Tips Menyimpan Sisa Bahan makanan

Seringkali sehabis melakukan pesta atau acara kumpul keluarga masih ada sisa makanan.Selain makanan yang tersisa bisa dibagikan ke tetangga atau kerabat, tentunya masih ada bahan makanan yang tersisa.Padahal makanan yang tersisa masih bisa dimanfaatkan dan digunakan(prinsip emak irit seperti diriku :) ). Terkadang salah satu anakku sudah bosan dengan menu yang dihidangkan kemarin. Maka daripada mubadzir akan saya bagikan atau akan saya simpan di kulkas.Biasanya akan saya jadikan kreasi masakan yang lain.
Contohnya kalau lebaran ada sisa opor ayam, bisa dimanfaatkan sebagai isian lemper. Nah gimana sih cara menyimpan bahan makanan yang masih tersisa ini?

Berikut ini tips menyimpan sisa bahan makanan dengan baik:
1.Persiapkan tempat yang khusus
Wadah khusus disini maksudnya wadah khusus buat menempatkan sisa makanan.wadah yang kedap udara dan kalau bisa yang ada tutupnya.
2.Kalau saya suka menyimpan makanan di kulkas menggunakan wadah yang transparant agar terlihat jenis makanannya. Dan tak perlu repot unuk  membuka wadah untuk melihat isinya.
3. Jangan menyimpan di dalam kaleng bekas roti
Sebab jika menyimpan dalam wadah kaleng akan mempengaruhi rasa makanan.
4. Atur dan tata serta beri label dan tanggal
Atur dan tata wadah di tempat yang mudah terjangkau, jika perlu berilah label dan tanggal pada wadah tersebut.



Tapi ingat ya menyimpan sisa bahan makanan di kulkas jangan terlalu lama, saya biasanya kurang dari satu minggu sudah habis. Kecuali bahan makanan tersebut disimpan di frezeer . Pengalamanku sih nggak sampai seminggu makanan sisa itu sudah aku olah lagi dengan menu yang berbeda. :) misalnya yang tersisa sambe goreng, maka sambel goreng tersebut saya olah buat jadi isian arem-arem. :)

Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
16 May 2015 at 13:11 ×

Bagus nih tipsnya mbak... sayang, cara ngolah menjadi isian arem-arem gak ada. Saya gak bisa soalnya..hi..hi..Ditunggu resepnya ya mbak :)

Reply
avatar
Dewi Rieka
admin
18 May 2015 at 17:52 ×

makasih tipsna mbaa

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
21 May 2015 at 11:23 ×

Plus ditutup dalam wadah yang rapat ya, Mbak.. En disimpen dalam kulkas :D

Reply
avatar