Sidoarjo Exotic Carnival : Trasportasi Kerjaan Jenggolo 2016

Sidoarjo Exotic Carnival 2016
Pagi tadi rasanya masyrakat Sidoarjo tumpah ruah menuju Alun-alun, selain menikmati  car free day, hari ini 21 Ferbuari 2016 ada pameran budaya dan pesta rakyat dalam rangka HUT Sidoarjo ke 157. Pawai budaya ini diselenggarakan untuk kedua kalinya .Kali ini mengusung tema transportasi kerajaan Jenggolo. Menurut Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sidoarjo, acara ini akan diselenggarakan setahun sekali. Tujuannya untuk mengenalkan kebudayaan yang ada di Sidoarjo.

Pawai kali ini diikuti sekitar 51 peserta dari  perwakilan Instansi, Umum, ABRI, maupun sekolah. Masing-masing peserta diberikan kebebasan untuk menghias kendaraannya sesuai dengan tema. dari tadi malam, jalan A. yani, Jl. Thamri, hingga Jl. Pahlawan sampai GOR Delta mulai pukul 19:00 - 21:00 WIB ditutup digunakan gladi bersih. Dan hari ini jalan tersebut juga ditutup mulai pagi dari jam 06:00-selesai.

Saya masuk ke alun-alun sekitar pukul 06:30, banyak petugas polisi yang mengatur jalanan. Saya pikir aduh bisa nggak ya masuk ke sini, secara semua jalan dibelokkan bukan lewat depan aln-alun, alhamdulillah ada petugas dishub dan polisi menanyakan arah tujuan saya, saya pun dibukakan jalan. Alhamdulillah, suwun Pak dibukakan jalan walau bukan tamu undangan. :)

Tiba di sana, beberapa peserta pawai masih ada yang barusan datang dan berdandan. Bahkan saya lihat satu mobil belum selesai dihias.Setelah saya tanyakan ternyata acaranya dibuka pukul 9 pagi.Kalau ada keramaian di sekitar alun-alun seperti ini maka lahan parkiran akan penuh. Saya memilih parkir di Lapas saja. Mobil yang diparkir belum berisi peserta, mungkin mereka baru dandan. Mobil - mobil itu menarik pengunjug buat ajang berselfie ria. 


Kebanyakan kendaraan dihias dengan karet sendal atau triplek lalu dicat.Untuk menghias kendaraan tersebut dengan bentuk macam-macam itu ada yang mempersiapkannya hampi sebulan. Ketika beranjak pukul 7 para pesrta sudah selesai dandan dan siap meramaikan pawai baik jalan kaki maupun naik kendaraan tersebut Kendaraan yang digunakan ada yang memakai becak lalu dihias,bendi, mobil motor roda tiga.
Wah semakin berjubel saja penontonya ketika peserta dengan memakai kostum kerajaan Jenggolo mulai berdatangan, ada yang berdandan seperti prajurit, petani sayur dan buah, punokawan dan ada juga yang berpakaian bak raja dan ratu.



Aparat keamanan sudah siap siaga menjaga agar acara ini sukses, deretan motor ppolisi dan tank sudah diparkir di depan SD Pucang.

Dari tahun lalu, animo masyarakat untuk ikut dan menonton pawai budaya ini sangat bagus dan antusias. Walau menunggu dari pagi di sekitar alun-alun mereka tidak merasa  lelah.Ajang ini jua jadi buruan komnitas fotografer, bahkan ada yang datang dari Pasuruan.
Semoga  acara Sidoarjo Exotic Carnival ini mampu mejadi ajang tujuan wisatawan domestik atau asing setiap tahunnya.


Bila ingin melihat hasil jepretan kamera saya kemarin silakan klik FB Tatit Ujiani

1 comment:

  1. halo,yuk ikut ini Ada artis nya lho >> http://goo.gl/0UD2eG

    ReplyDelete