5 Makanan Beku Bikinan Sendiri Untuk Persiapan Sahur

Puasa tinggal menghitung hari, biasanya saya mempersiapkan aneka lauk kering, dendeng atau abon buat persiapan sahur.maksudnya sih biar praktis gitu. Saat sahur pertama mata ini rasanya masih lengket buat membuka mata dan memasak buat keluarga,biasanya masak yang praktis atau yang ada di kulkas saja. Nah seminggu sebelum puasa begini ini, seperti kebiasaan yang diterapkan oleh Ibu, selain bersih-bersih rumah juga membuat makanan beku atau lauk kering sendiri.Membuat makanan beku ini karena mengantisipasi waktu sahur yang singkat,dan pastinya anak-anak doyan. Makanan beku bikinan sendiri akan jauh lebih sehat dan higienies tapi memang agak repot sih.Berikut ini ada 5 makanan bek yang bisa diikin sendiri untuk persiapan sahur::

1. Nugget ayam atau nugget tahu
Nugget ayam

Nugget ayam atau tahu adalah salah satu makanan beku yang praktis dan disukai anak-anak. Jika sudah ada stok di frezzer tinggal menggoreng dan menghidangkannya. Bahan dan cara pembuatannya bisadibaca disini. Atau  Nugget ayam wortel.
Semua bahan kalau sudah siap tinggal masukkan dalam wadah kedap udara dan dimasukkan ke dalam frezzer, jika ingin memasak tinggal digoreng saja. Tapi ingat ya wadahnya diberi tulisan jenis makanannya biar tak tertukar dengan yang lain.

2. Ayam Ungkep frezer
Anda bisa mempersiapkan ayam ungkep bumbu kuning sore harinya . Simpan ayam di wadah plastik kedap udara, simpan di frezzer jadi sewaktu-waktu ingin menggoreng tinggal keluarkan dari frezer dan tunggu hingga tak beku langsung goreng.Lalu saat sahur tinggal menggorengnya buat anak-anak dan ngangetin sayuran.(Baca Resep Ayam Kremes dan Ayam goreng kelapa)

3.Bakso Tahu atau Bakso daging
Bakso dan bakso tahu bisa juga dibikin sendiri, dn juga tahan lama disimpan di dalam frezzer. Adonan untuk membuat isian bakso tahu sama saja dengan bahan dasar bakso. Jadi satu adonan bisa untuk 2 masakan. Kalau adonan bakso kita bentuk ulat dan dicemplungkan atau dimasukkan dalam air panas setelah dibikin bulat. Cara mencetak betuk bulat hanya dengan sndok atau ibu jari dan telunjuk. Tapi kalau bakso tahu pembuatannya degan cara dikukus.Setelah dimasak, bakso tahu dan bakso bisa dmasukkan ke dalam wadah lalu masukkan frezer dan siap diolah sbagai campuran aneka tumis sayuran atau cukup dengan menggorengnya saja.
(Baca :Resep Bakso Tahu )

4. Kaki Naga
Kaki naga bisa dibuat sendiri, bahan dan cara pembuatannya hampir sama dengan nugget namun kalau kaki naga tinggal kita tambahkan udang, dan dibentuk seperti stik drum dengan menusuk adonan yang sudah dibentuk bulat dengan tusukan sate atau tusuk es krim.(Baca:Resep kaki naga)

5.Rendang daging
Rendang merupakan salah satu masakan yang bisa tahan lama asal cara pembuatannya benar dan agak lama. Rendang bila dibekukan bisa bertahan seminggu di frezzer Ada 2 jenis rendang yaitu rendang basah dan rendang kering. (baca Rendang Daging Ala Saya ),

5 Makanan beku bikinan sendiri buat persiapan sahur di atas adalah yang sudah saya praktekkan dan saya tahu. Bila pembaca ada tambahan silakan tuliskan di komentar.

Artikel Terkait:
Menu Sahur Praktis Dalam Seminggu

Previous
Next Post »

8 comments

Click here for comments
Shelly
admin
12 June 2015 at 09:56 ×

baru denger mba resep kaki naga. seperti yg paling praktis sih nugget mba :D

Reply
avatar
Ratna Sari
admin
12 June 2015 at 11:29 ×

paling suka nugget ayam atau nugget tahu

Reply
avatar
12 June 2015 at 13:41 ×

nugget tahu punya reepnya ga mba??

Reply
avatar
13 June 2015 at 03:37 ×

Aiiih mbakyuku satu ini super keren :) Layak disebut koki handal :) Ajarin aku bikin nugget kuwi lo mbak

Reply
avatar
Dewi Rieka
admin
15 June 2015 at 01:26 ×

aaakk makasih idenya mbaa, mau ekseskusi aahhh

Reply
avatar
Tania
admin
15 June 2015 at 15:47 ×

busa dicoba nih menu makanannya :)

Reply
avatar
Ridha Harwan
admin
16 June 2015 at 10:32 ×

Saya belum kepikiran mau makan apa buat sahur nanti. Yang penting pulangkampung dulu ketemu emak. :D

Reply
avatar
16 June 2015 at 15:18 ×

Kalau saya untuk makan sahur nanti yang penting yang mudah dan cepat saja deh Mba, biar tidak keburu imsak. :D

Reply
avatar