3 Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid

Wanita pasti sebulan sekali mengalami haid. Terkadang di awal haid, perut rasanya melilit dan nyeri. Walau rasa nyeri itu wajar tapi akan mengganggu aktvitas sehari-hari. Saya kalau sudah nyeri rasanya hanya ingin tiduran dan males melakukan aktivitas apa pun. Tapi pekerjaan rumah kudu tetep jalan kan? Nggak tega rasanya  rumah dibiarkan terbengkelai.
Kalau sudah gini, anak-anak yang bergerak, walau hanya menyapu dan mengepel. Masalah masakan masih banyak warung banyak yang buka. :) Cuci mencuci tinggal masukkan mesin, tinggal tiduran lagi.Alhamdulillah anak-anak mau membantu.

Untuk mengatasi rasa nyeri ini, ada 3 cara yang saya lakukan. 

1. Minum campuran air dan asam jawa
Saat itu tetangga datang ke rumah, dan melihat saya menahan sakit di perut. Saya ungkapkan penyeabbya, lalu dia membuatku ramuan air asam jawa. walau rasanya asem tetep aku mium saja. Setelah minum air ii perutku berkurang rasa nyerinya.

2. Minum Kunyit
Ambil 2 rimpang kunyit lalu diparut. Diperas dengan air matang hangat,  tambahkan madu diminum pagi hari. Kalau minum kunyit ini langsug berkurang karena kotoran bisa keluar brul...brul..lancar gitu, Entah ini hanya sugesti . Kenyataannya mak plong. :)

3.Menyeka perut dengan botol berisi air hangat
Entah sugesti atau nggak, ketika rasa nyeri di perut tak juga hilang saya menyeka perut dengan botol berisi air hangat. Saya seka bagian yang terasa sakit.Alhamdulillah rasa nyeri akan berkurang.

Ketiga hal tersebut yang sering saya lakukan untuk mengatasi nyeri saat haid. Jika nyeri masih terasa dan berlangsung lama, lebih baik konsultasikan pada dokter ahlinya.
Alhamdulillah rasa nyeri haid yang saya alami haya saat hari pertama dan kedua saja.Jadi hanya dengan ketiga hal diatas yang saya lakukan.

1 comment:

  1. aku dulu langganan salit peut kl haid,sejak sering sarapan buah alhamdulillah pelan2 hilang

    ReplyDelete