Sambel Petai

Sambel Pete

Siapa yang nggak kenal sambel?Makan tanpa sambel rasanya tak afdhol. Jika ada sambel dan nasi putih hangat nan pulen, lauk tempe pun bisa menghabiskan sebakul nasi. Sambel bahan utamanya si cabai.Indonesia kaya akan lahan sambel  Salah satunya sambel pete.
Pete mempunyai bau yang khas, dapat diolah dengan digoreng, dilalap maupun sebagai campuran sambel goreng. Hmmm walau bau tetap saja banyak penggemarnya lho :). Sambel pete, biasanya dimakan dengan ditemani nasi hangat dengan ayam goreng atau tahu dan tempe goreng.
Aku mengenal sambel pete dari Bapak mertua.


Bahan Sambel pete
Pete satu papan, kupas dan bersihkan dari kulit arinya.
8 buah cabai rawit
5 buah cabai merah
1 buah Tomat
Terasi secukupnya
3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
Garam ½ sendok teh
Gula pasir 1 sendok teh
1/2 sendok makan kecap
Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Cara Membuat:
1.      Goreng cabai rawit,cabai merah,bawang merah, bawang putih,dan tomat hingga layu. Angkat dan tiriskan.
2.      Haluskan bahan – bahan yang sudah digoreng dengan cobek. Goreng kembali hingga berubah warna.Tambahkan kecap sedikit lalu diaduk sampai rata.
3.      Masukkan pete aduk rata, tunggu hingga pete setengah matang. Angkat dan sajikan.
4. Sambel pete siap dihidangan.

Jika ingin membuat kreasi sambel pete dengan bahan teri medan, tiggal tambahkan teri medan yang sudah digoreng lalu campur bersama petenya dan diaduk sampai rata. Masaklah sambel pete dengan menggunakan api kecil, agar aroma pete agak hilang.
Selamat mencoba sambel pete, untuk pedasnya sesuaikan selera ya...tinggal tergantung jumlah dari cainya. Karena aku ta begitu suka pedas jadi cai rawit hanya 8 saja. :)




Previous
Next Post »

6 comments

Click here for comments
8 February 2015 at 20:56 ×

wah kalo sambel mah saya suka banget mbak, cuma kalo sambel pete kayaknya blom pernah nyobain nie :)

Reply
avatar
8 February 2015 at 21:19 ×

aduuuuh menggiurkan sekali maak..di sini susah cari pete hehehe

Reply
avatar
IQROZEN
admin
9 February 2015 at 05:40 ×

Aduh saya minggir dulu deh kalo ngebahas petai, bukannya kenapa cuma belum sreg saja berhubungan dengan jenis makanan yang satu ini...

Reply
avatar
9 February 2015 at 17:05 ×

Wah..kalo sambel petai ini jadi menu teman makan, dijamin nambah nasi berkali-kali nih... :)

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
18 February 2015 at 10:35 ×

Aku ngga syukaaaaa :(

Reply
avatar