Dunia Maya Menyambung Silahturahmiku

Kumpul Keluarga Suami Saat Lebaran

Barang siapa ingin dilapangkan rejekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia bersilahturahmi (HR.Bukhari dan Muslim ).

Hadist tersebut selalu terngiang di telinga, dan aku selalu merasa bersalah bila ketemu keluarga jauh tapi tak kenal wajahnya.:(
 Iya saya akui, saya hanya bisa berkumpul dengan keluarga besar dari Simbah atau kakek buyut setahun sekali di saat lebaran. Tapi terkadang setahun sekali itu pun tak bisa saya lakukan karena gantian berkumpul dengan keluarga besar suami.


Ada rasa tak nyaman juga bila bertemu sesepuh ketika ada acara kawinan saudara, lama nggak nongol di kumpulan keluarga. Jawabanku selalu terkesan klise gantian Eyang, smoga tahun depan bisa kumpul.Namun begitulah kenyataannya.Walau jarang jumpa darat alias sowan, tapi adanya WA , BB dan FB membuat silahturahmi terjali kembali. Sekedar say hallo atau memberi kabar suka cita maupun duka.

Alhamdulillah akhirnya ada grup di FB yang mempetemukan kami semua, jadi dapa bertukar kabar dan saling bercanda.Dunia maya kali ini membawa manfaat bagiku membuat yang jauh jadi dekat.arena silahturahmi lewat dunia maya jugalah akhirnya keluarga yang jauh dari cucu, cicit,mbah Lik, Budhe, Pakdhe, Buyut bisa terkumpul. 

Beberapa waktu yang lalu berkat FB juga saya menjalin silahturahmi lagi dengan Pakdhe dari pihak Ibu . Sebenarnya saya mmenyebutnya Pakdhe karena masih sepupu Ibu. Atau saudara misan dengan Ibu. Sempat nostalgia lwat inbox dan bercerita kebiasaan almarhum Bapak. Seneng rasanya saudara jauh jadi dekat walau hanya lewat chatting di dunia maya. :)

berkat FB atau WA pula biasanya saya akan janjian denan saudara yang rumahnya berdekatan dengan Ibu untuk kumpul bareng di rumah IBu dan saing ngeteh atau sekdar makan hasil dari kebun Ibu, Seperti pisang goreng atau hanya buah mangga.Tuh kan berarti dunia maya ada manfaatnya bagiku. 

Sebenarnya saya juga senang berkunjung dan berkumpul dengan saudara saat masih di Solo dulu. Karena dengan sering bertemu kami merasa jadi dekat, saling berbagi cerita dan guyon serta diselingi makan bersama tentunya. Acara kumpul keluarga ini, biasanya diadakan Ibu saat ada moment tertentu. Misalnya ada yang ulang tahun, sunat atau sekedar karena saudara yang jauh datang.
Cucu Ibu saat Lantip sunat dan ada yg ulang tahun

Asyiknya saat berkumpul begini pasti makanan dan oleh-oleh berlimpah. Hampir setiap saudara yang datang membawa makanan khas daerahnya masing-masing. Biasanya saat pamitan diakhiri dengan saling tukar makanan hahahaha...bungkus...bungkus, mempererat jalinan kami.

Dunia maya menyambung silahturahmiku dengan saudara maupun teman.Dunia maya juga menambah jalinan pertemanan dan menambah saudara. Dari teman dunia maya menjadi seperti saudara. Semua itu kalau kita mau toleransi, saling menghargai dan saling mengingatkan bukan saling menghujat. Semoga dengan jalinan silahturahmi lewat dunia maya membuka rejeki dan memanjangkan umurku.



 
Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
sasha
admin
30 March 2016 at 13:23 ×

yah, ini adalah salah satu dari dampak positif dari adanya internet

Reply
avatar
Jarwadi
admin
31 March 2016 at 08:39 ×

dunia maya tidak bisa menggantikan dunia nyata dalam urusan silaturahim dengan keluarga besar. tapi bagi kami dunia maya sangat membantu mengorganisasikan ketemuan dengan keluarga besar :)

Reply
avatar
31 March 2016 at 20:02 ×

kenal bu tatit juga dari dunia maya ya, akhirnya bisa menyambung silaturahmi di kopdar :D

Reply
avatar