Cara Merawat Mesin Cuci Bukaan Depan


Mesin Cuci Bukaan Depan

Siapa yang nggak terbantu dengan adanya mesin cuci? Pasti hampir jawabannya adalah semua terbantu adanya mesin cuci. Kalau mesin cuci ngadat, serasa mati gaya.
Padahal dulunya saya juga terbiasa mencuci pakai tangan hingga kapalan. tapi dengan adanya mesin cuci serasa saya dimanjakan. Sebab begitu pakaian masuk, tinggal tekan tombol dan saya bisa nyambi pekerjaan lainnya seperti menyapu, masak hingga si mesin cuci bunyi tiit..tiit... tanda cucian sudah siap dijemur.

Kalau punya mesin cuci kita tak rajin merawatnya, maka si mesin cuci akan ngambek dan mudah rusak. Seperti baru saja kejadian denganku, mesinku barusan rusak kena laker dan asnya dan saya hanya bisa duduk 1,5 jam mencuci dengan tangan. :) (ini hanya sehari saja berlangsung yang 2 hari langsung masuk laundry. :))  Alhamdulilllah setelah 3 hari mesin cuci sudah normal kembali setelah menelpon tukang service untuk memperbaiki.

Sebelum pergi tukang service memberiku tips merawat mesin cuci :
1. Bersihkan karet
Sebelum membersihkan cabut dulu stop kontaknya.Ambil air hangat dan kain. lalu lap karet perlahan. Terkadang ada kotoran atau sejenis lumut yang tertinggal karena lembab.Untuk menghindari lemba, sebaikya setelah mencuci buka pintu agar ada sirkuasi udara. Dan agar bagian dalam tetap kering.


2. Berilah pemutih
Untuk mencegah jamur. sebaiknya mesin cuci dibersihkan menggunakan pemutih sebulan sekali.Tuangkan kira - kira 10 ml pemutih, lalu hidupkan mesin tanpa diisi baju.Lakukan hingga satu kali pencucian selesai.

3. Buka tempat sabun dan pelembut
Ambil tempat sabun dan pelembut, rendam dengan air hangat. Lalu disikat menggunakan sabun dan air sampai bersih.Bilas sampai bersih. Setelah itu lap sampai kering . Bagian bawah kotak sabun juga disikat dengan sikat gigi hingga hilang kotoran yang menempel.

Periksa bagian selang bagian mengeluarkan air, jangan sampai terlipat. Agar mesin cuci tetep awet, perhatikan jumlah pakaian yang akan dicuci harus sesuai dengan kapasitas mesinnya Misalnya kapasitas 6,5 kg kurang lebih untuk 10 baju, karena masih ditambah degan air.  Sebelum mencuci periksa kantong baju atau celana jangan sampai ada uang koin yang ikut tercuci sebab akan menyebakan goresan di kaca dan bunyinya jadi tak enak didengar.
Sharing cara merawat mesin cuci bukaan depan ini hanyalah berdasarkan pengalaman dari saya saja. Mungkin pembaca ada yang  mau menambahkan silakan tuliskan di komentar. :)


Previous
Next Post »

7 comments

Click here for comments
5 March 2016 at 14:51 ×

Dengan adanya mesin cuci tentu sangatlah membantu meringankan pekerjaan rumah yah mbak tapi kalo tanpa adanya perawatan sudah barang pasti mesin cuci juga bisa cepat rusak

Reply
avatar
5 March 2016 at 14:52 ×

kalo saya mah nyucinya masih manual mbak direndam, dikucek terus dibilas deh hehehee...

Reply
avatar
TK BIM
admin
5 March 2016 at 14:57 ×

wah tipsnya boleh juga dicoba nie mbak, jadi sebelum pergi ke tukang servis mesin cuci alangkah baiknya mencoba cara di atas, makasih mbak atas sharing tipsnya, salam kenal dan ijin follow blognya yah :)

Reply
avatar
Tatit
admin
6 March 2016 at 02:44 ×

Silakan dicoba tipsnya.

Reply
avatar
Tatit
admin
6 March 2016 at 02:45 ×

aku juga kadang baju putih masih kukucek om.lebih puas bersihnya

Reply
avatar
Tatit
admin
6 March 2016 at 02:45 ×

aku juga kadang baju putih masih kukucek om.lebih puas bersihnya

Reply
avatar
Tatit
admin
6 March 2016 at 02:45 ×

Silakan dicoba tipsnya.

Reply
avatar