5 Cara Agar Hidup Bahagia

Sering kali saya mendapat inbox. "Mbak kok hidup sampeyan kelihatannya bahagia terus ya. Nggak pernah sedih . Aku biasanya hanya jawab dengan :). Sebenarnya saya sering juga sedih atau down, tapi saya sebisa mungkin tidak saya perlihatkan di dunia maya. Terutama nyetatus di FB atau di grup-grup WA atau BBM. Sedapat mungkin saya ingin menebarkan hal yang positif saja untuk hal yang sedih cukup saya simpan. Kalau pun saya bagi,  paling ke suami atau menangis di tengah malam di hamparan sajadahku.
Konsep bahagia setiap orang pasti berbeda dan tergantung bagaimana cara kita mengelola rasa. Kadang bahagia itu sederhana, yup saya sering nyetatus  ini. Kebahagian -kebahagian kecil yang bisa membuatku bahagia. mungkin bagi orang lain hal  kecil namun hal kecil itu bisa menimbulkan kebahagiaan bagi diri saya. Kebahagiaan itu bisa diciptakan dari kita sendiri kok (menurutku lho ya). Nah berikut 5 cara agar hidup bahagia ala saya :


1. Selalu bersyukur
Apapun kejadian yang menimpa saya selalu saya syukuri. Ketika saya gagal atau keinginan tak sesuai harapan, selalu saya ucapkan alhamdulillah. Saya alihkan pikiran tentang kegagalan saya ke hal yang lebih positip. Kecewa , pasti. Tapi tak akan kubiarkan berlarut, karena masih banyakorang yang lebih kurang dari yang saya alami. Saya fokuskan pikiran ke hal yang lebih baik yang pernah saya alami.

2. Tak usah berpikir ribet (Berpikir secara sederhana)
Ritual pagi hari ketika bangun tidur yang saya lakukan adalah minum seglas air putih lalu saya lanjutkan dengan mandi dan dilanjut dengan secangkir teh atau kopi. Kebiasaan sepele yang saya lakukan tiap pagi ini sudah bisa membuatku bahagia apalagi ketika melihat senyuman anakku dan melihat anak-anak  selalu sehat. Yup ketika saya bisa melihat atau melakukan hal sepele yang saya sukai maka hal inilah yang bisa membuatku bahagia. Lakukanlah hal-hal ringan secara rutin yang bisa membuat anda bahagia. :)
Mungkin memberikan sedekah senyuman kepada tetangga juga bisa membuat anda bahagia.

3. Berbagi
Pernah kan melihat seseorang yang memancarkan kebahagiaan yang tulus tanpa dibuat-buat dengan senyumannya? Nah hati kita saat melihat orang itu pasti juga terkena aura positif ikut bahagia dan tak dapat dilukiskan dengan kata-kata. Berbagi bukan hanya berwujud materi. Bisa saja sebuah nasehat, senyuman maupun ilmu. Yuk mulai berbagi dan tebarlah kebahagiaan di sekitar kita.

4.Berkumpul dan menghabiskan waktu dengan orang-orang yang menyayangi kita
Berkumpul dengan keluarga atau kawan-kawan yang menebarkan hawa positif, selalu mendukung kita dengan tulus dan tanpa pamrih. Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan dengan keluarga atau kawan di sekeling anda. Misalnya nonton, window shoping atau pun sekedar ngopi. Berkumpullah dengan teman yang sehobi, misalnya hobi kuliner, ya kita bisa ajak teman menikmati kuliner yang terbaru di kota anda. Jika hobi mancing atau jalan-jalan, bisa ajak keluarga atau kawan hang out bareng jelajah kota. :)

5.Lihatlah Yang Hijau
Berhubung saya suka tanaman, maka ketika melihat ke taman melihat  bunga anggrek atau sembojaku berbunga sudah membuatku bahagia. Karena hijau dan bunga yang beraneka ragam itu ketika melihatnya jadi teduh dan adem. Sesekali menanam tanaman obat . Apa yang kita tanam lalu tumbuh serta berbunga itu, perasaanku menjadi senang. Jerih payah memupuk, menyemai, maupun menyiram terbayar sudah ketika tanamanku hidup dengan subur. Apalagi melihat tanaman yang kutanam ini bisa bermanfaat bagi orang lain.

Kelima cara agar hidup bahagia di atas adalah hanya cara bahagia secara sederhana menurut versiku, mungkin pembaca mempunyai konsep hidup bahagia yang lain silakan tulis di komentar.

Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
16 April 2015 at 09:24 ×

makasih tipsnya mba...semoga kita ermasuk orang yg bahagia dunia akhirat

Reply
avatar
Tatit
admin
16 April 2015 at 10:34 ×

Mbak aku tadi mau komentar di blognya mbak kania buat ikutan GA.nggak bisa krn internet lelet :(

Reply
avatar