Pengertian Domain Dan Hosting

Kira-kira akhir Februari lalu, seorang teman nulis status menanyakan siapa yang blognya sudah ganti domain.Karena akan diusulkan ke salah satu agen supaya dapat job review.Diriku yang sudah lama ingin ganti dari blogspot yang gratisan ke berbayar semakin semangat buat ganti domain.Tapi dari hati yang paling dalam saya galau juga sih, secara blogspot saya sudah saya daftarkan di adsense, nanti bagaimana nasib adsense saya?akhirnya tanya sana sini dan berhasil kenan komporisasi dari teman-teman grup KEB Surabaya yang kece badai. Akhirnya bismilla saya mantapkan ganti domain. Cari info dari beberapa teman dan konsultasi dengan suami yang memang orang IT. Suami juga mengijinkan untuk mengganti domain. Ladalah saya yang gaptek akhirnya dibikin pusing ketika suami menanyakan mau beli domain dan hosting sekalian atau domain saja?:(
Dari situlah saya bertanya ke Mbah google apa sih pengertian domain dan hosting?


Pengertian Domain
Yang dimaksud dengan domain menurut sepemahaman saya diibaratkan sebuah alamat. Domain berdasarkan yang saya baca di Wikipedia mempunyai arti nama unik yang diberikan server komputer seperti web server atau email server di internet. Domain akan memberikan kemudahan bagi pemakai internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server/web yang dikunjungi dibandingkan harus mengenal deretan nomor atau yang dikenal IP.
Nama domain sering juga disebut dengan istilah URL atau alamat website.

Sedangkan pengertian hosting diibaratkan sebagai rumah tinggal. Jadi hosting adalah untuk menyimpan file yang nantinya akan ditampilkan di website.

Setelah browsing pengertian domain dan hosting di ntermet, saya memutuskan hanya membeli domain dulu. Nanti baru beli hosting :). Tararaaaa, kompor anak-anak melduk buat ganti domain. pesan teman-teman sih, kalau mau ganti domain cari nama yang mudah diingat atau sesuai dengan KTP aja. Maka per 26 Februari lalu Rumah Maya Tatit berganti domain tatitujian.com. Walau resiko adsense tak muncul ntar kan bisa daftar lagi. Asal kita konsisten posting dulu katanya begitu. Thanks teman-teman atas sharingnya dan komporisasinya. Big Hug for you.
Previous
Next Post »

13 comments

Click here for comments
cesandutty
admin
6 March 2015 at 10:08 ×

Saia belum ganti domain ni hiks, mudah2an dalam waktu dekat bisa terlaksana

Reply
avatar
6 March 2015 at 13:07 ×

jadi tambah tau nich tentang Pengertian Domain Dan Hosting makasih infonya mbak

Reply
avatar
HM Zwan
admin
6 March 2015 at 13:59 ×

lebih simpel pengertiannya,jadi tambah tau..^^

Reply
avatar
6 March 2015 at 15:12 ×

mba...boleh dong share belinya dimana dan prosesnya bagaimana

Reply
avatar
Asep Haryono
admin
6 March 2015 at 21:53 ×

Ada banyak perusahaan sewa domain dan hosting Salah satunya ada di Jogjakarta. Kalau saya sebut nanti bisa dikira IKLAN Heihiehiee. Mau tau detl sea di mana dan bagaimana prosesnya, mba Kania bisa kontak saya . JAPRI

Reply
avatar
Tatit
admin
7 March 2015 at 12:43 ×

Makasih kang asep udah bantuin jawab.jangan2 perusahaan yg sama dgn saya beli domain. :)
Cs nya sabar :)

Reply
avatar
7 March 2015 at 13:34 ×

Seru juga ya kalau prosesnya panjang. karena banyak belajar semuanya sih memiliki kelebihan dan kekurangan tergantung kita saja yang mengoperasikannya. Terimakasih sudah berbagi pengalaman, semoga saya bisa banyak belajar dari artikel ini.

Reply
avatar
Adi Pradana
admin
7 March 2015 at 15:45 ×

Selamat mbak, domain baru, wajah baru

Reply
avatar
7 March 2015 at 18:04 ×

idem mbak..aku juga beli domain aja, hostingnya nempel ama BS :) sesuai saran ikye yang unyu2 tho mbak :) Congrat ya, menikmati rumah baru ;)

Reply
avatar
Nailul
admin
7 March 2015 at 20:05 ×

Makasih ilmunya mbak,salam kenal

Reply
avatar
Dewi Rieka
admin
8 March 2015 at 19:31 ×

selamaat...semoga makin berkah aamiin...

Reply
avatar
12 March 2015 at 14:19 ×

wah mba tati ganti domain, semoga aku segera menyusul. aku sih masih galau ama template ahahaha

Reply
avatar