Es Degan Di Depan SD Muhamadiyah 1 Sidoarjo

Penjual sedang memilih degan dengan cara menepuk
Sebelum musim hujan mulai, udara Sidoarjo serasa membakar kulit tiap harinya. Saya sebagai ojeker anak sekolah saat menjemput selalu merasa kehausan. Salah satu pelega tenggorokan favoritku yaitu es degan.Terutama es degan yang berada di depan SD Mughamdiyah 1 Sidoarjo. Di depan Rumah Sakit Siti Hajar Sidoarjo.


Ada beberapa penjual es degan kaki lima di daerah Sidoarjo namun favoritku di sini. Sejak saya tinggal di Sidoarjo 12 tahun yang lalu, penjual di sini jadi langgananku. Rasa manis gulanya pas dan asli tanpa tambahan. Segelas es degan seharga Rp 6000,00. cukup ramah di kantong. Degannya juga pas tak terlalu tua maupun terlalu muda. Istilahnya klamud. Empuk bahkan cukup kita sedot dengan sedotan sudah berpindah ke mulut.Jika anda ingin memilih menambahkan susu kental manis di es degan anda, maka harus menambah Rp 2000,00.

Di sini pasti antrinya selalu mengular, walau hanya di bawah rindang dan bermodal kursi plastik beberapa pelanggan setia menanti seperti saya. Tapi kalau aku biasanya beli untuk aku bungkus bawa pulang ke rumah. Jarak antara kmplekku dengan tempat jualannya hanya butuh 10 menit perjalanan.

Yang menarik saat saya antri siang itu, ada putrinya masi TK diajak berjualan ibunya. Si putri sambil mnunggu ibu dan bapaknya melayani pembeli, dia mewarnai dengan tekun.Si bapak asyik memilih degan dengan cara ditepuk-tepuk,kalau sudah pengalaman hanya menepuk badan kelapa muda dan bila terdengar bunyi bluk..bluk berarti kelapanya masih muda dan tentu saja airnya banyak.Setelah menepuk si bapak akan membuka dengan arit serta menyarig airnya. Si Ibu menyiapkan gula di gelas serta mengerok kelapa yan sudah siap terbuka. satu kerjasama yang solid.

Karena kerjasama yang solid antara suami istri ini maka pelayanan pun tak terlalu lama.Mereka buka lapak setiap pagi haripk. 08:00 WIB hingga habis.
Yuuuk bagi pengalamanmu untukpelepas dahaga di siang hari. Selain dengan es degan palagi kawan?
Silakan mampir ya saat ke Sidoarjo.


8 comments:

  1. Wah enak pastinya es degan'ne...

    ReplyDelete
  2. Es degan di sini harganya 4.000 udah plus jeruk dan susu. Hehehe

    ReplyDelete
  3. Es degan emang cocok bgt buat pelepas dahaga di siang bolong ya, mba. Tp aku malah seringnya beli teh botolan dingin. Haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. La aku kadang beli jeruk peras di jalan atau ea tebu selain es degan ini

      Delete