SundaySharing #2 Surabaya Social media dan Personal Branding

Peserta SundaySharing Sby ke 2 selfie ria setelah acara
Minggu kemarin di kantor Transmedia jl Opak 12 diadakan Sunday Sharing Surabaya ke 2. Temanya sungguh menggelitik dan membuatku rela naik bis kota dari Sidoarjo ke Surabaya,untuk mengais ilmu ke sana. Temanya kali ini tentang Social Media dan Personal Branding. Pematerinya Mas BUkik Setiawan dan Mbak Nysa Pratiwi.
Mas Bukik ini mantan dosen Psikologi di Universitas Airlangga, lalu murni ngeblog dan menggunakan social media untuk kampanye dunia pendidikan, dan dari social media ula dia mendapatkan pekerjaan.Saat beliau menjelaskan dia resign dari dosen itu aku agak nganga. What? pekerjaan sudah mapan ditinggal?Ternyata sebelum meninggalkan pekerjaan beliau sudah memperhitungkannya dan seijin istrinya. "Setiap pekerjaan mempunyai resiko, dan setiap mendapat resiko kita harus bisa menghadapi dan mempertanggungjawabkannya." Kata beliau.

Berdasarkan penjelasan mas Bukik yang sempat aku tangkap, sebenarnya yang dimaksud dengan personal branding itu apa yang dikatakan orang tentang kita.
Jika kita ingin dikenal sebagai blogger, pakailah nama blog yang singkat agar gampang diingat dan kalau bisa memakai domain.

Personal branding bisa melalui blog maupun menulis buku.Ketika kita ingin dikenal sebagi blogger, pilihlah satu tema untuk blog ita, kalaupun blog kita campur-campur tidak apa-apa. Tapi lebi baik yang spesifik.Bikinlah content yang unik dan lain dari yang lain, kalau perlu bikinlah ebook untuk menambah port folio kita. Lalu tambahkan ke dalam blog e-book dan soundcloud atau video.
Kita ingin dikenal sebagai siapa dan kita bisa merancangnya kata Mas Bukik. Dan itulah nanti kita temukan branding kita.Lalu share lewat social media, dengan bergabung melalui komunitas-komunitas yang berbakat maupn komunitas yang secara ekosistem sesuai dengan minat kita.
Dan apa pun personal branding kita, kita harus bisa mempertanggungjawabkannya.
setelah Mas Bukik memaparkan materinya, dilanjutkan dengan tanya jawab.
Mas Bukik memberikan materi.
Hampir dua jam Mas Bukik memberikan materi tanpa terasa,Tahu-tahu hampir dzuhur aja, giliran Mbak Nysa Pratiwi dari Sekawan Creatif memberikan materi.

Mbak Nysa Pratiwi memeberikan materi Simple Branding Through Digital Marketing.
Intinya kita bisa melakukan branding dengan simple melalui market dunia maya. Untuk mengetahui target prioritas dan segmentasinya seperti apa kita bisa mencari lewat media social seperti FB atau Twitter, lalu kita bisa bikin content blog.
Tentukan target lalu pecah sesuai kebutuhan, tulis sesuai dengan visi, misi danjiwa serta passion kita.
Lakukanlah inovasi sesuai dengan branding masing-masing, lakukanlah riset secara online maupun konvensional.

Misalnya branding agen kita tentang tepung sehat. Jika kita sebagai zzer dari brand tepung sehat tersebut, kita harus memikirkan apa yang akan tulis dalam kontent kita selama semingu, begitu juga dengan twitter, ikirkanlah apa yang akan kita twit dalam seminggu itu.

Ah, perutku mulai bunyi kriuk -kriuk dan aku tak bisa konsentrasi dengan yang paparan berikutnya, emang dasarnya otak lola.:) Maka hanya seupil aja yang bisa aku tangkap. Hahaha....maafkan ya teman jika masih banyak kekeurangan dalam mengulas hal ini. Semoga tulisan seuprit ini bermanfaat, jika ada tambahan atau koreksi silahkan ditambahkan di komentar ya, biar aku koreksi tulisanku. :)

Sebelum acara ditutup, diumumkan pemenang livetwittnya. Dan pemenangnya Niar Ningrum, si cantik dengan senyum gingsulnya yang khas dan ngangeni. :) mendapatkan sebuah buku dari Mas Bukik.
Niar Ningrum pemenang livetwit
Yang jelas  datang di Sunday Sharing Surabaya dengan tema Social Media dan Personal Branding ini menambah wawasanku dan menambah silahturahmi dengan teman sesama blogger. Asyiiik sroook. Kudoakan Mas Bukik dan Mbak Nisa yang telah sharing ilmunya mendapatkan rejeki melmpah dan kemudahan dalam segala hal.

Previous
Next Post »

6 comments

Click here for comments
24 February 2015 at 08:18 ×

enak ya bisa berkumpul seperti mereka

Reply
avatar
24 February 2015 at 08:33 ×

asik ya mbak, kita bisa dapat ilmu :)

Reply
avatar
HM Zwan
admin
24 February 2015 at 09:17 ×

ah seru banget SSnya....makasih mbak sharingnya^^

Reply
avatar
24 February 2015 at 10:52 ×

thanks sharenya mak ;)

Reply
avatar
25 February 2015 at 09:57 ×

Disclaimer-nya nggak jadi ditulis ya, Mbak. :)

@nuzululpumya

Reply
avatar
Tatit
admin
25 February 2015 at 10:30 ×

Nggak jadi Pak, setelh mendengar penjelasan dari panjenengan. Makasih Pak.Tutorialnya. :)

Reply
avatar