Oleh-Oleh Khas Kediri :Tahu Kediri

Oleh-oleh Khas Kediri Tahu Kediri

Jika berkunjung ke Kediri, oleh-olehnya yang terbersit di kepala pasti tahu. Oleh-oleh khas Kediri selain tahu , ada juga getuk pisang dan stik tahu.Tahu Kediri sering juga disebut tahu takwa, teksturnya  kenyal dan warnanya  kuning. Tahu Kediri ada 2 yang warna putih dan kuning. Yang warna kuning, proses pembuatnnya, tahu putih kemudian direbus dengan kunyit dan garam yang sudah dihaluskan. Jadi tahu kuningnya sudah ada rasanya jadi bisa langsung dikonsumsi. Tekstur tahu kuning yang kenyal dan gempi sangat cocok untuk olahan cah tahu, tahu kecap, atau bakmoy.Kalau digoreng setengah mateng dan dicocol sambel kecap yummy. :)
Cita rasa dari tahu Kediri rasanya yang gurih dan tak masam, aromanyasudah tercium gurihnya. Jika digoreng bagian luarnya krispi namn bagian dalemnya masih tetep lembut.

Sejarah Tahu Kediri
Tahun 1900, Indonesia terjadi migrasi warga Tiongkok ke Indonesia. Beberapa diantaranya memasuki wilayah Kediri. Tiga dari imigran, yang masuk ke Kediri, merupakan pelopor pembuatan tahu.Namanya Lauw Soe Hoek yang lebih dikenal sebagai Bah Kacung, Liem Ga Moy, dan Kaou Loung. Sampai saat ini, generasi penerusya masih melanjutkan usaha pembuatan tahu kecuali generasi Kaou Loung.Mengapa Kediri dipilih sebagai lokasi pembuatan tahu? konon kabarnya karakteristik air di Kediri mempunyai kesamaan dengan yang berada di Tiongkok. Jenis air sangat mempengaruhi terhadap hasil akhir.

Tahun 1912, Bah Kacung mulai merintis usaha tahunya, sedangkan Liem Ga Moy  memulai usahanya sejak tahun 1948.Namun usahanya baru dikenal tahun 1950. Saat ini usaha Bah Kacung diteruskan oleh putra-putranya. Dan mereka masih menjaga kualitas tahunya. Berkat kerja keras merekalah hingga sampai saat ini Kediri dikenal sebagai kota Tahu.

Proses produksi pembuatan tahu Kediri masih menggunakan cara tradisonal dengan menggunakan peralatan yang masih terbuat dari kayu dan batu, dan menggunakan tenaga manusia. Cara ini katanya membuat cita rasa tahu lebih gurih. Toko yang masih menggunakan tahu secara tradisional hanya toko Bah Kacung.

Sampai saat ini ada beberapa tok yang menjual Tahu Kediri dan katanya sih masih generasi penerus 3 pelopor industri tahu di Kediri tersebut. Oleh-oleh khas Kediri:tahu kediri memang tiada duanya dan anda dapat mendapatkannya di setiap toko oleh-oleh di Kota Kediri.

Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
9 March 2015 at 16:44 ×

Tahu Kediri memang sudah terkenal ya...Kalo di Bandung, yang terkenal Tahu Lembang mbak..teksturnya lembut, tidak kenyal. Lembut karena terbuat dari susu sapi. Gurih deh rasanya.

Reply
avatar
10 March 2015 at 22:07 ×

Hihi...I like all about tofu mbk....

mjokerto-kediri lumyan deket ^_^

Reply
avatar
10 March 2015 at 22:47 ×

Belom pernah nyicipin tahu kediri mbak, duh bikin ngiler :)

Reply
avatar
Chelin 1995
admin
11 March 2015 at 05:49 ×

mbak orang kediri to? saya orang kediri, tapi jarang makan tahu kediri... hehee

Reply
avatar
26 April 2017 at 13:24 ×

Seneng banget makan Tahu Kotak Digoreng enakkk

Reply
avatar