Ngopi Bareng Tiket:

Hari Jumat kemarin saya hadir di acara Ngopi bareng tiket yang diadakan oleh Tiket.com. Di antara undangan ada yang sudah kenal, dan ada beberapa yang baru saja kopdar. Termasuk nara sumber yang cantik Mbak Manohara dan Mbak Nunik Tirta. Saya datang pertama kali, dan belum ada petugas registrasi. La iyalah jam 5 Sore tet saya sudah sampai hotel Ibis style. Sengaja berangkat agak awal karena menghindari macet dan saya belum begitu hapal dengan jalan Surabaya. :)




Untuk mengisi waktu sambil menunggu peserta lainnya foto-foto di booth dan sholat Maghrib. Menjelang Maghrib peserta mulai berdatangan. Asyik akhirnya ketemu teman-teman. Acara dimulai kurang lebih pukul 18:30 WIB.Pak Gaery Undarsa, sebagai Co founder dan Chief Communication officer tiket.com, bertanya pada peserta, apa yang terlintas di benak bila dengar tiket .com? Hampir semua menjawab, untuk pemesanan tiket kereta api. Beliau menjelaskan tiket.com sudah melakukan kurang lebih 3.5 million ticket booking di tahun 2015.Penggunanya sudah 3 jutaan dan memiliki pekerja 230 orang, dalam 4,45 tahun.
Pak Gaery Undarsa

Selain booking tiket kereta api, ternyata juga bisa melakukan booking tiket pesawat, tiket konser dan booking hotel , bahkan sewa mobil. Kelebihan bertransaksi di sini, kita bisa melakukan booking last minute flight. Kurang dari 1,5 jam penerbangan. Dan sekarang sudah ada last minute hotel deal juga. Program ini biasanya digunakan bagi yang suka travelling.Tapi ada syarat dan ketentuan yang berlaku ya.
Seperti type kamar tergantung dari ketersediaan kamar saat memesan dan ditentukan sepenuhnya oleh pihak hotel.Untuk biaya penambahn bed atau sarapan harus dibayarkan secara langsung pada pihak hotel.Pemesanan tidak dapat dibatalkan atau diubah sebab uang yang dibayarkan tak dapat diuangkan kembali.

Ada sedikit tips nih dari Pak Gaery, agar mendapatkan tiket dengan harga murah, beli saja secara online saat jam 2-3 pagi. Sebab terkadang ada yang membatalkan tiket dalam last minute.Nah kan, gimana masih ragu mau download aplikasinya? Yuk jangan bimbang dan ragu, karena sudah ada penjelasan tentang kemudahan yang disediakan oleh Tiket.com, silakan "download aplikasi Tiket.com di *200*266#"



Pemateri kedua dari Mbak Swastika Manohara, beliau membagikan pengalamannya dalam ngeblog.Dulunya beliau ngeblog hanya berisi curhatan saja,tanpa mengindahkan kaidah EYD atau pun editing. Namun lama-lama beliau melakukan self editing dan memperhatikan EYD. Di dunia blogging Mbak Tika baru dapat pekerjaan setelah 3 tahun lamanya ngeblog. Pesannya if konten is the king then packaging is palace.Bikinlah blog yang mobile friendly. Karena sekarag semua sudah membaca lewat gadget.

Blog itu mempunyai berkomunikasi 2 arah, antara penulis dan pembaca. Maka jalinlah hubungan dengan pembaca misalnya dengan saling blog walking. Dengan blog walking kita bisa menambah networking.Jangan lupa saat menulis konten di blog juga diselipkan gambar. Gambar harus sesuai dengan konten. Dan caption dari gambar kalau bisa sesuai dengan judul. Jangan lupa saat mencantumkan gambar kita ubah dulu dari Jpg.XXX...dengan caption yang sesuai. Agar lebih cepat terdeteksi di mesin google.

Ketika menuliskan tentang perjalanan selipkan tips, transportasi, restaurant atau hotel yang rekomended  sesuai dengan budgetmu. Cantumkan juga foto yang unik. Sebab memori needs image.Google analytik dan rate card itu penting. Untuk menentukan rate card berdasarkan dari agensi.Dan lakukan ngeblog itu secara konsisten, paling tidak update seminggu sekali .Kita juga sebaiknya mengetahui, pengunjung blog kita kebanyakan didominasi cowok atau cewek.Karena pengunjung bisa darimana saja.nah agar melati pede saat selfie, selalu bergurulah dengan anak SMA . Dari mereka kita tahu gaya-gaya tapi jangan yang terlalu alay ya. :)

Mbak Nunik sharing gimana posisi foto agar tak kelihatan gemuk, yaitu dengan cara kaki dimiringkan sedikit agak menyilang gitu, posisi tubuh dan wajah juga agak miring kira-kira 30 derajat. lalu cheers, berikan senyuman .


Sesi 3 diisi oleh mas Richo dari Plaza Camera. Mas richo menjabarkan tips memakai tongsis. Ternyata tongsis yang murah dan mahal itu beda lho. Yang seharga 20-30 ribu itu biasanya kalau diakai baru sehari aja sudah rusak. Untuk mendapatkan foto agar tak goyang, saat menggunakan tongsis, posisikan tongsis di atas paha atau dikempit di antara 2 lngan. wuiiih di sini ma s Rich sedikit promo tongsis yang panjangnya 3 meter lho. Fungsinya sih katanya hampir sam dengan drone. Untuk pengambilan gambar yang membutuhkan dengan ketinggian. walah saya pikir buat ngambil mangga tetangga. :P
Posisi tangan memegang tongsis.


Setelah Mas Richo memberikan beberapa tips, akhirnya tibalah saatnya undian diumumkan, nah ini yang kutunggu. Ternyata doorprize jatuh pada Mbak Ceria Wisga.Dan pemenang live tweet jatuh pada upiet.
Nah sebelum pulang ketemu dengan food blogger ngehits di Surabaya. Mas Inijie.Foto dulu dong cekrik.

Acara kurang lengkap bila tak ada sesi berfoto bersama, setelah usai acara.

2 comments:

  1. laah ini tips paling asik adalah bgmn agar terlihat langsing saat di foto cekrik hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu lagi perut dikempiskan dan ditutup dgn tas :)

      Delete