10 Menu Sayuran Dan Lauk Praktis Buat Buka Puasa

Puasa baru memasuki hari ke - 11, saya sudah mulai mentog menu aja. Padahal sebelumnya sudah saya bikin daftar list 10 menu sayuran praktis buat buka puasa dan ditempelkan di kulkas, ternyata menu di list tak tersentuh. Hanya beberapa yang aku masak, sebab kalau puasa begini daftar sayur maupun buka puasa yang tentukan anak-anak.Seperti kemarin, saya masak pecel dan tahu krispi serta dadar jagung, ternyata mereka hanya nyemil dadar jagung dan tahu krispi serta minum es blewah atau garbis sudah kenyang Alhasil pecel hanya saya yang makan.Gimana nggak ginuk-giuk coba kalau punya penyakit eman gini, alias sayang bila dibuang. :)


10 menu sayuran praktis buat buka puasa:
1. Sayur bening bayam
Sayur bening bayam
Sayur bening, merupakan salah satu menu sayuran yang memasaknya paling mudah, praktis dan cepat. Walau tak bsa tahan lama, hanya satu kali santap saja.Bmbunya juga minimalis hanya bawang merah, kunci, gula, garam. Bawang merah diiris tipis dan temu kunci digeprek dimasukkan ke dalam air tunggu sampai mendidih, masukkan bayam. Kalau ada jagung manis ya tinggal ditambahkan saja, jagung manis dipotong menjadi 4-5 bagian.Masukkan sebelum bayam, tunggu jagung matang baru masukkan bayam. Kalau pas bikin sayur bening bayam, lauknya cukup tempe garit alias tempe goreng dibumbui bawan putih dan garam. Serta tambahin sambel terasi. Nyuuuus.

2. Sayur Asem
Ini juga salah satu favorit keluargaku, seger manis asem, seger banget buat buka puasa.Saya terkadang bikin sayur asem Jawa Timur, sayur asem Jakarta.Kalau pas males nguleg paling saya hanya bumbui minimalis, bawang putih, bawang merah diiris ditambahin asem muda direbus ambil airnya dan garam dan gula.

3. CapJay Kuah
Capjay alaku sih nggak genap sampai sembilan sayuran, apa yang ada di kulkas aja. Wortel, sawiputih, sawi hijau, bunga kol, tambahin bakso dan dibumbui awang mbay, bawang putih, merica bubuk, garam dan gula serta tamahkan saus tomat dan saus tiram, Tambahin kuah . Nambahin kuahnya setelah bumbu ditmis sampai harum. Capjay ini cocok buat sahur maupun buka puasa. Anak-anak pasti nambah nasi setelah pulang dari taraweh.

4. Sop Ndeso
Saya sih menyebutnya gitu sesuai Ibuku menamainya. Kenapa saya sebut sop ndeso? Dulu untuk menghemat dan biar isinya terlihat banyak. Ibu saya masak sop dibanyakin kobis atau kolnya tanpa bakso atau sosis.Tapi diberi ceker atau tulang ayam. Katanya sih sing penting mambu amis. Ibu tiap hari dulu selalu menyediakan menu makanansekitar 10 orang pegawai bapak, dan ketika masak tak akan dibedakan, menunya sama.Walau bukan Ibu yang masak, tapi yang siapkan belanjaan ibu, mbak asisten tinggal masak aja. :)

Nah biar irit seminggu sekali ada menu ayam cuma daging ayamnya dibuat bakwan gitu. Daging ayam dipotong atau disuwir kecil-kecil tambahin terigu dan dibumbu garam,lada, bawang putih Nah tulang ayamnya biasanya dibuat kaldu untuk sop.Tapi ya gitu, hanya wortel, buncis dikit, kentang dan kolnya yang banyak.Kadang aku kangen masakan sopnya ibu atau capjay kuahnya.

5.Cah Sawi Daging Tahu
Bahannya cukup mudah, dan cepat masaknya. Maklum saja, saya nggak mau ribe yang sampai nguleg bumbu kalau malesnya kumat, so masakanku kebanyakan tumis dan tinggal sengsong aja. Terkadang malah hanya menyet tahu atau tempe. Cah sawi daging ini juga cuma saya bumbui minimalis: bawan putih dgeprek, ditumis ditambahkan merica bubuk, garam dan saus tiram . Tinggal masukkan tah yang sudah digoreng setengah mtang , masukkan air secukupnya. hmmm nikmat disantap selagi hangat.

6.Telur Ceplok Kuah Santan
Resepnya sudah pernah saya tulis  di sini
Masakan telur kuah santan ini sekaligus ya kuah ya lauk. Biasanya saya tinggal bikin lalapan timun atau rebus kangkng sama didampingi sambel bajak buat saya. Anak-anak telur ceplok kuah santan. Saya kalau nggak makan sayur rasanya ada yang kurang kecuali kepepet. hehehehe..

7. Asem-Asem Tahu Buncis
Asem-asem tahu dan buncis ini beda dengan syur asem ya. Masakanini juga katanya berasal dari Jawa Tengah.Rasanya manis seger dan asam dari belimbing wuluh. Bumunya bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, gla merah, garam dan belimbing wuluh. Semua bumbu hanya diiris tipis, ditumis lalu tambahkan tahu yan sudah digoreng setengah matang dan trakhir buncis. Tuggu air agak sat atau berkurang, matikan kompor an siap dihidangkan. Kalau punya daing tetelan bisa juga ditambahkan . Biar lebih sedep. Walau hanya 100 gram.

8. Soto Ayam
Nah ini juga cocok bukan hanya untuk buka puasa tapi juga buat sahur.Lauknya bisa perkedel atau tempe goreng. Bumbu soto bisa beli jadi atau bikin sendir. Kalau mau bikin sendiri ubunya : Bawang merah, bawang putih,ketumbar sedikit, merica,garam, kemiri, kunyit, lengkuas, daun slam, jahe dikeprek dan daun serai.Semua bumbu diue halus, lalu ditumis ingga harusm. Yam disuwir masukkan dan tambahkan air. Tiggal tambahkan pelengkap soun dan kentang goreng tau kol.

9. Fu yunghay sederhana dan pecel
Kalauini fuyunghay ala-ala ya sebenarnya tidak nuruti pakem kudu pakai kacan kapri hihihihi...yang penting enyak menurut anakku. Biasanya dengan bahan sederhana: 3 butir telur, ayam dicincang dan sayuran wortel diiris korek api, 2 sendok makan terigu, meica dan garam secukpnya. kocok sampai rata, lalu digoreng dengan minyak yang agak banyak. Sayurnya bisa pecel, bumbu pecel tinggal beli di warung aja. Semua sayuran tinggal direbus.

Untuk kuah asam manisnya: Bawang omay ditumis tambahkan saus tomat, gula dan garam secukupnya, air dan tepug maizena untuk mengentalkan.

10. Sop Jagung
Memang sop itu andalan dan buat pembangkit anak-anak buka puasa, makanya hampir semingu selalu ada menu sop. Kalau sop jagung inibahannyamenggunakan jagung manis, wortel, buncis, daun bawang, seledri tambahkan sosis atau bakso.
Bumbunya cukup bwang putih, merica bubuk, garam dan gula pasir sedikit, pala. Bawangnya ditumis hingga harum. Lalu tambahkan air, setelah mendidih semua sayuran yang sudah diiris dan bakso dimasukkan. Masukkan garam, merica bubuk, pala, tunggu sampai mendidih . Angkat dan tambahkan bawang merah goreng.

Nah itu tadi 10 menu sayuran dan lauk praktis buat uka puasa semoga bisa menambah daftar menu pembaca.

Previous
Next Post »

12 comments

Click here for comments
noni
admin
16 June 2016 at 14:58 ×

resep2nya bisa dipraktekan nih buat buka puasa :)

Thank you

Reply
avatar
Tatit
admin
17 June 2016 at 04:52 ×

Silakan dicoba,
Makasih sudah berkunjung

Reply
avatar
E. Novia
admin
17 June 2016 at 11:54 ×

resepnya ga ikutan ditulis, Mak?

TFS, Mak

Reply
avatar
Cholil Smart
admin
17 June 2016 at 19:41 ×

Kalau saya sendiri lebih suka Sayur Bayam mbak, selain mudah dalam memasaknya juga mantaap di Rasa hehehe

Reply
avatar
fika anaira
admin
17 June 2016 at 22:51 ×

Wah Mba Tatit pinter banget masak sih :D nggak kayak saya yang nggak bisa masak huahahaha...

Aku penasaran sama resep fuyunghai dan saos sambalnya, nanti kalo ketemu ajarin yah :D

Reply
avatar
Anisa Ae
admin
18 June 2016 at 06:50 ×

Boleh ditiru nih resepnya biar gak itu-itu aja

Reply
avatar
Tatit
admin
21 June 2016 at 19:29 ×

Resep keebanyakan sudah ada di label masakan mak. Silakan klik.

Reply
avatar
Tatit
admin
21 June 2016 at 19:30 ×

selera kita sama mas. Anakku juga sering mita sayur bayam.segeeer

Reply
avatar
Tatit
admin
21 June 2016 at 19:34 ×

Fuyung hay ndeso ala-ala mbak.
kemarin abis bikin lupa motret, wis bacut habis dititili anakku :D

Reply
avatar
Tatit
admin
21 June 2016 at 19:35 ×

Halo mbak anisa slamat mencoba ya.
Dan slama berbuka puasa.

Reply
avatar
Nining
admin
23 June 2016 at 14:21 ×

Mbaaa lengkap banget, meskipun nggak semua ada fotonya tapi sudah bisa kubayangkan masakan Mba Tatit ini uenak sorooo.
Oiya Mba, capjay itu emang seharusnya 9 bahan sayuran ya?

Reply
avatar
Tatit
admin
27 June 2016 at 19:27 ×

Capjay emag harusnya terdiri dari 9 macam mbak.
Foto-fotonya sudah ada di label masakan kok mbak. Iya ya harusnya dilengkapi foto biar jos. Suwun mbak masukannya

Reply
avatar