Kue Rangin Rasa Keju

Kue Rangin Rasa keju
Kue rangin biasa disebut juga sebagai kue pancong. Kalau kue pancong dari Jakarta rasanya gurih manis, manisnya dari gula Jawa. Kalau kue rangin rasa keju  yang saya temui di Sidoarjo ini rasanya cenderung gurih.
Kue rangin sebenarnya jajanan tradisional yang sudah mulai jarang ditemui. Biasanya kue rangin dijual dengan memakai pikulan.Kue rangin yang dijual memakai pikulan, pilihan rasanya hanya original saja. Lalu ditaburi gula pasir. Bapak-bapak yan jual dengan memakai pikulan ini sering saya jumpai setiap Minggu pagi di GOR Sidoarjo atau Alun-alun Sidoarjo.

Tadi pagi, habis dari beli bensin  saya muter ke Alun-alun, eh pas di depan Indomaret depan kantor Pos, nemu gerobak kue rangin rasa keju ini. MAka aku ppun ingin mencicipinya. Sekitar pukul setengah sepuluh tadi, saya lihat abang-abang sudah membuat kue rangin. Wuiiih kemebul dan aroma gurih dari kelapa yan dicampur adonan membuat hidungku kembang kempis kayak mulut ikan. :)

Sehari penjualnya bisa menghabiskan adonan sebanyak 6 kg terigu. Adonannya terdiri dari campuran tepung terigu dan tepung beras serta kelapa. Sebaris kue rangin rasa keju ini dihargai Rp 8000,00. Cukup ramah di kantong bukan? Dulunya si penjual berjualan dengan cara dipikul di daerah GOR. Lalu menabung dan mendapat bantuangerobak akhirnya si abang penjual menjajakan kue rangn rasa keju ini dengan gerobaknya di depan kantor pos. Satu lagi adiknya berada di depan kantor BRI Jl. Yani Sidoarjo.

Cara pembuatannya bagiku unik, cetakan dioles mentega, lalu adonan dituang sampai rata di cetakan. Setelah matang dicukit memakai kawat bentuk agak bengkok gitu.Setelah kue rangin matang, lalu ditaburi dengan parutan keju.

Kawat pencukit.


Hmmm, kue rangin rasa keju ini cocok dinikmati selagi hangat. Rasanya gurih dan nendang di lidah.Yang saya bawa pulang dikemas dengan dus, masih ditambah sebungkus kecil gula pasir. :) nyam...nyaaam. enaknya.




Previous
Next Post »

15 comments

Click here for comments
HM Zwan
admin
11 March 2015 at 15:12 ×

yang original aja udah enak bangettt apalagi pake keju,heumm...

Reply
avatar
11 March 2015 at 15:18 ×

rangin yg beginian yg aku suka...sukaa banget :)

Reply
avatar
11 March 2015 at 19:37 ×

pas buat musim hujan ni mak ya...

Reply
avatar
Tatit
admin
12 March 2015 at 09:16 ×

Betul.gurih..gurih nyoiii.:)

Reply
avatar
Tatit
admin
12 March 2015 at 09:16 ×

Kalau main ke sidoarjo tak traktir mbak dwi.

Reply
avatar
cesandutty
admin
12 March 2015 at 13:32 ×

Mbaakkk itu jajanan kesukaan saia sejak kecil, uwenaaaakkk :D

Reply
avatar
12 March 2015 at 17:39 ×

Sejak kecil sampai sekarang kalau ke pasar, aku masih suka beli kue rangin. Kesukaan suamiku juga.

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
15 March 2015 at 17:04 ×

Kalok di Medan namanya kue pancung, Mbak :D

Reply
avatar
maz muiz
admin
17 March 2015 at 20:32 ×

Waah jadi tertarik nih ke sidoarjo makan kue ringan rasa keju... kan dket dari malang...

Reply
avatar
nahlbee
admin
17 March 2015 at 23:23 ×

wih dari gambarnya kayaknya enak banget tuh gan, pengen nyobak nih (y)

Reply
avatar
Anonymous
admin
8 April 2015 at 15:46 ×

Salah satu kue kesukaan ku..hm..kalo main ke rumah Tatit, banyak yg di pingini...kue rangin, kue lumpur, bandeng asap...huuaaa....ndut...

# Ning-Taman Aloha#

Reply
avatar
30 April 2015 at 15:43 ×

kue rangin rasa keju?
wah keliatannya enak nih..jadi pngn nyobain kue ranginnya :D
Rekor yang pecah di Liga Champions 2015

Reply
avatar
mamad
admin
29 July 2015 at 14:56 ×

kalau aku waktu kecil namanya surabi..
tp wktu aku besar malah jadi kue rangin..hehe

Reply
avatar