Tips Memilih Hewan Qurban

Hari raya Idul Adha tinggal menghitung hari, semua umat Islam yang mampu akan menyembelih hewan kurban. Banyak sekali pedagang dadakan hewan kurban di sepanjang jalan yang saya lalui.Sebelum membeli kita sebaiknya memperhatikan hewan kurban yang akan dijadikan hewan kurban. Terkadang ita asal beli tanpa melihat kesehatan maupun kesehatan sapi hanya pasrah bongkokan kepada pedagang saja. Berikut ini saya rangkum dari hasil bincang dengan pedagang dan membaca dari mbah Google:

Tips memilih Sapi atau Kambing

-Pilih hewan yang sudah cukup umur . Pilihlah sapi yang berumur kurang lebih 22 bulan. Sedangkan untuk kambing atau domba umurnya antara 12-18 bulan.

Untuk mengetahui umur hewan tersebut dapat kita tanyakan langsung kepada pemilik atau melihat dari gigi hewan tersebut.Bila gigi susunya tanggal di depan, menandakan kambing atau domba itu telah berumur sekitar 12-18 bulan, sedangkan bila sapi maka umurya sudah sekitar 22 bulan.

-Pilihlah hewan yang sehat dengan ciri-ciri:
1. Lihatlah pergerakan hewan kurban tersebut, bila gerakannya lincah,kuat, semangat, tak gelisah ,selera makannya bagus serta tak pincang. Serta bila didekati maka pergerakannya aktif, maka hewn tersebut sehta.
2.Bulunya halus, mengkilap, tak rontok,tak mengalami kebotakan, tidak berdiri, tak ada perubahan warna,tak dihinggapi parasit kulit.
3.Matanya jernih, tak keluar air serta pupilnya bergera cepat, matanya tak berwarna merah, matanya tak beleken atau keruh.
4. Tulang punggung sapi relatif rata, tanduknya seimbang, kakinya simetris. Kombinasi antara perut,kaki depan dan belakang,kepala dan leher seimbang.
 5.Hidung terlihat basah, bersih,dan tak mengeluarkan cairan. selaput lendir hidung berwarna merah terag.
6.Mulut dan gusi bersih,tidk menganga dan tak ada bercak peradangan.
7.Celah kuku bersih, tak ada luka, serta tak mengalami pembengkakan.
8.Kulit lentur, tak ada penebalan, tak bisulan serta tak luka atau korengan.
9 Pangkal ekor bersih, licin, kering. Bulu ekornya lebat, kering dan bersih.
10.Duburnya bersih, kering,sehingga tak menunjukkan tanda-tanda diare.

Demikian tips memilih hewan qurban yang sedikit saya tahu, semoga bermanfaat bagi pembaca.
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
23 September 2015 at 10:10 ×

Nah ini penting banget nie mbak jangan sampe hewwan qurban yang dibeli tersebut kurang sesuai dengan yang diinginkan, dan ternyata ciri-cirinya banyak juga ya

Reply
avatar
29 September 2015 at 15:57 ×

Waah.. telat baca postingan yang ini. Makasih share nya mak, saya simpan buat bekal tahun depan insya Allah ya :)

Reply
avatar