5 Makanan Khas Sidoarjo

Setiap daerah mempunyai makanan khas yang bisa diicip maupun dibawa sebagai oleh-oleh. Maraknya wisata kuliner sekarang ini, Sidoarjo juga mempunyai makanan khas yang bisa jadi destinasi para wisatawan. Ada beberapa makanan khas  Sidoarjo yang unik dan minta diicip, yaitu:


1.Bandeng Asap
Masyarakat Sidoarjo, mata pencahariannya kebanyakan  petani. Terutama petani tambak udang dan bandeng. Bandeng dan udang bahkan menjadi ikon Sidoarjo. Aneka olahan bandeng dan udang bisa jadi oleh-oleh untuk dibawa wisatawan yang berkunjung. Bandeng asap merupakan salah satu makanan khas Sidoarjo.Warnanya yang kuning kecoklatan dan aroma asap itulah yang menjadikannya ciri khas.Bandeng asap merupakan salah satu industri rumahan, dan jika anda ingin membawanya pulang untuk oleh-oleh bisa didapat di toko oleh-oleh Mitra atau Tanjung di Jl.Mojopahit Sidoarjo.

2. Lontong Kupang
Gambar dari wikipedia
Jika berkunjung ke Sidoarjo belum lengkap rasanya bila belum makan lontong kupang. Di daerah Gedangan Sidoarjo terdapat bursa kupang lontong.Kupang merupakan jenis kerang laut ukurannya sangat kecil, warnanya putih. Olahan Lontong kupang terdiri dari irisan lontong, lentho dan siraman kuah kupang.  Sebelum dihidangkan, bawang putih , cabe dihaluskan dan ditambahi dengan petis kupang diberi perasan air jeruk nipis, lalu disiram dengan air rebusan kupang. Makan lontong kupang biasanya ditemani dengan sate kerang dan minumannya es degan.


3. Ceker Lapindo
credit

Bencana lumpur Lapindo di sidoarjo sejak tahun 2006 silam, memberikan inspirasii Bu Nani untuk membuka warung khusus ceker dan memberikan nama masakannya ceker Lapind. Ibu Nani meberi nama ceker Lapindo, karena sesnsai pedas dari cekernya. Setiap orang yang menikmati ceker Lapindo yang tingkat kepedasannya sungguh "Wow", Bagi wisatawan, setelah menikmati ceker lapindo ini akan kepedasan dan mengeluarkan keringat, bagai kena uap panasnya lumpur Lapindo ::)
Mbak Nani memang kreatif dan bisa menangkap peluang. ceker Lapindo bisa anda dapatkan di sebelah LP sidoarjo. Daerah Alun-alun atau sebelah Barat GOR dekat dengan SMP 1 Sidoarjo.

4.Telur Asin
credit
credit


Di daerah Kebon sari Sidoarjo, terkenal sebagai kampung bebek dan telur asin.Kandungan protein dari telur asin daerah Kebon Sari ini cukup tinggi. Kwalitas pakan sangat diperhatikan, pakan bebek yang diberikan pada bebek di daerah Kebonsari menggunakan campuran kepala udang dan kupang.
Telur asin yang dihasilkan dari kampung ini ada beberapa aneka rasa yaitu rasa udang, rasa kepiting. Pilihan telur asin yang dapat dibawa puan yaitu panggang dan rebus. Harga per bijinya sekitar 2500. kalau panggang sekitar 3000. Jika anda berminat dengan aneka telur asin produk Kebonsari Candi silakan kontak dengan Pak Sulaiman 031-71488424 atau 085732429040, 081259593341

5.Kerupuk Udang dan Aneka Kerupuk Rasa Buah
Rasa kerupuk udang yang gurih menjadikannya cocok buat camilan saat nonton Televisi. Walau di beberapa daerah juga mempunyai kerupuk udang, namun kerupuk udang dari Sidoarjo ini rasanya manis gurih. Bisa anda dapatkan di toko oleh-oleh Mitra atau Tanjung.Begitu pun dengan kerupuk aneka rasa buah, ada beberapa pilihan kerupuk aneka ras buah ada naga, jambu, dan waluh.Semua bisa didapat di toko oleh-oleh baik yang menah maupun yang sudah matang.

Jangan lupa jika berkunjung ke Sidoarjo silakan dicipai makan khas Sidoarjo yang bisa anda icip atau bisa juga dijadikan oleh-oleh buat keluarga di rumah.
Kerupuk buah Naga (credit)

Previous
Next Post »

8 comments

Click here for comments
Beby Rischka
admin
9 April 2015 at 16:00 ×

Pengen cobak Lontong Kupangnya, Mbak.. Kayaknya enak, seger-seger gitu :D

Reply
avatar
9 April 2015 at 16:05 ×

Dari ke 5 makanan khas Sidoarjo ini, sepertinya saya belum pernah nyobain semua nie... saya tertarik sama lontong kupang, enak banget kayaknya :)

Reply
avatar
9 April 2015 at 21:17 ×

Ceker lapindonya pedes ya, mbak Tatit? Hampir mirip dengan di Jawa Barat yang disebut seblak ceker.

Reply
avatar
9 April 2015 at 21:53 ×

waduh semua saya belumj penah mencobanya mbak

Reply
avatar
10 April 2015 at 16:55 ×

aiiih, mau dong nyoba kerupuk rasa buah dan telor asinnya. kalo bandeng asap di sini juga banyak yg jual :)

Reply
avatar
Tatit
admin
11 April 2015 at 11:04 ×

Ceker lapindo itu bumbunya rempah dan cabi banyak serta ada kemanginya mbak. Aku malah belum pernah makan seblak ceker

Reply
avatar
Tatit
admin
11 April 2015 at 11:05 ×

sini mbak, ayo mlancong ke Sidoarjo

Reply
avatar
Anonymous
admin
14 April 2015 at 14:15 ×

Mau telur asin nya yg panggang Tit....

# Ning - Taman Aloha #

Reply
avatar