Aneka Menu Sarapan Pagi Di Sidoarjo

Salah satu menu sarapan pagi di Sidoarjo : Lontong Mie
Sarapan pagilah sebelum anda beraktivitas agar kita lebih semangat berkarya. Sarapan pagi sangat berguna untuk meningkatkan mood seseorang sebelum berkarya atau bekerja. Ada beberapa menu sarapan pagi di antaranya: roti,sereal, bubur, buah atau nasi. Walau ada juga beberapa orang yang tak suka sarapan pagi, namun cukup menenggak secangkir teh atau kopi. Menu sarapan pagi setiap orang atau daerah pastinya berbeda. Menu sarapan pagi di Sidoarjo, ada beberapa yang bisa ditemui yaitu:


1. Lontong Mie 
Lontong mie sebenarnya termasuk salah satu makanan khas Surabaya, tapi banyak ditemukan juga di daerah Sidoarjo. Lontong mie terdiri dari lontong, kecambah, mie, irisan tahu,udang dan campuran sambel petis udang disiram dengan kuah bumbu minimalis antara bawang merah, bawang putih, merica, ebi, kecap dan garam. Biasanya penyajiannya diberi taburan bawang merah goreng. Cita rasa lontong mie yang segar dan pedas, cocok buat isi perut di pagi hari. Lontong mie merupakan salah satu menu favoritku.Kalau di Sidoarjo sebungkus lontong mie seharga Rp 8000 - Rp 10.000.

Di Sidoarjo bisa didapatkan di Pasar Jetis, Gang Panjunan.(Gang sebelah Toko Nazir).Di AgFa ruko perumahan Kahuripan.

2. Lontong Lodeh
Nah kalau yang ini hanya perpaduan antara lontong  dengan sayur lodeh manisa (labu siam) dicampur sedikit irisan tempe.Diberi kerupuk kanji. Kalau suka biasanya kita bisa nambah telur rebus.
Harganya sekitar Rp 6000- Rp 8000.

Bisa didapatkan di Pasar Jetis,Gang Panjunan.

3. Nasi Kuning
Nasi kuning juga biasa  jadi menu pagi hai yang siap sedia. Ada yang sudah di plastik mika atau bisa juga ungkus. Yang saya tahu ada nasikuning seblah telkm di jl. R. Suprapto depan kantor Kejaksaan Agung. Di sini nasi kuning harga rata-rata sekitar Rp 12.000. Tergantung lauknya.
Kalau saya sih, cukup beli yang ada di toko aneka kue yag dibungkus plastik mika, cukup Rp 5000,00. kenyang. Tapi porsi dan isi tentunya juga irit ya. Yang di plastik mika biasanya berisi nasi kuning, secuil perkedel, suwiran ayam dan dadar telur ayam tipis,kering tempe.

Bisa juga beli di depan RSUD, biasa pafi jam 5-7 dijajakan ibu-ibu pakai motor.

4. Bubur Ayam 
Siapa yang tak keal bubur ayam Jakarta.Cita rasa yang gurih berpadu dengan irisan ayam, kacang kedelai, irisan ca kue, irisan daun bawang dan kerupuk serta emping. Langganan bubur ayamku di Mang Udin, lapakna digelar Subuh jam 5 Pagi. Tempatnya bersebelahan dengan warung nasi kuning. Di gang bekas SMP 2  Sidoarjo. Harga bubur ayam Rp 12.000,00.

Selain di Alun-alun, bubur ayam bisa dibeli di pusat kuliner Gajah Mada, Bubur Jakarta Mang Udin.

5. Nasi Pecel 
Ada berderet warung nasi pecel di Sidoarjo, nasi pecel Blitar, Madiun, nasi pecel sambel tumpang . Entahlah bedanya apa, setiap aku beli nasi pecel isinya juga sama, sayuran daun singkong, kecambah,kobis, disiram dengan sambel pecel lalu ada tambahan petai cina, daun kemangi, serta serundeng kelapa. Untuk lauknya bisa kita pilih daging, telur dadar, dadar jagung, telur bumbu bali atau tahu bumbu bali.Aneka warung pecel  mudah ditemui saat pagi hari di sepanjang trotoar Jl. Gajah Mada Sidoarjo. Langganan nasi pecel saya, di depan toko Nazir, sekarang sudah pindah di depan Alfa Mart sebelum lampu merah Celep.seberangan dengan toko oleh-oleh Mitra,  Yaitu pecel Blitar. Seporsi nasi pecel seharga Rp 8000,00- Rp 12.000,00 tergantung dari permintaan lauknya.

6. Soto Lamongan dan Soto Madura
Siapa yang tak kenal soto, ada beberapa aneka soto di nusantara. Namun yang ada di pagi hari buat menu sarapan di Sidoarjo kebanyakan penjual soto Lamonngan atau soto Madura. Sebenarnya ada juga soto bangkong di Jl. A .Yani. Depan Plasa Sidoarjo. Soto Lamongan sebenarnya soto ayam dengan kuahnya yang segar dan dengan ciri khas taburan koya.(dari kerupuk udang dan bawang putih yang dihaluskan). Sedangkan soto Madura, soto dengan isian jeroan sapi dan daging sapi. Seporsi soto ayam Lamongan seharga Rp 12.000,00.

Soto daging dan soto ayam bisa didapatkan di sekitar Alun-alun Sidoarjo, sebelah lapas Sidoarjo. Atau bisa juga di Pusat Kuliner Gajah Mada.

7 Aneka Bubur Madura
Kalau yang ini jajanan yang biasa aku temui di pasar jetis Sidoarjo ada bubu sumsusm, bubur mutiara, candil, bubur sagu,bubur ketan hitam. Seporsinya cukup Rp 5000,00 sudah cukup mengenyangkan.

8. Lontong Kupang Misari
Lontong Kupang Misari berada di Jl. Mojopahit sebelah dengan toko oleh-oleh Mitra. Buka pagi jam 09:30 - habis.

Atau bisa juga meluncur ke Bursa Lontong Kupang di Gedangan. 

Lontong disiram dengan kupang, lentho, kucuran jeruk nipis so yummy.

Nah aneka menu sarapan pagi di atas yang biasa saya temui di Sidoarjo, kalau menu sarapan pagi di daerah kalian apa?

4 comments:

  1. Wiiiih enaknya :D Hampir sama sih mbak antara Malang dan Sidoarjo :D

    ReplyDelete
  2. Aku ke surabaya dulu disuguhi sarapan nasi pecel, sambelnya cucok deh mbak, hehe

    ReplyDelete
  3. Sate mbaaak.
    Ada juga nasi bakar di deket rumahku. Tapi aku belum coba sih. :D

    ReplyDelete
  4. Lontongmie carinya dimana jeng?? Sy tinggal di sda kok g nemu??

    ReplyDelete