 ×

kirim sini dong maaaaaaak :)))

Reply
avatar
21 February 2015 at 11:36 ×

Bisa Coba Abon Ikan Bajo Khas Lombok, Rasanya nikmat dan bergizi :-)
abonikanbajo.com

Reply
avatar