5 Hal Yang Bisa Dilakukan Dengan Nasi Sisa

Nasi di dalam magic com selalu ada sisa, terkadang semangkok. Kadang-kadang hanya sisa sedikit, selepek saja. La kalau mau dibuang kok ya mubadzir, kalau dibiarkan biasanya warnanya kuning dan anak-anakku tak mau memakannya.

 Bukannya pelit atau apa, karena diajarkan untuk gemi terhadap barang. Gemi maksudnya kudu hemat, nasi sedikit pun ya masih digunakan. Hehehehe...

Anak-anak sampai hapal dengan kelakuan Simboknya ini, menyikapi sisa nasi. Bukan hanya nasi, la wong sisa tahu goreng, tempe goreng yang masih layak dimakan pun akan saya olah kembali.

Semua itu berdasarkan ajaran Simbah dan Ibu saya. Katanya, " Ojo buang barang sisa. Dadi wong wedhok kudu gemi."
Mungkin bagi orang kaya, dengan pendapatan 100 juta per bulan, melihat nasi sisa sedikit langsung buang.Atau kalau negatif thinking seolah-olah miskin banget. :)

 La kalau  yang ada di pikiranku kok ya, ini barang belinya pakai duit, bukan daun. Duit didapat dari kerja keras. Dan keadaan seseorang itu bukannya di atas terus, kadang di bawah. Namanya roda kan berputar. Jadi saya  harus memberi pengertian pada anak-anak, ojo dumeh (Jangan mentang-mentang). Caranya ya dengan mengolah sisa makanan terutama nasi . Saya beri pengertian, alhamdulillah kita masih bisa makan.  Siapa tahu di belahan bumi lain ada orang yang sedang menahan lapar berhari-hari.

La ngomong apa saya tho saya ini kok mbuletisasi gini, niat hati hanya mau cerita 5 hal yang bisa dilakukan dengan nasi sisa. hehehehe.Nah di bawah ini yang biasa saya lakukan:

1.Dibuat Nasi Goreng
Nasi goreng katsu (kalau yg ini beli )
 Hampir semua Ibu rumah tangga pasti pernah melakukan hal ini. Sisa nasi yang kemarin masih ada di magic com, biasanya saya buat nasi goreng untuk sarapan. Kadang divariasi aja, bikin nasi goreng sosis, bakso, atau nasi goreng keju. Nah menu  paling baru dari saya nasi goreng krismon . Hehehehe..Lantip,bungsuku menyebutnya gitu.

Yang dimaksud nasi goreng krismon itu, nasi goreng tanpa tambahan apa pun. Kalau punya telur satu ya diorak-arik, dicampurkan di nasi goreng sewajan gedhe. :)
Kalau pas pengin pedes ya dicampur cabai rawit diulek dan diiris. Namanya nasi goreng ranjau. Kan irisan cabai rawitnya nggak kelihatan jadi begitu dapat cabainya woooaaah kepedesen seperti kena ranjau kata Afif, sulungku. Paling asyik makan nasi goreng ditemani krupuk. Entah kerupuk kanji maupun kerupuk udang.

2. Didaur ulang jadi Bola Nasi Isi Keju
Bola nasi isi keju ini, sebenarnya hampir sama dengan kroket nasi. Selain cocokbuat sarapan, juga cocok buat bekal sekolah.Resepnya hampir sama dengan nasi goreng yang membedakan hanya dikepeli atau dibuat bulat lalu digulingkan di tepung panir.

3. Dibikin Stik Nasi
Nah saya pernah membaca di grup masakan kalau nasi bisa dibuat stik nasi. ketika membaca judulnya yang terlintas, stik itu pasti rasanya renyah. Eh setelah membaca bahan dan cara pembuatannya kok seperti cireng versi lonjong. :)
Ini resep dan cara pembuatannya Stik Nasi

4. Dibikin empek-empek nasi
Cara membuat empek-empek nasi saya dapatkan dari blog walking di blognya mbak Juliana Dewi. Wis pokoknya niru plek ketiplek step by stepnya. Dan enyaaak. Makasih ya mbak sharing resepnya.

5.Dijemur dijadikan nasi aking.
Kalau pas musim kemarau begini, terkadang sisa nasi saya jemur di tampah. Kalau sudah kering saya kumpulkan dan berikan pada peminta2 yang langganan ke rumah. Sebab mereka sering pesan, kalau punya nasi aking diberikan padanya.  Nasi aking itu bila sudah terkumpul sekarung beras akan dijual buat campuran pakan ternak katanya. Lumayan buat nambah uang.

Nah selain 5 hal di atas, sisa nasi biasanya saya berikan pada kucing liar yang datang ke rumah dengan tambahan lauk ikan asin, kadang dibikin kerupuk puli kalau pas malasku nggak kumat. Kadang juga saya kasihkan ke lele tetangga. Berhubung tetanggaku ada yang memelihara lele di got, dan katanya nasi diberikan ke lelenya saja buat pakan di saat pagi hari.

Bagian yang memberi pakan lele, si Lantip. Dia paling senang bila lihat lele saling berebut nasinya. Suara kecipak air sampai terdengar hingga ruang depan rumahku.

Nah kalau kalian sisa nasi biasanya dibuat apa?

 
Previous
Next Post »

20 comments

Click here for comments
Agung Han
admin
3 May 2016 at 05:24 ×

selama ini dirumah sering dipakai nasi goreng
artikel ini bisa menjadi referensi
salam sehat dan semangat

Reply
avatar
Pakde Cholik
admin
3 May 2016 at 05:46 ×

Di keluarga saya hanya dua macam penggunaan nasi lebih yaitu digoreng atau dijemur untuk jadi karak. Yang belakang ini juga sudah mulai jarang dilakukan.
Terima kasih tipnya
Salam hangat dari Surabaya

Reply
avatar
HM Zwan
admin
3 May 2016 at 07:12 ×

aku seringnya buat nasgor,pernah beberpa kali dibuat pempek..enak lo,lembut jadinya^^

Reply
avatar
Kanianingsih
admin
3 May 2016 at 10:37 ×

seringnya dibikin nasgor :)

Reply
avatar
3 May 2016 at 10:54 ×

Kalo aku biasanya cuma dibikin nasi goreng aja, aku nggak kreatif sih jadi nggak kepikiran buat macem2 kayak gini hehehe :D

Reply
avatar
zataligouw
admin
3 May 2016 at 13:19 ×

kereeen idenya! cucok banget buat saya yang lagi pengen jadi #mamahemat ;p

makasih ya mbaaa..

Reply
avatar
3 May 2016 at 16:15 ×

Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami sboplaza.com ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

Reply
avatar
Dwi Puspita
admin
3 May 2016 at 16:31 ×

Bola nasi isi keju boleh juga...

Reply
avatar
Ety Abdoel
admin
4 May 2016 at 16:59 ×

Aku mung iso sego goreng Mba.

Reply
avatar
Dani
admin
4 May 2016 at 18:25 ×

Ide nasi dijadikan bola isi keju keren Mbak Tatit. Makasih banyak ide-idenya. Hehehe.

Reply
avatar
Tatit
admin
5 May 2016 at 18:52 ×

Iya memang kebanyakan dibikin nasi goreng.
Makasih mas Agung kunjungannya :)

Reply
avatar
Tatit
admin
5 May 2016 at 18:53 ×

Halo Pakdhe, sekali-kali dicoba bikin bola-bola nasi. Nyuus .

Reply
avatar
Tatit
admin
5 May 2016 at 18:54 ×

Iya mbak enak diikin empek-empek ya.

Reply
avatar
Tatit
admin
5 May 2016 at 18:56 ×

Tooos mbak. Seringnya buat sarapan. :)

Reply
avatar
Tatit
admin
5 May 2016 at 19:01 ×

Ayo mbak sekali-kali dicoba resepnya, buat variasi menu

Reply
avatar
Tatit
admin
5 May 2016 at 19:02 ×

Makasih mbak, mari berhemat. :)

Reply
avatar
Tatit
admin
5 May 2016 at 19:03 ×

YUp, mari dicoba resepnya

Reply
avatar
Tatit
admin
5 May 2016 at 19:04 ×

Hehehehe...sing penting nggak mubadzir :)

Reply
avatar
Tatit
admin
5 May 2016 at 19:05 ×

Makasih kunjungannya mas Dani.
Yuuuk bikin nasi bola keju.

Reply
avatar
Yuni Astutik
admin
27 July 2016 at 09:10 ×

Paling banter kali di rumah dibikin nasi goreng haha.. kalau enggak dikasih makan ayam .. ternyata bisa diolah banyak cara ya baru tahu, ilmu baru

Reply
avatar