7 Cara Menghilangkan Noda Pada Pakaian

Saat makan yang bersaus tiba-tiba makanan jatuh di pakaian kita, pastinya membuat noda pada pakaian. Walaupun kita sudah membersihkannya dengan tisu atau memeberishkannya menggunakan air di wastafel, tetep saja si noda  membandel.Sering juga, seragam putih anak saya berubah warna menjadi krem gara-gara polah tingkah anak saya. Ternyata untuk mengatasi noda pakaian ada beberapa cara setelah saya browsing di internet diantaranya ada 7 cara menghilangkan noda pada pakaian yaitu:

1. Noda Saus Tomat
Baju yang terkena noda pakaian sebaiknya segera rendam dengan menggunakan air hangat. Jangan ditunda, sebab penundaan untuk merendambaju yang terkena saus menyebabkan lebih susah menghilangkan nodanya. Slain air hangat bisa juga direndam menggunakan citrunzur, rendam pakaian dengan sedikit citrunzur kira-kira 10 menit. Lalu rendam lagi menggunakan detergent bar dibilas. Maka noda pakaian yang terkena saus akan hilang.

2.Jika pakaian terkena noda minyak
Kadang saat memasak baju kita terkena cipratan minyak, Atau saat mengadaan pesta taplak meja terkena noda miyak dari gorengan. Jangan khawatir, untuk menghilangkan noda minyak cukup berikan taburan bedak bayi pada bagian yang terkena minyak, dimkan kurang lebih 10-15 menit. Lalu bersihkan. Dan rendamlah pakaian atau taplak meja kedalam campuran air hangat dengan detergent.

3.Terkena Lumpur
Jika pakaian terkena lmpur, terutama anak-anak sehabis beraian bola, pakaian jadi kotor . Tapi sekarang saya puya solusi untuk mengatasinya Caranya, pakaian yang terkena lumpur segera direndam menggunakan air panas. setelah lmpurya agak luruh, rendam lagi menggunakan bleaching atau pemutih yang dijual di supermarket selama semla. Baru direndam mengggunakan detergent anti noda, lalu bilas hingga baju bersih.Jangan lupa untuk menyikat bagian yang terkena lumpur.

4.Pakaian yang terkena noda darah
Pakaian yang terkena noda darah, kuceklah menggunakan air garam. Bila nodanya sudah hilang, baru direndam menggunakan air hangat dan detergent . Lalu bilaslah sampai bersih.

5. Bila pakaian terkena lelehan lilin
Ambil bagian pakaian yang terkena lilin, lalu kerok lilinnya dengan hati-ahati agar tak merobek pakaian. Lalu ambil selembar kertas, tarh di atas pakaian yang terkena lilin. Kemudian setria hingga lilin meresap ke kertas. Maka noda lilin pun akan hilang karena panasnya setrika.

6.  Bila pakaian terkena coklat
Berilah sabun batangan pada bagian yang terkena coklat, lalu kucek hingga bersih.Baru pakaian direndam mengggunakan air hanat dan detergent, semalam. Bilaslah pakaian sampai bersih. Maka noda coklat pada pakaian akan hilang. Bila masih membandel, gunakanlah bakng soda untuk merendam pakaian yang terkena noda kira-kira 15 menit lalu kucekbagian yan terkena noda, maka noda akan hilang.

7.Pakaian yang terkena getah 
Ambil bagian yang terkena getah, olesi dengan mentega atau minyak goreng. Lalu didiamkan sebentar.Tuangkan ai panas pada bagian yang terkena getah.Rendam hingga getahnya hilang. Bila belum hilang bisa juga menggunakan taburan sagu pada bagian yang terkena getah, campur dengan sedikit air. Lalu sikat pelan-pelan. Baru pakaian direndam dengan detergent dan dikucek sampai bersih. Lalu bilaslah hingga detergent hilang.

  Semoga 7 cara menghilangkan noda pada pakaian di atas bermanfaat.

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
4 June 2015 at 13:46 ×

noda makanan, kalo punya anak kecil pasti adaaaa aja noda di bajunya. makasi ya tipsnya

Reply
avatar
4 June 2015 at 22:43 ×

tips di ats berguna bgt bagi ibu-ibu rumah tangga dirumah khususnya bagi ibu muda yg masih punya anak kecil. oke banget kak, ane tunggu postingan selanjutnya yg nggak kalah oke nya.

Salam :)

Reply
avatar