Rengginang Lorjuk Oleh-oleh Khas Madura

Rengginang Lorjuk
Tahu rengginang bukan?di Indonesia ada beberapa penghasil rengginang yang enak seperti daerah Cirebon, Sidoarjo, Jombang maupun Bojonegoro. Rengginang sangat cocok buat camilan . Di daerahku kalau ada pesta hajatan Mantu maupun khitanan, rengginang selalu tersedia di meja buat hidangan para tamu. Rengginang juga cocok buat oleh-oleh.Salah satu rengginang yang cocok buat oleh-oeleh yaitu rengginang lorjuk produk Madura. Bahan utama rengginang lorjuk antara lain beras ketan, terasi khas Madura, bumbu rempah dan lorjuk serta campuran udang rebon.


Lorjuk merupakan sejenis kerang yang banyak dijumpai di kepulauan Madura, di daerah pantai Kenjeran Surabaya dan  di daerah Sidoarjo.Untuk wujud kerang lorjuk seperti apa silakan ini dia wujudnya.Lorjuk sering juga disebut kerang bambu.
Lorjuk bisa dijadikan aneka olahan, digoreng ryspi atau ditumis pedas, hmmm lezat dan gurih.
Gambar diambil dari sini
Rasa rengginang lorjuk yang gurih bikin kami nagih.Sampai-sampai  pas Mbak Dwiex Someo membawa rengginang lorjuk pas acara halal bihalal KEB (Komunitas Emak Blogger) di rumahku, rengginang ini jadi rebutan hahahaha.:)
Biasanya aku juga beli rengginang lorjuk di Pasar Larangan Sidoarjo lalu menggorengnya sendiri.
Kemasan rengginang lorjuk yang ada di Pasar ada kemasan mika kecil dan plastik besar, kemarin aku beli yang emasan kecil Rp 9000,00 sedangkan yang plastik bear seharga Rp 26.000,00.Terkadang malah beli yang sudah mateng tinggal lep di toko oleh-oleh Mitra. Tapi habis lihat postingan di blognya mbak Dwi, Tips Menggoreng renggginang lorjuk. Aku sering beli rengginang lorjuk yang mentah lalu aku goreng sendiri buat kesibukan. Maklum simbok rumahan :)

Langkah-langkahnya persis plek ketiplek yang disebutkan di blognya Mbak Dwie, dan hasilnya emang bisa mekar. Makasih ya mbak Dwi atas tipsnya.
Aku jadi bisa menggoreng rengginang lorjuk :). Kelihatannya hanya tnggal goreng saja dan mudah kan?Kalau tak tahu tekhniknya pasti ngletis alias kemlingkingen atau nggak bisa mekar buuu. Hasilnya keras gitu. Setelah baca di tipsnya mbak Dwi, rengginang lorjukku pun jadi mekar hahaha




Previous
Next Post »

6 comments

Click here for comments
7 February 2015 at 07:40 ×

waaa...sedepnya...makasih banyak mbak Tatit...mak lep banget tuh...

Reply
avatar
Tatit
admin
7 February 2015 at 07:46 ×

Iya mbak buat cemilan di saat hujan. trims ya sharing tipsnya.

Reply
avatar
7 February 2015 at 21:43 ×

Lorjuk..? Saya baru tau mbak..ternyata sejenis kerang ya..? Makasih infonya mbak..jadi tau..hi..hi :)

Reply
avatar
8 February 2015 at 19:54 ×

Kalau pas nybrang di Suramadu saya sering makan rengginan itu mba, apalagi kalau untuk nyemil bisa kenyang deh... he,, he, he,,

Reply
avatar
8 February 2015 at 21:21 ×

aku mauuuu...seneng banget rengginang..biasanya dapet dari purwakarta, dari saudara-saudara di sana...tapi kalau dari lorjuk pasti lebih gurih yaa..

Reply
avatar
9 February 2015 at 06:56 ×

Saya suka banget rengginang. Apalagi jika dimakan menemani minum teh pas hujan. Nikmat banget bersama keluarga sambil nonton TV.

Reply
avatar