Bolu Jerman

Bolu Jerman
Entah mengapa bolu ini dinamakan bolu Jerman. Padahal setahuku bolu itu cake jadul yang udah lama aku tahu. Dan kue bolu katanya berasal dari negeri Eropa. Yang jelas bolu Jerman ini lagi ngehits di grup - grup masak.Ngehit karena jadi booming dan dipraktekkan oleh emak-emak, termasuk saya salah satunya yang juga ikutan latah praktek juga. Bolu Jerman ini di grup masak Langsung Enak pernah diposting resepnya oleh Mbak Eba Chan.Ketika membaca resepnya aku berpikir Nah lho ini kan resep bolu seperti biasa?Tapi daku juga ikutan penasan ding buat praktek, aneh aja kok bolu Jerman, apa bedanya dengan cake yang lain.Yang jelas olu ini cara pembuatannya dengan sistem all in one method. Bahan dasarnya juga tepung, telur dan mentega. Cuman di sini memakai emulsifier. Sedangkan resep cake dari mertuaku nggak pakai emulsifier.


Darpada penasaran wis langsung nguprek di dapur ajalah, sekalian buat cemilan anakku yang kemarin baru selesai Ujian Nasional.

Bahan :
6 kuning telur
3 putih telur
100 gram mentega cair
100 gram gula pasir
60 gram terigu
36 gram maizena
25 gram susu bubuk (saya gunakan 1 sachet dancow)
1/2 sendok teh SP
1/2 sendok vanili
2 sendok makan air

Cara membuat:
Semua bahan kecuali mentega dimikser dengan kecepatan tinggi kurang lebih 20 menit. 10 menit pertama dengan kecepatan tinggi, 10 menit kedua dengan kecepatan sedang. Kalau sudah berjejak matikan mikser. Tambahkan mentega cair dengan diaduk secara terbalik atau berlawanan dengan arah jarum jam.Olesi loyang dengan mentega dan terigu. Masukkanlah adonan ke dalam loyang. Panaskanlah oven terlebih dahulu . Oven sampai matang.Lakukanlah dengan tes tusuk. Kurang lebih 40 menit.Angkat dan siap disajikan

Hmmmm...aroma bolu Jerman yang menguar dari oven membuat anakku sudah tak sabar buat mencicipinya. Asyiiik begtu matang langsung diserbu. :)
Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
HM Zwan
admin
25 May 2015 at 10:38 ×

boljer lagi ngehits di group ncc hehehe..

Reply
avatar
Dewi Rieka
admin
25 May 2015 at 20:21 ×

lagi ngehits dimana-mana iniii..kalau pakai blender bisa ngga ya hihi kocoknya...

Reply
avatar
8 February 2016 at 15:17 ×

boleh juga di coba nich....!!

Reply
avatar