Menikmati Coto Makassar Di Sidoarjo

Coto Makasar
Kangen banget akan coto makasar. Saya mengenal coto makasar saat tinggal di Ambon. Ketika diajak makan coto Makasar, dalam benakku. Makanan coto pasti tak jauh beda dengan soto daging Betawi. Ternyata dugaan saya salah.Rasanya gurih karena kemiri tapi bukan santan.


Coto Makasar merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang berasal dari Makasar.Coto makasar terbuat dari jerohan sapi dan daging sapi yang direbus hingga empuk dan diberi bumbu lengkap.Rasanya gurih, bila makan coto makasar biasanya ditemani ketupat santan atau burasa.
Buras

Burasa atau buras, terbuat dari beras yang dibungkus daun lalu memasaknya menggunakan santan. Rasanya guriiiiiih. Saya doyan banget.

Gara-gara kangen coto Makasar, saya pengin andok alias makan di warung coto makasar yang ada di Sidoarjo. Nemu hanya di daerah Gedangan dan di depan SMP Negeri 1 Sidoarjo. Dulu sih punya langganan di daerah KH. Mukmin dan sudah cocok di lidah, nama pemiliknya Cik Vero. Tapi entah kenapa sekarang sudah tutup.

Ya sudah ngobati rasa kangen meluncur ke GOR, depan SMPN 1. Warung Coto Makasar Anging Mamiri.Warungnya bersebelahan dengan Ceker lapindo. Di warung Anging Mammiri ini juga ada es pisang hijau, es palu butung. Sayang saat itu saya tak mencobanya.

Semangkok coto makasar di sini Rp 18.000,00. Buras @2000,00.
Rasa coto makasarnya ternyata  agak beda yang aku rasakan di Ambon. Daging jeroannya hanya sedikit, malah lebih banyak daging sandung lamurnya. Rasanya kurang gurih. Tapi so far sebagai tombo kangen saja sih lumayanlah.Daripada saya naik motor jauh ke Surabaya atau ke Gedangan.:)

Psstt..kangen coto makasar ini gara-gara kangen masa diapeli Pak Bojo dulu saat masih gadis. Hihihhii...berhubung dulu di Ambon belum ada bioskop ya sudah, jadi jalannya paling makan nasi kuning, coto makasar atau makanan Jawa Timuran.Makanan ternyata membawaku pada satu kenangan, begitu pula dengan lagu kan. Selalu ada lagu kenangan dalam kisah cinta. Nah kalau yang ini selalu ada kenangan di setiap makanan. halah ngomong opo tho aku ikiii. :P

Berhubung rasa coto makasarnya kurang sesuai ekspktasi, besok-besok mau cobain es pisang ijonya aah.

11 comments:

  1. Di Balikpapan banyak mbak yang jualan coto Makasar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak nggak mbak?
      Cita-citaku pengin ke Balikpapan belum kesampaian

      Delete
  2. Es pisang ijonya aku udah maem...uwenakkk...brrr...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya aku coba es pisang ijonya aja ya. Ini kurang nggigi :(

      Delete
  3. Dari fotonya kayaknya uenakkk tapi ternyata kurang gurih ya, Mbak?

    ReplyDelete
  4. coto makassar yg maknyus ada di d'kampoeng sutos mba.. mantap rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip bisa dijadikan referensi Lain waktu pengin nyobain di Sutos

      Delete
  5. Kalau coto Makasar yang aseli sih belum sempat coba ya. Padahal kuliner penjual coto makasar juga banyak dijumpai di kota Pontianak. Setelah membaca artikel ini, Insya Allah saya akan icip icip coto Makasar di Pontianak

    ReplyDelete
  6. Saya kenal coto Makassar waktu tugas di Balikpapan.
    Dulu di Marina Surabaya ada coto Makassar juga nggak tahu sekarang.
    Saya suka, demikian pula isteri saya.
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  7. Coto Makassar rasanya enak banget, sekali makan di Surabaya hehehe

    ReplyDelete