6 Manfaat Sarapan Pagi

Kadangkala karena alasan terburu-buru pergi ke tempat aktivitas kita melupakan untuk sarapan pagi.Manfaat sarapan pagi sangat penting bagi metabolisme tubuh. Sehabis perut kosong semalam karena tidur kurang lebih 8 jam, maka sarapan perlu untuk menopang energi anda seharian. Tahukah anda sebenarnya sarapan pagi mempunyai manfaat bagi kesehatan serta menjaga stamina sepanjang hari? Berikut 6 manfaat sarapan pagi:


1.Sumber energi untuk memulai harimu
Setiap orang biasanya memulai harinya dengan makan dan minum vitamin serta nutrisi lainnya sebelum beraktivitas. Sarapan dapat meningkatkan energi  untuk menunjang aktivitas sepanjang hari. Sebaiknya kita sarapan pagi agar energi kita bertambah, walau hanya dengan teh hangat, susu, telur rebus atau roti tawar.Atau dengan jus buah. Sarapan akan membuat kita bagai mendapat kekuatan memulai aktivitas seharian.

2. Fokus
 Ketika di sekolah atau di tempat kerja, agar tak kepikiran pada makanan yogurt dan buah atau sereal dalam pikiran anda. Maka sebaiknya kita sarapan pagi agar lebih fokus serta produktif sampai saat makan siang.Dan tak terganggu dengan suara berisik di perut "kriuk-kriu" karena perut minta diisi, lebih baik kita sarapan agar kita lebih fokus dalam berpikir.

3. Sarapan Membantu menjaga mood
Kadang setelah bangun tidur, kita masih ingin malas-malasan. Tak ingin bekerja, dan masih ingin menikmati hangatnya selimut. Dan jadi ogah-ogahan untuk bekerja atau ke sekolah.Karena terburu-buru dan lupa sarapan, terkadang membuat mood kita tidak baik. Andaikata kita sarapan mood ogah kerja dan ingin tidur lagi akan hilang.Karena rasa kantuk akan hilang bila kita sudah sarapan.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Ketika kita tidur, metabolisme kita akan menurun. Agar  metabolisme meningkat  kembali maka kita sebaiknya sarapan. Dengan sarapan, tubuh kita akan mulai membakar kalori di awal hari.

5. Mencegah Lapar
Saat  tidur tubuh kita tak banyak pembakaran kalorinya. Bila kita menunda makan sampai siang, justru perut yang kosong akan cepat lapar dan penginnya ngemil terus. Tapi jika kita sarapan, keinginan untuk ngemil akan berkurang dan kesempatan untuk menimbun lemak juga berkurang. Maka biasakanlah sarapan pagi untuk mencegah mudah lapar.

6.Mengontrol Berat Badan
Dengan sarapan di pagi hari akan menekan nafsu makan berlebih di siang hari.Hal ini akan menekan keinginan makanan yang over. Jadi saat siang dapat makan secukupnya saja, dapat membantu diet anda. Sarapan yang bergizi dan bernutrisi juga mengontrol kita agar tak makan secara membabi buta. degan sarapan kita akan lebih selektif mengonrol makanan yang lebih bernutrisi yang kita masukkan ke dalam perut kita.
Sehingga sarapan tiap pagi itu merupakan salah satu cara termudah ntuk mengontrol berat badan kita.

Selain itu sarapan juga dapat mencegah agar badan kita tak gampang lesu, selalu bersemangat.

Sekarang kita sudah tahu manfaat dari sarapan,oleh karena itu jangan selalu menundanya. Lebih baik sebelum beraktifitas mium segelas susu dan setangkup roti atau pancak untuk memulai hari sebelum beraktivitas. Agar ketika beraktifitas anda tidak lesu dan semangat serta tetap terjaga moodnya.



Sumber:http://www.symptomfind.co
              manfaat.co.id

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
14 April 2015 at 23:08 ×

wah saya jarang sarapan pagi mbak, padahal manfaatnya banyak banget ya

Reply
avatar
16 April 2015 at 17:10 ×

saya percaya dengan manfaat sarapan mbak. Makanya, anak-anak pasti selalu saya kejar untuk sarapan sebelum pergi ke sekolah.

Reply
avatar