Kiat Menghadapi Ujian Nasional


Hari ini SMA sedang menghadapi ujian nasional, berikutnya akan ada UNAS SMP,MTS, SD maupun MI. Anakku Lantip tinggal menunggu hari untuk mengikuti ujian nasional. Selain aku suruh persiapan untuk belajar sebaik-baiknya dan ikut tambahan pelajaran, aku selalu ingatkan jangan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam) ya.Malah kemarin, anak kelas 6 diajak fun class, sebelum ujian memang anak-anak sebaiknya diajak serilek mngkin janganjadikan ujian itu momok atau hantu gentayangan akan kelulusan. :) Ini sedikit sharing kiat menghadapi Ujian Nasional:

1. Jaga kesehatan
Ini yang selalu aku tekankan ke anakku, sebab kedua anakku sepertinya ngikuti aku. Seiapujian pasti flu atau batuk karena terlalu mikir ntar nilaiya bagus apa nggak. Karena hal inilah aku selalu wanti-wanti, dik ujian itu ya test sepertii biasanya, janganlupa makan teratur agar pas ujian badan fit dan otak fresh menjawab ujian lancar. Aku selalu masak kesukaannya bahkan kalau mereka males makan aku masih menyuapinya daripada sakit?Lagian aku juga nggak ada kerjaan lain.

2. Ikut tambahan pelajaran atau les atau belajar kelompok
Daripada sistem kebut semalam, tanamkan pada anak untuk selalu belajar walau hanya satu am per harinya. Jka masih ogah-ogahan, ikutkan bimbingan belajar atau les privat dengan guru . Pengalaman saya sih dengan dua anak, satu ikut bimbingan belajar satunya ikut les privat bersama teman-teman dengan gurunya, sepulang sekolah.Biasanya kalau ikut bimbingan belajar, anak diberi persiapan materi ujian tahun-tahun lalu kemudian dipecahkan bersama.

3. Sabtu Minggu dibebaskan untuk menghindari stress
Maksud dibebaskan di sini, dibebaskan dengan segala tetek bengek belajar. Diperbolehkan main game beberapa jam untuk refreshing sehingga anak tak stress. Juga jangan pernah  menakuti kalau nggak lulus. Tanamkan yang penting berusaha sebaik mungkin.

4. Jangan lupa berdoa
Doa sangat penting setelah berusaha. Pasrahkan semuanya pada Allah, ajak anak anda unuk tahajud atau puasa Sunnah Senin-kamis. untuk mempertebal iman dan menyiapkan mental dalam menghadapi ujian. Setelah itu jangan lupa persiapan perlengkapan ujian seperti pensil, nomor ujian sebelum berangkat ke ujian.Sebagai seorang Ibu bantu dengan doa. Semoga anaknya dilancarkan dan dimudahkan menjawab soal ujian.

5. Matikan televisi selama menjelang ujian.
Jauhkan anak-anak dari televisi ketika besok harinya akan ujian, sebab berita yang ada di televisi terkadang membuat anak-anak takut. Seperti polisi yang menjaga soal dengan ketat bahkan berita adanya jawaban  soal yang beredar,

Itu tadi kiat menghadapi ujian nasional yang aku berikan pada anakku. Semoga anakku tak stress dan besok Mei bisa Ujian dengan lancar dan dimudahkan


Previous
Next Post »

7 comments

Click here for comments
14 April 2015 at 06:15 ×

perbanyak doa dan belajar...terutama belajar di waktu subuh karena daya ingat kita masih relatif kuat

Reply
avatar
Hilda Ikka
admin
14 April 2015 at 09:23 ×

Amin Mak Tatit... terlebih sistem tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Semoga Lantip diberikan hasil terbaik ya. :))

Reply
avatar
Asep Haryono
admin
14 April 2015 at 10:16 ×

Televisi menjadi salah satu kendala anak anak (siswa) belajar di rumah. Dengan semakin banyaknya program acara yang semakin menarik, TV bisa menjadi daya tarik dan magnet yang kuat sehingga siswa teralihkan perhatiannya dari kegiatan Belajar Mengajar di rumah. Matikan TV adalah salah satu caranya agar anak konsentrasi belajar di rumah

Reply
avatar
Tatit
admin
14 April 2015 at 11:54 ×

Betul mas, Kalau malam anakku malah tidur. Baru habis Tahajud baca-baca

Reply
avatar
Tatit
admin
14 April 2015 at 11:54 ×

Aamiin. Makasih Tante Ika

Reply
avatar
Alris
admin
14 April 2015 at 11:57 ×

Satu lagi jauhkan anak dari tv hehe...
semoga yang ikut unas sukses mendapat nilai tinggi.

Reply
avatar
14 April 2015 at 13:34 ×

Yang teramat penting justru tidur jangan kemalaman ya mb

Reply
avatar