10 Menu Berbuka Puasa Favorit Di Sidoarjo

Puasa sudah memasuki hari ke-4, banyak pasar dadakan sore hari menjajakan aneka takjil. Pasar dadakan ini biasanya rame disaat bulan Ramadan dan bikin macet jalan. Aneka jajanan tradisonal untuk takjil disajikan.Baik minuman maupun makanan banyak dijajakan. Bahkan di saat Ramadan ini di komplekku menjadi ajang mencari tambahan bagi Ibu rumah tangga dengan cara menjajakan takjil di sore hari di sekitar komplek.
Apa yang terbayang saat mau buka puasa hayooo..apalagi cuaca lagi terik begini. Pastinya minuman yang segar bukan? Nah berikut ini menu buka puasa favorit yang sering di buru di daerahku Sidoarjo.

1. Kolak Pisang Bubur Kacang Hijau
Biasanya kalau musim puasa begini banyak sekali yang menjajakan aneka kolak, nah ada satu Ibu di perumahanku yang membuat kolak pisang dicampur kacang hijau. Sebungkusnya kita cukup merogoh kocek Rp 5000,00.

2. Es Menado
Yaitu es dengan campuran aneka buah, kolang-kaling atau nata de coco, irisan kelapa muda lalu disiram dengan jus sirsak dan dicamur susu. Hmmm..cukup melegakan tenggorokan

3.Serabi kuah ketan dan  Petulo
Serabi kuah ketan dan petulo
 Serabi ketan petulo merupakan salah satu jajanan tradisional. Petulo ada yang menyebutnya putu mayang, yaitu jajanan yang terbuat dari tepung beras dicetak menggunakan cetakan putu mayang, bentuknya hampir sama dengan mie bihun, rasanya gurih manis. Nah kalau serabi ketan petulo di Sidoarjo, jajanan terdiri dari serabi, petulo alias putu mayang dan beras ketan yang dibentuk bulat kemudian disiram dengan kuah santan yang sudah dicampur dengan gula merah. Jajanan ini rasanya gurih dan manis.

4. Es Kelapa Durian (Baca : Es Kelapa Durian Sidoarjo)
Es kelapa dengan campuran durian atau buah lychee merupakan menu takjil favorit di daerahku. Es kelapa muda ini menggunakan gula merah dan campuran durian. Jika sore hari di bulan Ramdan begini es kelapa durian bisa didapat di daerah pasar kaget Gading Fajar dan dekat RS. Delta Surya Sidoarjo.Penjajanya menggunakan mobil, jika mau beli harap sabar antri ya.

5.Es Doger
Es Doger

Es doger sebenarnya berasa dari Cirebon namun sekarang sudah dapat ditemui di beberapa kota. Asal nama es doger dari gabungan kata Dorong Gerobak. Isian es doger terdiri dari tape ketan hitam, alpukat, degan, mutiara, sirup merah dan susu. Kalau es doger favoritku di daerah depan Hero Taman Pinang Sidoarjo.

6.Kolak Sarikaya
Masakan yang terdiri dari irisan pisang, roti tawar, kolang kaling dan santan. Setiap bulan Ramadan, jajanan ini selalu ada . Langganan favoritku di Primadona sebelah kantor PLN.

7.Bubur Candil
Bubur candil atau biji salak, merupakan jenis bubur yang terbuat dari tepun keta yang disiram dengan air hangat kemudian dibentuk bulat-bulat lalu dimasak dengan tepung beras dan gula merah. Setelah matang bubur disiram dengan santan . Cita rasanya gurih manis. cocok kan buat berbuka puasa.

8.Es Garbis
Orang Sidoarjo menyebut blewah adalah garbis. Nah di bulan Ramadan banyak sekali buah Garbis dijual di pingir jalan. Sepertinya buah garbis hanya ada saat bulan Ramadan saja di daerahku. Maka buah garbis identik dengan bulan Ramadan.Mau membuat hidangan es garbis sendiri atau tinggal beli di penjaja kaki lima juga banyak. Jika ingin membuat sendiri juga mudah. Buah garbis dikerok, lalu dicampurkan dengan larutan gula atau sirup cocopandan dan air, tambahkan es batu ...hmmmm segeeer.

9. Sop Buah
Sop buah salah satu hidangan segar berasal dari bandung. Isian sop buah terdiri dari aneka buah seperti semangka, nanas, buah naga, melon, anggur, dll (variasikan buah sesuai dengan keinginan kita) tambahkan air, sirup vanili (terbuat dari air dan gula yang direbus dengan daun pandan), terakhir tambahkan susu dan es serut. Sop buah juga banyak dijajakan di daerahku, apalagi di saat menjelang buka puasa begini banyak pedagang dadakan yang menjajakannya.Segelas sop buah ada yang harganya Rp 7000,00 atau Rp 6000,00

10.  Es Kopyor Sintetis
Es kopyor sebenarnya berasal dari kelapa yang kelainan genetik. Buah kelapanya yang putih tidak menempel di tempurung namun terkelupas dari tempurung dan teksturnya lunak, air kelapanya juga sedikit dan juga mempunyai bau khas. Karena kelapa kopyor jarang didapat serta mahal, maka banyak ibu rumah tangga menyiasatinya membuat kopyor sintetis dari agar-agar.
Cara membuat kopyor sintetis dari santan, gula dan agar-agar dimasak lalu dituang di atas es batu yang besar serta utuh hingga turun dan berbentuk menyerupai kopyor. Menghidangkannya tinggal tambahkan sirup cocopandan dan air plus es.

Selain 10 menu berbuka puasa di atas tentunya ada juga kurma ya, banyak sekali dijajakan kurma di supermarket maupun di kaki lima. Tinggal kita pilih saja, jika kita tak sempat membuat menu takjil sudah tersedia di pasar kaget dadakan di bulan Ramadan.
Kalau menu favorit buka puasa kalian apa?



Previous
Next Post »

6 comments

Click here for comments
Dwi Puspita
admin
24 June 2015 at 09:17 ×

menu yg mantap mbak...aku mau semua...

Reply
avatar
24 June 2015 at 10:23 ×

aduh, makanan lagi hehe

Reply
avatar
Obat Maag
admin
24 June 2015 at 15:13 ×

paling sop buah sama kolak pisang :)

Reply
avatar
25 June 2015 at 10:59 ×

Serabi kuah ketan dan Petulo belum pernah nyobain nih

Reply
avatar
eda
admin
26 June 2015 at 13:44 ×

serabinya bikin ngiler mbaa :D

Reply
avatar
Wanda
admin
26 June 2015 at 14:33 ×

Es kelapa durian paling enak :)

Reply
avatar